Home / Software / Inilah Cara Mudah Dan Cepat Membuka File ISO Tanpa Software (Image Files)

Inilah Cara Mudah Dan Cepat Membuka File ISO Tanpa Software (Image Files)

Cara Membuka File ISO Tanpa Software – Seringkali kita menemukan file yang berektensi ISO atau Image Files. Lalu kita bingung bagaimana cara membuka file ISO tersebut? Dan memang tanpa software untuk membuka file ISO, maka file tersebut tidak bisa dibuka dan dijalankan. Oleh karena itu pada kesempatan baik ini saya akan berbagi cara membuka file ISO yang dilakukan tanpa menggunakan software.

Baca Juga : Cara Membuka File Hanword HWP Di Microsoft Word

Lalu apa sih file ISO itu? File ISO (International Organization for Standardization) yang sering disebut juga Image Files adalah bentuk archive yang diperoleh dari optical disc yang sebelumnya dibuat dengan cara mengkonversi. Bahkan saat ini file ISO bukan hanya bentuk conversi dari optical disc saja, karena kita bisa membuat file ISO menggunakan software khusus seperti Ultra ISO, Magic ISO, dan masih banyak lagi.

Alasan file ISO disebut dengan Image Files adalah karena merupakan salah satu jenis Images Files. File ISO sangat mirip dengan bentuk file RAR dan file NRG yang didalamnya terdiri dari beberapa banyak file Komputer atau Laptop (archive files).

Awalnya file ISO ini dapat kita gunakan dengan cara melakukan burning file ISO kedalam kepingan CD atau DVD. Namun saat ini kita bisa membuka file ISO tanpa harus burning ke CD atau DVD. Kita perlu memuat (mount) file ISO menggunakan software seperti yang sudah saya jelaskan diatas.

Jika Anda masih bingung dengan file ekstensi ISO, Anda bisa lihat artikel saya sebelumnya tentang Cara Menggunakan DriverPack Solution 15.12.

Berikut Cara Membuka File ISO Tanpa Harus Menggunakan Software

Untuk mount (memuat) file yang berektensi ISO dan sekelasnya seperti NRG bisa saja kita melakukannya tanpa software. Dengan catatan sebelum dimulai cara ini komputer kita sudah terpasang aplikasi WinRAR. Karena secara default komputer OS Windows tidak terdapat fitur untuk membuka file ISO dan NRG.

Tanpa menggunakan trik inipun sebetulnya untuk membuka file ISO bisa kita langsung praktikkan menggunakan aplikasi WinRAR dengan cara mengekstraknya. Namun untuk file NRG atau Nero Image sudah saya coba ternyata tidak bisa langsung kita ekstrak tanpa melakukan trik yang akan saya bahas disini.

Untuk membuka file ISO dan file NRG tanpa software adalah kita harus merubah ekstensi file-file tersebut menjadi ekstensi RAR. Caranya adalah sebagai berikut :

Anda buka Windows Explorer, bisa melalui Computer atau dari Icon Folder yang berada di Taskbar Windows. Contoh disini saya menggunakan OS Windows 7. Kemudian Anda klik pilih Organize kemudian Folder and search options.

Inilah Cara Mudah Dan Cepat Membuka File ISO Tanpa Software (Image Files) 1

Disini Anda klik pilih tab View dan hilangkan centang (cheklist) pada Hide extensions for known file types. Artinya tugas kita sekarang adalah untuk menampilkan setiap ekstensi file yang tersimpan didalam komputer. Terakhir klik OK.

Inilah Cara Mudah Dan Cepat Membuka File ISO Tanpa Software (Image Files) 2

Silakan Anda buka file ISO atau file NRG yang akan Anda mount. Contoh disini saya mempunyai satu file ekstensi ISO Instant WordPress.

Rubah (rename) ekstensi yang sebelumnya .iso menjadi .rar. Misal file tersebut sebelumnya adalah Instant WordPress.iso menjadi Instant WordPress.rar. Kemudian Anda tekan Enter pada keyboard dan jika tampil peringatan klik Yes/OK. Hasilnya file tersebut akan berubah menjadi ekstensi RAR / Archive.

Inilah Cara Mudah Dan Cepat Membuka File ISO Tanpa Software (Image Files) 3

Jika file yang sebelumnya ekstensi ISO atau NRG sudah berubah menjadi file RAR, maka sekarang Anda tinggal melakukan ekstrak file menggunakan aplikasi WinRAR. Caranya Anda klik kanan pada file yang akan diekstrak kemudian klik pilih Ekstrak berkas…

Inilah Cara Mudah Dan Cepat Membuka File ISO Tanpa Software (Image Files) 4

Tunggu beberapa saat sampai proses ekstrak selesai. Sekarang file ISO atau file NRG tersebut sudah berupa folder dan Anda tinggal menggunakannya. Bagaimana mudah bukan?

Ok mungkin hanya itu saja artikel Cara Membuka File ISO Tanpa Software ini dan semoga tulisan ini ada manfaatnya.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

5 comments

  1. terima kasih infonya mas. kalau saya menggunakan file iso untuk maen game di android, tapi filenya sangat besar

  2. Galihsujarwanto

    Wow…!!! Mantab Gan infonya,Ane kira Bisanya di Burn/dibakar di Kaset :D hampir ane beli banyak kaset buat windows xp/7/8/10 32/64bit

  3. keren triknyaa kak :D
    langsung aq praktekin nih :) tp emangnya gag akan mempengaruhi isi file iso nya apa ea klo pke cara sprti ituu??

  4. Mantap , makasih bang , mau saya coba triknya buat instal , microsoft word dan kawan kawannya hee :v

  5. Min.. Kalo Versi Windows Yang Lain Bisa Gak Min? Saya pake Windows 7 Professional? Dan Windows saya Baru Diinstal Ulang Kemarin? Apakah Bisa Diinstal di Windows 7 Saya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *