Home / Teknologi / Cara Mudah Menghilangkan Mengatasi Check Disk Pada Saat Startup Windows

Cara Mudah Menghilangkan Mengatasi Check Disk Pada Saat Startup Windows

Cara Mengatasi Check Disk Startup Windows – Apakah komputer atau laptop Anda saat ini sedang mengalami kasus check disk ketika komputer atau laptop dinyalakan (Startup)? Sebetulnya kasus ini bukan hal yang baru karena sejak pertama kali operasi sistem Windows diciptakanpun masalah munculnya peringatan check disk pada saat startup memang sudah ada. Jadi baik operasi Windows 2000, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, dan Windows 10 pasti akan mengalami kasus check disk pada saat Windows startup. Sebetulnya apa sih penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Baik disini saya akan bahas sampai tuntas permasalahan selalu muncul check disk ketika komputer atau laptop pertama kali dinyalakan.

Baca Juga : Cara Mengecek & Memperbaiki Keadaan Hardisk Dengan Tool Bawaan Windows

Untuk menghilangkan check disk pada saat startup Windows sangat mudah sekali. Dan memang langkah paling simplenya adalah dengan melakukan format hardisk maka masalah ini akan hilang. Namun menurut saya itu bukan langkah yang paling efektif. Karena tentunya dengan format hardisk resikonya adalah kita akan kehilangan data. Walaupun kita awalnya sebelum format melakukan backup data dulu, namun Anda sendiri bisa membayangkan bagaimana kalau data-data tersebut sangat banyak. Tentunya dengan langkah ini akan menghabiskan banyak waktu.

Jika Anda masih bingung bagaimana kasus check disk Windows itu karena Anda belum pernah mengalaminya, silakan Anda lihat penampakkannyaseperti pada gambar di bawah ini :

Cara Mengatasi Check Disk Startup Windows (1)

Contoh gambar diatas saya ambil ketika komputer operasi sistem Windows XP mengalami check disk pada saat startup. Umumnya setiap versi operasi sistem Windows akan menampilkan peringatan seperti gambar diatas ketika check disk.

Kasus check disk seperti gambar diatas jika kita biarkanpun kalau sudah mencapai angka 100 percent completed maka komputer atau laptop akan nyala seperti biasanya. Namun tentunya Anda akan kesal menunggu sampai proses ini selesai setiap Anda akan menyalakan komputer.

Apa penyebab selalu muncul checking file system on c, on d, dan seterusnya? Umumnya penyebab ini adalah komputer atau laptop ketika shut down atau dimatikan tidak sesuai dengan cara mematikan yang seharusnya. Bisa jadi laptop mendadak mati karena daya batrainya habis atau komputer mati mendadak karena gangguan kelistrikan atau bisa saja karena kita memang sengaja mematikan komputer atau laptop dengan cara yang tidak benar. Dari kasus-kasus seperti ini maka mengakibatkan ada masalah dengan hardisk komputer atau laptop.

Selain penyebab diatas bisa juga komputer atau laptop Anda terdapat virus berbahaya yang belum diketahui keberadaannya.

Baca Juga : Yakin AntiVirus Yang Anda Gunakan Handal? Test Dulu Dengan 3 Cara Ini!

Anda tidak perlu khawatir karena disini saya akan memberikan solusi untuk mengtatasi check disk pada saat startup Windows, baik Windows XP, Vista, 7, 8, dan 10.

Berikut Cara Mengatasi Check Disk Komputer Atau Laptop Pada Saat Startup Windows

Jika permasalahnnya karena Anda terlalu sering mematikan (shut down) komputer atau laptop dengan cara yang tidak benar langsung menekan tombol powernya, maka stop mulai dari sekarang. Karena selain akan memunculkan pesan check disk seperti gambar diatas, dan lagi hardisk komputer Anda akan cepat rusak. Jika sudah terlanjur, berikut cara mengatasi permasalahan check disk Windows.

Untuk menonaktifkan masalah check disk disini saya membaginya kedalam dua cara, yaitu melalui Command Prompt (CMD) dan Regsitry Windows.

1. Cara Menghilangkan Check Disk Dengan CMD

Silakan Anda buka Command Prompt dengan cara menekan logo Windows + R pada keyboard. Ketik CMD pada kolom Run dan tekan Enter.

Cara Mengatasi Check Disk Startup Windows (2)

Ketikkan chkntfs /x diikuti dengan diskdrive atau partisi hardisk di komputer atau laptop Anda. Misal saya mempunyai dua partisi hardisk yaitu diskdrive C dan D maka perintahnya menjadi seperti ini chkntfs /x c: d:.

Cara Mengatasi Check Disk Startup Windows (3)

Tekan Enter dan tunggu beberapa saat sampai proses check disk ini selesai dengan sempurna. Jika sudah selesai silakan Anda Restart komputer dan lihat hasilnya sekarang apakah ketika komputer atau laptop dinyalakan masih muncul check disk atau tidak.

2. Cara Menghilangkan Check Disk Melalui Registry Windows

Jika dengan cara diatas dan ternyata tidak berhasil silakan lakukan cara kedua ini. Namun sebelum Anda memutuskan untuk mempraktikkan cara kedua ini, pastikan kalau Anda sudah membackup file Registry Windows. Takutnya nanti ketika mendisable check disk ini tidak berhasil juga.

Baca Juga : Cara Backup Registry Windows 7, 8, dan 10 Dengan Mudah Lengkap Gambar

Anda aktifkan Run untuk menampilkan Registry Windows, ketik regedit pada jendela Run dan tekan Enter.

Cara Mengatasi Check Disk Startup Windows (4)

Kemudian Anda buka HKEY_LOCAL_MACHINE > SYSTEM > CurrentControlSet > Control > Session Manager. Temukan BootExecute pada layar kerja sebelah kanan dan Anda klik kanan lalu pilih Modify.

Cara Mengatasi Check Disk Startup Windows (5)

Secara default pada layar kerja BootExecute ini adalah autocheck autochk *, silakan Anda tambahkan sebelum * dengan parameter /k: kemudian diskdrive yang akan dihilangkan check disk ketika startup tersebut. Misal hanya diskdrive C maka nantinya akan seperti ini autocheck autochk /k:C * atau disk drive D menjadi autocheck autochk /k:D * Jika kedua-duanya atau lebih dari dua partisi maka tinggal Anda tambahkan saja. Untuk diskdrive C dan D maka akan seperti ini autocheck autochk /k:C /k:D *. Kedepannya jika kondisi hardisk sudah normal dan Anda ingin mengembalikan parameter diatas dengan pengaturan bawaan mika tinggal hilangkan saja parameter-parameter yang sudah Anda tambahkan sebelumnya menjadi autocheck autochk *.

Cara Mengatasi Check Disk Startup Windows (6)

Jika sudah mengubah parameter bawaan Windows dengan menambahkan parameter baru silakan Anda klik pilih OK dan restart komputer atau laptop. Lihat hasilnya dan saya yakin jika memang kasus check disk ini dari hardisk bermasalah karena sering mati mendadak maka sekarang akan hilang. Namun jika penyebabnya karena ada virus maka Anda tinggal melakukan scan dengan AntiVirus terupdate.

Selengkapnya untuk mengatasi check disk pada saat komputer startup bisa dilihat pada halaman forum Microsoft. Disana Anda bisa bertanya langsung dan tentunya jika Anda sudah terdaftar menjadi member forum tersebut.

Ok mungkin hanya itu saja artikel Cara Mengatasi Check Disk Pada Saat Startup Windows. Semoga artikel ini ada manfaatnya untuk umum terutama yang sedang mengalami kasus check disk. Saya sarankan mulai sekarang usahakan komputer atau laptop jangan sampai sering mati mendadak. Anda lakukan sesuai prosedur ketika ingin mematikan komputer atau laptop yaitu dengan cara Shut down.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. ada pengaruhnya gak dgn comp kalau kita matiin chkdsk tersebut. comp sy (win7) selalu mati normal melalui menu. kenapa saat hidupkan kembali selalu harus chkdsk. thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *