Kamis, 5 Agustus 2021

Cara Cek Kondisi Hardisk Komputer Melalui CMD Sekaligus Cara Memperbaikinya

Cara Cek Hardisk & Memperbaikinya Melalui CMD – Hardisk adalah komponen perangkat keras (hardware) komputer yang memiliki fungsi untuk menyimpan seluruh data komputer. Biasanya bentuk hardisk berupa kotak yang didalamnya terdapat piringan untuk menyimpan data. Seluruh data yang disimpan didalam hardisk bersifat permanent. Artinya walaupun komputer dimatikan atau tidak digunakan dalam waktu lama maka data tersebut tidak akan hilang. Hilangnya data didalam hardisk hanya bisa dilakukan secara manual oleh pengguna dengan cara menghapus atau memformatnya.

Baca Juga : Info Menarik Harga Hardisk Baru Paling Baik

Peranan hardisk di komputer atau laptop sangatlah vital dan sangat tidak mungkin komputer akan bisa dijalankan tanpa adanya hardisk. Operasi Sistem yang merupakan sebagai pengendali komputer agar bisa dijalankan disimpannya didalam hardisk. Maka dari itu melihat sangat pentingnya peranan hardisk di komputer atau laptop maka disarankan agar selalu memeriksa kondisi hardisk yang kita gunakan. Komputer tanpa hardisk maka bisa dibilang percuma saja karena komputer sama sekali tidak bisa dioperasikan.

Cara Cek Kondisi Hardisk Komputer Melalui CMD (1)

Namanya barang elektronik apalagi jika kita gunakan terus menerus setiap hari maka kondisinya pasti akan mengalami kerusakan. Begitupun juga dengan hardisk komputer pasti suatu saat akan rusak dan bahkan sama sekali akan tidak bisa digunakan lagi. Namun semua itu tidak serta merta terjadi begitu saja tanpa adanya sebab terlebih dahulu. Walaupun ada juga sebagian kecil kasus kerusakan terjadi begitu saja karena kegagalan produk atau yang lainnya, namun hal ini jarang. Umumnya kerusakan pada hardisk bisa terjadi karena kesalahan pengguna atau masalah gangguan listrik.

Baca Juga : Solusi Mudah Hardisk Eksternal Error Minta Format Ketika Dicolokkan Ke USB

Biasanya tanda-tanda kondisi hardisk bermasalah adalah kinerja komputer semakin lambat. Walaupun penyebab kecepatan komputer menurun tidak bisa memvonis bahwa hardisk bermasalah namun ada juga akar permasalahnnya dari hardisk. Kasus lain kondisi hardisk sudah rusak adalah tidak bisa dipartisi, tidak bisa diformat, komputer mendadak mati, tidak bisa copy paste data, dan sebagainya.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

8 comments

  1. masalah gangguan listrik bisa jadi penyebab hardisk rusak ya ? biaya untuk betulin nya tidaklah murah hardisk ini, jadi harus hati2 dalam penggunaan komputer nya.

  2. terima kasih gan, sudah lama cara artikel seperti ini. artikelnya sangat membantu. Akhirnya jadi tau cara ngecek hard disk

  3. Sy sudah cek cara ini, hasil ya ok.. mudah2n hardisk sy aman.. terima kasih untuk info nya

  4. status hdd OK, tapi kenapa ya laptop (bahkan setelah install ulang) terasa lemot?….
    apa kemungkinan hardware lain yang bermasalah?

  5. Terima kasih infonya. Sudah saya coba dan hasilnya hardisk saya masih OK. Cara ini mudah dan cepat. monggo kalau mau info seputar percetakan bisa mampir ke blog saya, Matur Nuwun

  6. Dika Galih Pratama

    chkdsk /r /f e: habis di enter kok keterangannya seperti ini ya gan, solusinya please, kabari lewat email saya [email protected]

    cannot open volume for direct access

  7. mo nanya min,,,
    solusi buat laptop lama ane apa gan? sering mati di setiap game, kadang pernah mati saat nonton yt…. saya bawa keservis nanyain thermal pastenya,,, katnya baik2 aja.. mereka blg “karna main game… ini nggak kuat buat main game vganya gk ada” ya laptopnya udh lama banget sihh,,, tapi yaa walau gk ada vga juga setidaknya cukup buat main stronghold crusader speknya ini min pross intel pentium 2.00 GHz (2cpus) w10 x64 ram baru up ddr3 4gb display intel hd ghrapic vram 128 mb
    maap beda server :v

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.