Home / Kesehatan / 8 Manfaat Bawang Putih Tergolong Ampuh Bagi Kesehatan dan Kecantikan

8 Manfaat Bawang Putih Tergolong Ampuh Bagi Kesehatan dan Kecantikan

8 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan dan Kecantikan – Semua orang tahu kalau bawang putih itu adalah tanaman yang dipakai sebagai bumbu masakan. Namun saya yakin tidak semua tahu kalau bawang putih itu mempunyai khasiat bagi kesehatan bahkan untuk perawatan kulit agar terlihat cantik. Maka dari itu pada kesempatan ini saya akan coba membahas sampai tuntas manfaat bawang putih yang sudah terbukti ampuh bisa dijadikan untuk pengobatan tubuh dan perawatan kecantikan. Jika penasaran, silakan Anda simak artikel ini sampai tuntas.

Baca Juga : Fakta Mengejutkan Manfaat Bawang Merah Sangat Manjur Untuk Kesehatan

Bawang putih (dalam bahasa Ingrris, Garlic) adalah tanaman jenis umbi yang sudah lama digunakan manusia selama kurang lebih 7.000 tahun. Tanaman bawang putih awalnya banyak tumbuh di Asia Tenggara namun kini sudah tersebar banyak diseluruh pelosok dunia. Awalnya tanaman bawang putih ini adalah dibuat sebagai bahan makanan dan bumbu masakan oleh orang-orang Laut Tengah. Dan kini di Indonesia bawang putih ini adalah bumbu masakan dasar atau wajib untuk menyedapkan masakan.

Manfaat Bawang Putih Tergolong Ampuh Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Selama ini kita menganggap tanaman yang mempunyai akar warna putih berbentuk umbi ini adalah hanya sebagai penyedap rasa pada masakan saja. Padahal tanaman Allium Sativum ini masih tergolong tanaman obat sama halnya dengan bawang merah.

Berikut 8 Manfaat Bawang Putih Terbukti Ampuh Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Tanaman yang mempunyai aroma sangat menyengat ini terkadang kita enggan untuk memakannya secara langsung. Padahal khasiat yang sudah terbukti ampuh adalah dengan memakan bawang putih yang masing mentah.

Ok mari kita ketahui apa saja manfaat herbal bawang putih bagi kesehatan dan kecantikan selain bumbu masakan.

1. Obat Anti Kanker

Beruntung bagi yang senang mengkonsumsi bawang putih mentah, karena khasiat dari herbal bawang putih ini sangat bermanfaat sebagai obat anti kanker. Kita sudah tahu bahwa penyakit kanker ini adalah penyakit yang sangat berbahaya dan bisa mengancam kematian mendadak bagi penderitanya. Namun menurut para ahli kesehatan kalau kanker dapat diatasi dengan memakan bawang putih mentah. Dengan kata lain sebagian orang mengatakan kalau bawang putih adalah tanaman herbal panjang umur.

Kandungan Sulfida Alil yang terdapat dalam bawang putih bisa menangkal penyakit kanker. Kemudian menurut para ahli medis mengatakan bahwa bawang putih mempunyai zat anti kanker yang sangat efektif kita konsumsi untuk mencegah pertumbuhan sel dari beragam jenis kanker berbahaya.

2. Dapat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Khasiat lainnya yang dimiliki oleh kandungan bawang putih adalah mampu menurunkan tekanan darah tinggi hingga sekitar 7-8%. Fakta ini sangat menakjubkan bahwa bawang putih juga bisa menurunkan tekanan darah pada orang normal. Tidak ada alasan lagi bagi penderita tekanan darah tinggi untuk tidak memakan bawang putih mentah.

3. Sangat Kaya Nutrisi dan Rendah Kalori

Dengan mengkonsumsi bawang putih itu berarti kita telah diberi asupan nutrisi baik yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tim medis mengatakan kalau bawang putih ini sangat kaya dengan Vitamin C, Kalsium, dan Zat Besi. Kemudian uniknya lagi kalau bawang putih ini tidak mengandung lemak jenuh serta kalori. Sehingga jika kita mengkonsumsi bawang putih dengan jumlah banyak maka tidak akan berbahaya.

4. Dapat Memangkas Kolesterol Jahat

Kehebatan bawang putih selanjutnya adalah mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh kita. Secara signifikan dengan mengkonsomsi bawang putih dapat memangkas kolesterol jahat (LDL) hingga 10-15%. Walaupun begitu dengan memakan bawang putih maka kolesterol baik (HDL) dalam tubuh tidak akan terjadi apa-apa. Dengan begitu tubuh kita menjadi tetap sehat terbebas jauh dari bahaya kolesterol jahat.

5. Baik Untuk Kecantikan Kulit

Bagi Anda yang suka merawat kecantikan, maka dengan menggunakan herbal bawang putih tentunya akan memangkas biaya pengeluaran Anda. Ya memang benar, kalau bawang putih ini bisa kita jadikan untuk merawat kecantikan tubuh. Bawang putih mampu membersihkan komedo, seperti komedo di hidung, dagu, pipi, dan lain-lain. Cara menggunakannya cukup dengan mengoleskan bawang putih pada area tumbuhnya komedo.

Kemudian khasiat bawang putih juga mampu menghilangkan bekas luka terutama bekas luka yang ada disekitar wajah Anda. Tentunya dengan adanya bekas luka diwajah maka akan mengganggu kecantikan Anda, seperti luka bekas jerawat dan sebagainya. Hal inipun masih dengan komedo yaitu dengan cara mengoleskan bawang putih di bagian bekas luka Anda.

Bawang putih dapat kita manfaatkan khasiatnya sebagai obat jerawat di wajah. Gunakan satu siung bawang putih kemudian Anda haluskan dan balurkan pada wajah atau yang terdapat jerawatnya. Diamkan selama kurang lebih 10 menit dan basuh muka dengan air hangat. Lebih baik lagi jika Anda menggunakannya sebelum Anda tidur.

6. Ampuh Mencegah Demensia dan Alzheimer

Selain manfaat yang sudah dijelaskan diatas, kalau bawang putih juga mempunyai khasiat untuk mengobati penyakit syaraf pada manusia seperti demensia dan alzheimer. Wah sangat menakjubkan fakta ini! Ya memang benar kandungan antioksidan bawang putih mampu menjadi pelindung tubuh dari kerusakan oksidatif. Kemudian kerusakan pada syaraf (oksidatif) ini disebabkan oleh radikal bebas dan juga sangat berperan pada proses penuaan dini.

Tim medis telah membuktikan kalau khasiat bawang putih dapat meningkatkan enzim antioksidan manusia. Kemudian bawang putih ini mampu mengurangi rasa stres oksidatif pada penderita tekanan darah tinggi. Yang pada akhirnya khasiat dari pengurangan kolesterol serta tekanan darah tinggi dan sifat antioksidan ini bisa mencegah dan membantu penyakit syaraf otak umum (demensia dan alzheimer).

7. Bisa Menurunkan Berat Badan

Apakah Anda saat ini sedang mempunyai keluhan dengan berat dan bermaksud ingin menurunkannya (diet)? Tahukah Anda bahwa dengan mengkonsumsi bawang putih akan menurunkan berat badan badan seperti mengurangi lemak di perut dan sebagainya. Kandungan zat anti inflamasi yang terdapat dalam herbal bawang putih mampu mengatur sel lemak berlebih dalam tubuh kita.

Umumnya berat badan berlebih atau lemak menumpuk identik dengan perut buncit atau gendut. Dengan memakan bawang putih mentah merupakan salah satu alternatifnya.

8. Dapat Mengobati Sakit Gigi

Kandungan analgesik dan anti bakteri yang terdapat pada kandungan bawang putih mampu untuk mengobati sakit gigi Anda. Ketika Anda sakit gigi apalagi jika gigi Anda sudah berlubang maka ambilah bawang putih yang sudah dibersihkan dan tempelkan pada gigi yang merasa sakit. Diamkan beberapa saat sampai rasa resi pada gigi Anda agak reda. Lakukan terus menerus sampai sakit gigi Anda sembuh.

Mungkin hanya itu saja artikel tentang 8 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan dan Kecantikan. Jika saya tulis semuanya tentang manfaat bawang putih ini maka tidak akan cukup satu artikel saja. Maka dari itu jika ada kesempatan maka saya akan menulis kembali pada artikel selanjutnya. Terimakasih sudah membaca artikel ini sampai selesai dan semoga bermanfaat.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *