Kebiasaan Dan Penyakit Yang Menjadi Penyebab Kulit Tangan Mengelupas

Penyebab Kulit Tangan Mengelupas – Kulit merupakan lapisan terluar tubuh yang harus kita jaga karena memerankan fungsi perlindungan bagi tubuh kita. Tidak terkecuali kulit pada telapak tangan yang seringkali terekspos. Oleh karena itu tidak jarang kulit tangan mengelupas sehingga membuat tidak nyaman serta tidak sedap dipandang mata.

Baca Juga : Cara Alami Menyembuhkan Kutu Air Di Sela Jari Tangan ~ Kaki

Pada umumnya terdapat dua alasan pokok yang menjadi penyebab kulit tangan mengelupas yaitu karena aktivitas sehari-hari dan penyakit. Siapa yang tidak ingin memiliki permukaan kulit tangan yang mulus dan halus?

Jangan langsung panik jika kondisi kulit tiba-tiba mengelupas. Karena ada sebagian orang yang kulitnya mengalami pengelupasan dalam kurun waktu tertentu. Jika Anda tidak bisa menghindarinya, setidaknya usahakan untuk meminimalisir penyebabnya.

Kebiasaan Yang Menyebabkan Kulit Tangan Mengelupas

Khususnya wanita biasanya lebih sensitif terhadap kondisi kulitnya. Mulai dari penyesuaian diri dengan cuaca ataupun penggunaan zat kimia maupun faktor alergi. Berikut ini akan dibahas mengenai kebiasaan sehari hari yang dapat menyebabkan kulit mengelupas

1. Perubahan Cuaca Mempengaruhi Kondisi Kulit Tangan

Cuaca merupakan faktor yang tidak dapat kita rubah. Perubahan cuaca ekstrim terlalu panas atau terlalu dingin inilah yang menjadi penyebab kulit tangan mengelupas karena kondisi kering. Memang perubahan cuacanya tidak dapat dirubah. Namun, kita dapat mengantisipasinya dengan melakukan beberapa cara seperti mengusapkan hand and body lotion atau mousturizer setiap akan beraktivitas dan setelah air terpapar air.

2. Tidak Perlu Sering Mencuci Tangan

Aktivitas mencuci tangan memang baik dilakukan untuk mengurangi bakteri yang bersarang di telapak tangan kita. Namun, jika kulit tangan kita terlalu sering terpapar air dan bahan aktif dari sabun cuci tangan, maka akan menyebabkan hidrasi sehingga lapisan kulit menjadi kering dan mengelupas.

3. Berkelut Dengan Aktivitas Rumah Tangga

Aktivitas seperti mencuci piring, baju, membersihkan lantai dan kamar mandi bahkan kloset tidak terlepas dari bahan-bahan kimia. Aktivitas ini yang sering menjadi alasan umum penyebab kulit tangan mengelupas. Namun tetap saja sensitifitas kulit masing-masing orang berbeda.

Usahakan jangan terlalu sering berganti detergen atau sabun walaupun kandungan bahan aktifnya sama. Hal tersebut dapat mempengaruhi kondisi kulit karena kulit akan terus mengelupas untuk beradaptasi dengan bahan-bahan kimia baru.

4. Alergi Terhadap Makanan Maupun Zat Tertentu

Beberapa orang terkadang memiliki beberapa keluhan alergi baik karena makanan maupun bahan kimia. Dampak yang ditimbulkan biasanya gatal-gatal di area permukaan kulit tidak terkecuali pada bagian tangan.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. kalau aku bukan tangan mas tapi kaki, kalau musim hujan tidak gatal tapi luka seperti kena kutu air. dan di musim panas, terlalu kering sampai kulitnya mengelupas terkadang pecah dan sampai berdarah. anehnya tambah gatal dan perih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.