Cara Mengetik Angka Arab di Office Excel Paling Cepat dan Mudah Tanpa Install Aplikasi

Cara Mengetik Angka Arab di Excel 1

Info Menarik – Ketika kita mengetik huruf Arab di Office Excel, terkadang kita harus mengetik angka Arab juga. Untuk menulis atau mengetik angka Arab di Excel berbeda caranya dengan menulis huruf Arab. Komputer yang sudah support pengetikan huruf Arab di Excel belum tentu juga bisa mengetik angka Arab. Kamu perlu melakukan beberapa pengaturan lagi agar Office Excel bisa digunakan menulis angka Arab.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Dan Menulis Huruf Arab Di Komputer

Untuk menampilkan atau mengetik angka Arab di Excel sebetulnya sangatlah mudah. Kamu tidak perlu menginstall aplikasi lain lagi. Cukup menggunakan fitur-fitur bawaan OS Windows sebenarnya Kamu sudah bisa menulis angka Arab. Bagaimana caranya? Simak artikel ini sampai selesai …

Umumnya komputer Indonesia menggunakan pengaturan Regional English atau Indonesian. Padahal agar lebih mudah ketika kita mau mengetik angka Arab di Excel maka sebaiknya Kamu menggunakan pengaturan Regional Arab Saudi. Jika komputer Kamu sudah disetting Region Arab Saudi maka ketika ingin mengetik angka Arab cukup mengubah Alignment menjadi RTL atau Right to Left. Secara otomatis ketika Kamu mengetik angka di keyboard maka yang tampil di layar kerja akan menjadi angka Arab.

Berikut Cara Mengetik atau Mengaktifkan Penulisan Angka Arab di Excel

Pertanyaan sekarang adalah bagaimana agar bisa menulis angka Arab di Excel tanpa harus mengubah pengaturan Region ke Arab Saudi? Apakah bisa? Jawabannya tentu saja bisa dan akan saya bahas sampai tuntas disini ….

Bagi Kamu yang tidak mau mengubah pengaturan Region komputer ke format Arab Saudi maka silakan lakukan trik khusus ini. Caranya yaitu Kamu meski mengubah Format Cells di Office Excel yang akan Kamu isi angka Arab nantinya. Simak langkah-langkahnya :

1. Seleksi Cell Excel

Silakan Kamu seleksi atau pilih sel Excel yang akan Kamu ketikkan angka Arab. Cara ini bisa Kamu lakukan disemua versi Office Excel.

2. Pilih Format Cells

Setelah menentukan cell yang akan Kamu ketik angka Arab, silakan klik kanan disitu kemudian pilih menu Format Cells. Secara otomatis dialog Format Cells akan tampil seperti gambar dibawah ini :

Cara Mengetik Angka Arab di Excel 2

3. Setting Format Cells ke Custom

Langkah selanjutnya pada jendela Format Cells silakan Kamu pilih Custom. Lalu pada bagian Type silakan Kamu ketik format angka [$-2000000]0 atau untuk pengguna Excel 365 ketik [$-,200]0. Jika sudah, silakan klik Ok.

Cara Mengetik Angka Arab di Excel 3

4. Mulai Mengetik Angka Arab

Setelah selesai melakukan pengaturan diatas dan jika langkah-langkahnya benar maka ketika Kamu mengetik angka pada cell yang sudah disetting tadi secara otomatis akan tampil menjadi angka Arab. Untuk mengetik angka Arab di Excel ini Kamu cukup mengetik angka 1, 2, 3, 4, dan seterusnya seperti biasa di keyboard. Hal ini hanya berfungsi pada cell yang sudah Kamu setting tadi saja. Jika ingin melakukannya pada cell lain, tinggal mengulangi langkah-langkah diatas atau Kamu bisa melakukan copy paste cell saja.

Selanjutnya jika Kamu ingin mengubah format cellnya menjadi kembali ke angka lati atau Arabic Barat, Kamu tinggal mengubah Format Cell menjadi ke General atau Number.

Baca Juga : Hanya Dengan Cara Ini Bisa Mengetik Angka Arab Di Office Word Dengan Mudah

Bagaimana mudah bukan? Hanya sesederhana itu saja solusi untuk menulis angka Arab di Office Excel. Semoga dengan adanya artikel singkat ini bisa membantu Kamu ketika Kamu ingin menampilkan angka Arab di Excel. Terima kasih sudah mampir dan sampai bertemu lagi di artikel menarik lainnya. Salam sukses selalu …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.