Home / EPS-Topik Korea / Penjelasan Lengkap Bahasa Korea Terima Kasih Dalam Percakapan Sehari-hari

Penjelasan Lengkap Bahasa Korea Terima Kasih Dalam Percakapan Sehari-hari

Bahasa Korea Terima Kasih

Info Menarik – Dalam belajar bahasa asing seperti Bahasa Korea, ucapan terima kasih termasuk pengetahuan paling dasar yang wajib dipelajari. Ucapan terima kasih peranannya sangat berguna karena termasuk ucapan yang paling sering digunakan. Dalam berbagai situasi, ucapan terima kasih sering diucapkan. Atas dasar itu, mari kita belajar bagaimana cara mengucapkan terima kasih dengan benar dalam Bahasa Korea.

Baca Juga : Belajar Bahasa Korea Untuk Pemula Pengenalan Hangeul

Ucapan terima kasih dalam Bahasa Korea terdapat banyak cara. Hal ini dibedakan berdasarkan pada tingkatan rasa hormat terhadap penyampaian ucapan kepada seseorang.

Jika dikaji dari tata bahasa, Bahasa Korea dibagi menjadi dua kelompok. Untuk Bahasa Korea halus/sopan disebut Nophimmal (높임말) sedangkan Bahasa Korea akrab/kasar disebut Panmal (반말).

Berikut Bahasa Korea Terima Kasih Yang Harus Kamu Ketahui

1. Ucapan Terima Kasih Bersifat Halus/Sopan

Ucapan terima kasih yang bersifat halus atau sopan adalah “Kamsahamnida” (감사합니다). Frase ini termasuk yang paling sering digunakan di Korea. Ini termasuk ucapan formal dan digunakan ketika kita berhadapan dengan orang asing atau orang-orang yang Kamu anggap pantas untuk dihormati.

Selain bisa mengucapkan Kamsahamnida, Kamu juga bisa mengucapkan “Komapseumnida” (고맙습니다). Ucapan ini juga termasuk frase formal dimana fungsinya masih sama dengan ucapan terima kasih Kamsahamnida.

Kamu bisa mengucapkan Komapseumnida terhadap orang yang baru dikenal sebagai rasa hormat.

Meski keduanya bersifat formal, tapi Kamsahamnida sedikit lebih formal dibanding dengan ucapan Komapseumnida. Namun tidak ada salahnya jika Kamu menggunakan ucapan Komapseumnida untuk menyampaikan rasa terima kasih terhadap orang yang dihormati.

Berikutnya adalah ucapan terima kasih untuk suasana informal yang hanya digunakan dengan teman-teman dekat. Ucapan terima kasih yang dimaksud adalah “gomawo” (고마워).

2. Ucapan Terima Kasih Bersifat Akrab/Kasar

Selanjutnya terima kasih yang bersifat akrab atau kasar adalah “Kamsaheyo” (감사해요). Ini merupakan ucapan informal yang biasa digunakan terhadap orang lain yang sudah dikenal atau akrab. Pengucapan Kamsaheyo juga sering digunakan terhadap orang yang lebih muda dari Kamu.

Kamsaheyo jika dihilangkan “yo” (요) menjadi “Kamsa” (감사) saja, ini membuat pengucapan lebih kasar lagi. Namun jika untuk situasi santai dan digunakan terhadap teman akrab serta lebih muda atau usia sama, sah-sah saja diucapkan.

Lalu bagaimana untuk membalas ucapan terima kasih dalam Bahasa Korea?

Kamu sudah tahu bagaimana pengucapan terima kasih, baik itu bersifat halus ataupun akrab. Sekarang pertanyaannya adalah untuk membalas ucapan terima kasih.

Ketika kamu menerima ucapan terima kasih dalam Bahasa Korea, silakan balas ucapan dengan “Anieyo” (아니에요) yang memiliki arti “terima kasih kembali”. Sebetulnya frase ini memiliki arti “tidak”. Namun bisa diimplikasikan sebagai tidak perlu untuk berterima kasih.

Selanjutnya untuk membalas ucapan terima kasih Kamu juga bisa menggunakan “Kwenchana” (괜찮아). Ucapan ini termasuk yang umum digunakan yang memiliki arti “sama-sama”. Pada susana informal atau dilingkungan teman-teman ucapan Kwenchana sering digunakan. Secara harfiah, Kwenchana memiliki arti “tidak apa-apa”. Untuk lebih sopannya lagi, Kamu bisa menambah “yo” diakhir menjadi “Kwenchanayo” (괜찮아요).

Untuk membalas ucapan terima kasih, Kamu juga bisa mengucapkan “Cheonmaneyo” (천만에요) yang berarti “sama-sama”. Dilihat dari kata dasarnya, Cheonmaneyo memiliki arti “sama sekali tidak” dan “sebaliknya”. Jika dihubungkan, sama sekali tidak perlu mengucapkan terima kasih.

Untuk menambah wawasan Kamu dalam pengucapan Bahasa Korea terima kasih ada juga “Taedanhi Kamsahamnida” (대단히 감사 합니다). Ucapan terima kasih ini biasanya digunakan pada momen-momen tertentu saja. Ini sering digunakan ketika seseorang telah benar-benar berkorban memberi bantuan terhadap Kamu. Ucapan ini memiliki arti “Terima kasih yang sangat banyak”.

Bagaimana sudah paham cara mengucapkan terima kasih dalam Bahasa Korea? Semoga dengan adanya artikel ini, Kamu mendapatkan pengetahuan dan mampu mengucapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga : 100 Kosakata Bahasa Korea Sehari-hari Untuk Pemula

Insya Allah dilain kesempatan kosakata percakapan Bahasa Korea akan saya tambah lagi. Sampai bertemu di artikel keren dan menarik lainnya dan salam sukses …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.