Rabu, 28 September 2022

Cara Install WordPress di Localhost Menggunakan Laragon Lengkap Gambar

Cara Install WordPress di Laragon 01

Cara Install WordPress di Laragon – Solusi bagi Kamu yang ingin belajar lebih jauh tentang WordPress secara offline adalah menginstall WordPress di localhost. Untuk keperluan ini Kamu bisa menggunakan Laragon. Apa itu Laragon? Laragon adalah aplikasi local server seperti XAMPP. Kamu dapat memperoleh Laragon secara gratis selamanya.

Baca Juga: Belajar WordPress Offline Dengan Instant WordPress

Laragon menyediakan berbagai macam fitur untuk menunjang kerja para pengembang web. Dengan Laragon kita dapat menginstall berbagai macam CMS (Content Management System) seperti WordPress dan juga Framework.

Cara Install WordPress di Localhost Menggunakan Laragon

Untuk menghindari resiko kesalahan, mengembangkan web secara offline merupakan salah satu alternatif terbaik. Kamu bisa mencoba template atau plugin WordPress secara offline dahulu sebelum nanti Kamu pasang secara online. Dengan WordPress offline juga Kamu bisa membuat konsep artikel.

1. Download Laragon, phpMyAdmin, dan WordPress

Sebelum memulai langkah ini, Kamu harus download 3 aplikasi penunjang. Diantaranya adalah: Aplikasi Laragon, phpMyAdmin, dan CMS WordPress. Kemudian untuk mendapatkan 3 aplikasi ini, Kamu bisa download secara gratis di website resmi masing-masing.

Download Laragon, Kamu bisa mengunjungi halaman laragon.org/download. Selanjutnya untuk download phpMyAdmin silakan kunjungi halaman phpmyadmin.net/downloads. Terakhir untuk download WordPress, Kamu bisa membuka halaman wordpress.org/download.

Jika ketiga aplikasi di atas sudah Kamu download, pertama silakan Kamu install aplikasi Laragon di komputer atau laptop. Saya rasa untuk menginstall Laragon cukup mudah. Untuk itu disini saya tidak perlu membuat tutorial install Laragon.

2. Ekstrak phpMyAdmin dan WordPress di Laragon

Setelah selesai install Laragon, langkah selanjutnya adalah mengekstrak aplikasi phpMyAdmin dan WordPress.

Pertama silakan ekstrak aplikasi phpMyAdmin kemudian tempatkan aplikasi di Laragon folder etc kemudian folder apps.

Ubah nama folder hanya phpMyAdmin saja …

Cara Install WordPress di Laragon 02

Kedua ekstrak juga WordPress kemudian Kamu tempatkan di Laragon folder www. Kamu bisa mengubah nama folder bawaan WordPress sesuai keinginan. Contoh disini saya mengubah nama folder tersebut menjadi infomenarik. Nanti nama folder ini menjadi URL default untuk mengakses WordPress dari localhost.

Cara Install WordPress di Laragon 03

3. Setting Database di WordPress dan phpMyAdmin

Langkah selanjutnya adalah mengatur database yang ada di wp-config WordPress dan membuat database di phpMyAdmin.

Pertama silakan Kamu setting database yang ada di file wp-config atau yang ada di folder WordPress yang tadi Kamu tempatkan di www Laragon. Untuk membuka wp-config disini saya menggunakan Notepad++. Kamu bisa membuka menggunakan aplikasi Notepad bawaan Windows.

Kamu setting pada ‘DB_NAME’, ‘DB_USER’, dan ‘DB_PASSWORD’. Tidak ada aturan baku untuk membuat nama database. Jadi silakan Kamu isi saja dengan nama database sesuai keinginan.

Cara Install WordPress di Laragon 04

Selanjutnya adalah membuat database di phpMyAdmin. Namun sebelumnya silakan Kamu aktifkan dulu aplikasi Laragon yang sudah Kamu install. Untuk mengaktifkan Laragon, silakan klik tombol Start All.

Cara Install WordPress di Laragon 05

Setelah Laragon aktif, sekarang buka browser dan akses URL localhost/phpmyadmin. Nama Pengguna Kamu isi root dan password kosongkan saja. Kemudian klik tombol Masuk.

Cara Install WordPress di Laragon 06

Setelah sukses masuk ke halaman phpMyAdmin, selanjutnya buat Database pada tab Basis Data. Ingat, nama database harus sama dengan yang Kamu buat di file wp-config tadi. Jika sudah, klik tombol Buat.

Baca Juga: 4 Tema WordPress Terbaik Untuk Google AdSense Peluang CTR Tinggi

Selanjutnya Kamu perlu menambah User Account dari tab Hak Akses.

Buat user baru dengan mengisi kolom Nama Pengguna dan Kata Sandi. Di kolom ketik ulang Kamu cukup mengisi kembali kata sandi yang telah Kamu buat.

Geser ke bawah kemudian pada Hak akses global Kamu centang Pilih Semua untuk mengaktifkan seluruh hak akses dari nama pengguna yang Kamu buat. Kemudian geser lagi ke bawah dan klik tombol Kirim.

4. Install WordPress di Laragon

Pembuatan database di phpMyAdmin sudah selesai. Langkah selanjutnya adalah menginstall WordPress di Laragon.

Laragon masih posisi aktif, silakan di browser Kamu ketik URL localhost/[nama_folder_wrodpress]/wp-admin/install/php. Karena tadi saya telah mengubah nama folder WordPress yang di www menjadi infomenarik, maka URL localhost-nya menjadi localhost/infomenarik/wp-admin/install/php.

Silakan Kamu isi kolom-kolom yang ada seperti: Judul Situs, Nama Pengguna, Sandi, dan Email. Nama pengguna dan sandi disini adalah hak akses untuk masuk ke dashboard WordPress dari halaman wp-admin.

Jika semua kolom sudah Kamu isi, selanjutnya klik tombol Install WordPress.

Selesai install Kamu akan dialihkan ke halaman berikut dan itu tanda-nya install WordPress telah berhasil. Silakan klik tombol Log Masuk dan login menggunakan nama pengguna dan sandi yang telah Kamu buat pada langkah sebelumnya.

Selamat Datang di WordPress! Kamu telah berhasil menginstall WordPress di localhost menggunakan Laragon.

Baca Juga: Rekomendasi 6 Template Toko Online WordPress Untuk Tampilan Website

Bagaimana mudah bukan? Silakan selamat mencoba dan semoga artikel ini bisa bermanfaat dan sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses selalu …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.