Kamis, 5 Agustus 2021

Cara Membuat Kalender Dengan Microsoft Excel Yang Mudah Dipraktekkan

Cara Membuat Kalender Dengan Microsoft Excel – Disetiap tahun tentunya orang akan membutuhkan yang namanya kalender untuk mengetahui setiap pergantian tanggal serta moment peringatan pada hari-hari tertentu. Dengan adanya kalender juga akan memudahkan untuk menAndai aktivitas-aktivitas penting yang sekiranya harus dikerjakan.

Baca Juga : Belajar Membuat Kalender Otomatis Sendiri Di Office Excel Siap Cetak Tanpa VBA

Sering terlintas dalam fikiran, jikalau membeli akan lebih baik daripada harus membuat kalender sendiri. Ada hal yang harus diketahui juga, bahwasannya pembuatan kalender itu tidak serumit yang difikirkan pada umumya.

Cara membuat kalender dengan Microsoft Excel akan sangat membantu dalam penyusunan kalender itu sendiri. Dengan keunikan Microsoft Excel yang mempunyai berbagai rumus atau formula, akan menghadirkan cara lebih praktis dalam penyusunan kalender.

Kalender jaman sekarang sudah banyak hadir dalam berbagai bentuk dan mode yang berbeda mulai dari desainnya, penataan kalender sesuai tempatnya, hingga kedetailan penyusunan. Tapi tidak ada salahnya jika mempelajari pembuatan kalender dari tahap awal agar penguasaannya bisa maksimal.

Cara Mudah Membuat Kalender dengan Menggunakan Microsoft Excel

Bagi mereka yang sudah terbiasa membuat kalender sendiri, pastinya akan sangat mudah jika harus mengembangkan setiap ide kreatif untuk membuat kalender menjadi lebih unik. Namun hal tersebut tidak berlaku bagi yang belum pernah sama sekali membuat kalender. Dan berikut akan disajikan terkait cara membuat kalender dengan Microsoft Excel, terkhusus bagi para pemula.

1. Membuat Kalender untuk Satu Bulan

Dalam pembuatan kalender, pastinya dalam setiap tahap akan memerlukan bantuan formula-formula khusus untuk memudahkan pengerjaan. Berikut adalah tahapan-tahapan yang harus diperhatikan :

  • Langkah pertama adalah membuat pengaturan bulan terlebih dahulu. Asumsikan bulan-bulan yang ada dengan menggunakan simbol angka 1-12. Misalnya, bulan Januari menggunakan angka 1 yang posisinya di kolom A1.
  • Kemudian buatlah nama-nama hari di kolom A2-G2, mulai dari hari minggu sampai sabtu.
  • Tuliskan tahun yang akan dijadikan acuan dalam pembuatan di kolom G1. Misalnya adalah tahun 2018.

  • Setelah sudah tergambarkan seperti diatas, kemudian waktunya penamaan bulan. Sebelum itu, lakukan marge and center pada kolom B1-F1 untuk memudahkan penulisan formula. Formula yang digunakan adalah =DATE(year;month;date). Jadi asumsi yang dituliskan adalah :

=DATE(G1;A1;1)

Setelah itu dienter dan akan menghasilkan format 01/01/2018.

Untuk mendapatkan tampilan format tanggal dalam bahasa Indonesia, klik kanan bagian kolom tersebut, kemudian pilih Format Cells >> Custom dan tuliskan pada kolom Type dengan format [$-21]mmmm yyyy. Format [$-21] adalah fungsi khusus untuk merubah ke dalam format bahasa Indonesia.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.