Sabtu, 21 Januari 2023

Cara Membuka File Hanword HWP (Hangul Word Processor) di Office Word

Info Menarik – Bagi Kamu yang berkecimpung dengan urusan Korea tentu pernah mendengar file yang memiliki ekstensi HWP. File Hanword HWP merupakan file dokumen layaknya file yang kita buat dengan Office Word. Namun untuk membuka file dokumen Hanword HWP ini tidak bisa langsung kita buka dengan program Office Word. Untuk membuka file HWP di Office Word kita harus mengubah ekstensi HWP menjadi ekstensi Office Word yaitu DOC menggunakan aplikasi converter.

Apa itu File HWP?

HWP merupakan singkatan dari Hangul Word Processor atau Dokumen Teks Hangul (Korea). File HWP merupakan dokumen yang dibuat oleh program Hanword atau Hancom. Program besutan Korea ini merupakan aplikasi pengolah kata yang ditulis dalam huruf Korea atau Hangul. Tampilan dan cara kerja program Hanword mirip dengan program Office Word yang tentunya sudah familiar di kalangan pengguna komputer.

Aplikasi pengolah kata Korea berisi pemformatan dokumen, teks, dan grafik seperti layaknya Office Word. Yang membedakan dari kedua aplikasi ini adalah, Hanword diciptakan khusus untuk menyimpan dokumen dalam alfabet asli bahasa Korea atau Hangul.

File dokumen ekstensi HWP merupakan file dokumen yang diciptakan oleh perusahaan Korea Selatan yaitu Hancom Inc. Di Korea Selatan banyak yang menggunakan aplikasi ini terutama dalam pembuatan dokumen pemerintah. Pada awalnya software ini hanya untuk kebutuhan menulis huruf Korea (한글) saja. Namun seiring dengan perkembangan teknologi saat ini perangkat lunak Hanword HWP kecanggihannya sudah hampir menandingi Office Word.

Baca Juga: Sejarah Bahasa Korea Awal Mula Tercipta Huruf Hangeul Oleh Raja Agung Sejong

Cara Membuka File Hanword HWP di Office Word

Awalnya file Hanword HWP dapat kita buka langsung di program Office Word. Namun saat ini untuk membuka file dokumen ekstensi HWP harus melewati tahapan pengubahan (convert) ekstensi dulu. Hal ini karena telah terjadi perubahan besar dalam struktur dokumen Hanword sehingga untuk membukanya di Office Word harus kita convert terlebih dahulu. Versi Hangul tidak lagi memberikan dukungan untuk membuka dan menyimpan file dalam format Office Word.

Atas dasar itu maka Microsoft saat ini telah menciptakan aplikasi converter .hwp to .doc. Sehingga jika file Hanword HWP sudah kita convert, nantinya dapat kita buka dan berjalan tanpa ada masalah di Office Word.

1. Download Converter HWP to DOC

Karena untuk membuka HWP di Office Word harus kita convert terlebih dahulu, jadi sebagai langkah awal kita harus memiliki aplikasi converter. Microsoft telah menyediakan aplikasi converter yang dapat kita gunakan secara gratis. Silakan Kamu download aplikasinya pada halaman resmi Microsoft.

Di halaman Microsoft silakan klik tombol Download.

Cara Membuka File Hanword HWP 2

Penggunaan converter HWP to Office Word (.doc) sudah mendukung Sistem Operasi Windows 11, Windows 10, Windows 8, Windows 7, Windows Server 2008, Windows Server 2012 baik 32-bit (x86) dan 64-bit (x64). Kemudian file hasil convert dapat kita buka di Office Word versi 2007 Service Pack 2, 2010, 2013, 2019, dan 2021.

Setelah klik tombol Download, selanjutnya silakan pilih Sistem Operasi sesuai dengan yang Kamu gunakan. Contoh saya pilih HwpConverter_x86_en-us.exe (untuk Windows 32-bit) selanjutnya klik tombol Next.

2. Membuka Hanword HWP di Office Word

Setelah sukses download aplikasi convert, selanjutnya untuk menggunakan aplikasi ini sangat mudah. Silakan Kamu install aplikasi kemudian buka Windows Explorer dengan menekan tombol kombinasi Windows + E pada keyboard secara bersamaan. Temukan aplikasi pada C:\Program Files\Microsoft Office\Office15 dengan nama file BATCHHWPCONV.

Untuk memudahkan kedepannya jika memerlukan aplikasi ini lagi, silakan klik kanan pada aplikasi dan klik pilih Send to > Desktop. Maka nanti aplikasi akan tampil di Desktop atau layar depan komputer.

Selanjutnya untuk melakukan convert silakan buka aplikasi BATCHHWPCONV. Kemudian cari dan temukan file HWP yang akan kita convert.

  1. Source Folder or File: Untuk mencari folder atau file Hanword HWP yang akan kita convert menjadi file Word.
  2. Target Folder or File: Untuk menentukan lokasi penyimpanan hasil convert di komputer.

Jika sudah menentukan kedua pengaturan di atas, selanjutnya silakan klik tombol Convert.

Sekarang file format Hanword HWP sudah berubah ekstensinya menjadi DOC sehingga file dapat kita buka di program Office Word. Bagaimana mudah? Ok, silakan selamat mencoba dan semoga sukses. 감사합니다

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

6 comments

  1. Valentino Febrian Saputra | Official Website

    wah boleh dicoba nih kapan2 klo prlu,, makasih banyak gan

  2. Wah… keluaran baru mulai banyak dan canggih…..untuk yang lama harus menyesuaikan..

    • Setelah korsel mengeluarkan daum.net untuk search engine layaknya google, sekarang kecanggihan Handword HWP hampir menandingi Microsoft Office. Dan masih banyak lagi kemajuan yang fantastis dalam hal teknologi, contohnya gadget samsung android …

  3. Bakal jadi pesaing microsoft word kayanya..

    • Tapi Hanword HWP lebih khusus hanya untuk penulisan Hangeul (huruf Korea) saja gan. Mungkin kedepannya diperuntukan bagi user umum …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.