Cara Memperbaiki RAM (Memori) Komputer / Laptop Yang Rusak / Error / Mati Total

Cara Memperbaiki RAM Komputer –  RAM atau Random Access Memory (Bahasa Inggris) adalah salah satu perangkat keras (hardware) komputer atau laptop. Perangkat keras ini sering kita sebut juga dengan istilah Memori. Adapun fungsi RAM komputer/laptop adalah untuk menyimpan data secara sementara yang selanjutnya data disimpan secara permanen didalam hardisk. Dengan begitu peranan RAM sangat penting demi untuk membantu kinerja komputer/laptop. Contoh jelasnya bila kita mengetik di Office Word dan kita belum menyimpannya ke komputer maka data tersebut akan tersimpan pada RAM kemudian kita lakukan penyimpanan (Save) maka data akan tersimpan kedalam hardisk.

Baca Juga : Cara Mengecek Kondisi Kerusakan Power Supply Komputer Tanpa Motherboard

Fungsi lain dari RAM selain sebagai penyimpanan data sementara adalah untuk membantu proses kinerja CPU atau Processor. RAM berperan sebagai pembantu CPU untuk menyiapkan data-data yang nantinya akan diproses oleh CPU. Untuk mengakses hardisk agar kinerjanya lebih cepat lagi maka CPU memerlukan bantuan komponen, nah disinilah RAM akan berperan.

Cara Memperbaiki RAM Komputer 0

Walaupun RAM atau memori komputer/laptop sangat jarang sekali bermasalah, namun ketika RAM bermasalah maka kinerja komputer sama sekali tidak bisa dijalankan. Jika RAM komputer rusak atau bahkan mati total maka komputer/laptop akan error. Disini kita akan belajar cara memperbaiki RAM atau memori. Karena atas dasar RAM jarang bermasalah, mungkin saja anggapan kita kalau RAM mati total atau rusak ternyata masih bisa diselamatkan.

Berikut Cara Memperbaiki RAM Komputer/Laptop Yang Rusak/Error Atau Bahkan Mati Total

Sebelum dilanjut perlu diketahui kalau RAM/Memori komputer/laptop saat ini terdapat 3 jenis, yaitu : DDR, DDR2, dan DDR3. Perbedaan dari ketiga jenis RAM ini jika dilihat dari fisiknya adalah terletak pada notch yang ada pada motherboard dibagian golden finger atau konektor slot memori. Jenis RAM jenis DDR, notchnya berada di sebelah kanan sedikit sedangkan jenis RAM DDR2 notchnya lebih ketengah sedikit. Untuk RAM jenis DDR3 notchnya berada disebelah kiri atau berlawanan dengan letak notch RAM jenis DDR.

Cara Memperbaiki RAM Komputer 1

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

10 comments

  1. gan, blognya keren banget.. btw udah berapa tahun umurnya nih? ada gak tutorial pindahan dari blogger ke wordpress? Soalhya sne pengen bikin wordpress self hosted..

    • Entahlah tidak menghitungnya gan … hehehe Blog ini lahir bulan Nopember 2014 gan. Tutorial migrasi dari Blogger ke WordPress tidak ada gan, karena saya sendiri belum pernah melakukannya.

  2. menarik bos. kemaren juga pas pasang ram, sempet ga mau nyala. ternyata juga cuman kurang tepat aja. setelah di pasang ulang n restart ternyata jg bisa.

  3. sama bos, dulu pernah kejadi punya ram ddr1 seharusnya ddr2 , salah beli aj cuma pada slotnya yang beda. sehinga jadi beli dua deh, salam kenal bos

  4. Ram ane rusak bro..
    kayaknya ga bsa diperbaiki..

    harus beli ram baru deh.. lain ngga ada cara..
    rusak karna laptop ngga ada batre, jd saat mati lampu laptop ikutan mati

  5. gak tau apa jadinya kalau ram rusak, pastinya kerjaan terganggu banget, kuliah juga.. tapi untung ada postingan ini.. jadi saya bisa praktik perbaiki ram sendiri hehe.

  6. Boleh ni cara, semoga berhasil dan lancar
    kalau ram rusak,komputer gangguan kerjaan terganggu bikin ribet

  7. terimakasih infonya kakak.
    kemarin sempet komputer kantor , tidak mau nyala sama sekali
    tetapi tidak biasanya komputer tidak berbunyi ” beep” di awal starting.

    coba bongkar ram nya ternyata bisaa..

  8. terimakasih infonya bro boleh dicoba dan membantu sekali, jadi saya bisa praktik perbaiki ram sendiri

  9. kemaren saya minat buat nambah ram laptop asus x411s punya saya, terus nyari tutor diyoutube. ternyata oh ternyata laptop ini mengunakan ramTanam kayak baterai tanam kagak bisa bisa di cabut, nasib nasib

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.