7 Cara Sukses Mengatasi Microsoft Office Word Has Stopped Working

Microsoft Office Word Has Stopped Working – Microsoft Office bisa dikatakan software yang wajib diinstall di komputer atau laptop. Banyak sekali manfaatnya dari software ini, sehingga software Microsoft Office dapat membantu untuk mempermudah pekerjaan Anda di komputer.

Baca Juga : 10 Trik Microsoft Office Word Wajib Tahu Untuk Mempercepat Pekerjaan Anda

Namun terkadang Microsoft Office seperti Office Word tidak bisa digunakan. Salah satu contohnya adalah Office Word mengalami gangguan Microsoft Office Word Has Stopped Working.

Dan memang jika kasus tersebut saat ini sedang terjadi terhadap Microsoft Office Anda, maka Anda otomatis tidak akan bisa bekerja dengan software tersebut. Bagaimana cara mengatasinya? Disini saya akan coba menjelaskan solusinya. Tidak hanya satu solusi saja. Saya akan coba menjelaskan sebanyak tujuh solusi. Silakan Anda praktikkan satu persatu, mana yang sukses!

Berikut 7 Cara Mengatasi Microsoft Office Word Has Stopped Working

Metode 1 – Repair Office 2016/2013/2010/2007

Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan Repair pada Microsoft Office. Caranya, dari Start lalu klik Control Panel kemudian klik Programs and Features. Anda cari Microsoft Office yang sudah terinstall di komputer atau laptop. Jika sudah ketemu, klik Microsoft Office dan klik lagi Change.

Sekarang Anda pilih Repair lalu klik Continue. Tunggu beberapa saat, karena sekarang Microsoft Office sedang melakukan Repair. Jika sudah selesai klik Finish dan silakan Restart komputer atau laptop Anda.

Metode 2 – Disable All Add-Ins

Jika cara pertama diatas masih gagal, silakan lakukan cara kedua. Cara kedua ini adalah menonaktifkan semua Add-Ins yang terpasang di Microsoft Office khususnya di Office Word.

Lalu bagaimana untuk membuka Office Word, sedangkan Office Word saat ini sedang Has Stopped Working?

Tugas Anda sekarang adalah membuka Office Word dalam kondisi Safe Mode. Untuk membuka Office Word ketika Safe Mode adalah, silakan klik Start lalu Run. Atau langkah cepatnya dengan menekan Logo Windows+R pada keyboard. Ketikkan perintah berikut pada kolom Run, lalu Enter :

winword.exe /a

Setelah Office Word berhasil dibuka dalam kondisi Safe Mode, Anda klik Office Button kemudian Word Options.

Klik Add-Ins lalu cari Add-Ins yang ingin dinonaktifkan fungsinya. Saya sarankan Anda untuk melakukan Disable semua Add-Ins dulu. Hal ini untuk mengecek apakah sumber Has Stopped Working Office Word dari Add-Ins atau bukan.

Metode 3 – Install Update Terakhir Microsoft Office

Jika kedua cara diatas masih gagal juga, cara ketiga adalah dengan menginstall update terakhir Microsoft Office (Latest Updates). Karena bisa saja Microsoft Office Anda tidak bekerja karena Office sudah usang.

Silakan Anda klik link https://www.microsoft.com/en-us/download/office.aspx dan temukan update Microsoft Office. Download kemudian Anda install di komputer atau laptop.

Metode 4 – Menghapus Word Data Di Registry Key.

Lanjut ke metode empat jika ketiga metode diatas tidak mempan juga. Untuk langkah ini adalah dengan mengahpus Word Data yang ada di Registry Key.

Caranya sangat mudah, Anda harus masuk dulu ke Start kemudian Run. Dikolom Run Anda ketik regedit dan Enter. Langkah selanjutnya tergantung versi Office Anda. Anda bisa sesuaikan dengan versi Office yang terinstall di komputer atau laptop.

  • Word 2002 : HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft \Office\10.0\Word\Data
  • Word 2003 : HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\ Office\11.0\Word\Data
  • Word 2007 : HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\ Office\12.0\Word\Data
  • Word 2010 : HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Office\14.0\Word\Data
  • Word 2013 : HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Office\15.0\Word
  • Word 2016HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Office\16.0\Word

Klik kanan pada Data kemudian klik pilih Delete. Atau klik folder Data kemudian klik menu Edit dan pilih Delete. Setelah itu restart komputer atau laptop Anda.

Metode 5 – Hapus Driver Printer

Cara kelima adalah dengan mengahpus Driver Printer yang terpasang di komputer atau laptop Anda. Bisa saja Office Word Anda tidak bekerja secara optimal disebabkan oleh driver printer.

Untuk menghapus driver printer, silakan Anda klik Start kemudian Devices and Printers. Klik kanan pada printer yang ingin dihapus drivernya kemudian klik Remove Device.

Metode 6 – Hapus Software Yang Terhubung Dengan Office

Saat ini banyak software yang terhubung dengan Office. Artinya software tersebut bisa dijalankan melalui pintu Office. Salah satu contohnya software NitroPDF, ABBYY FineReader, Al Qur’an Digital, dan sebagainya.

Jika memang Anda pernah menginstall software yang terhubung dengan Office Word, silakan Anda hapus (Uninstall) terlebih dahulu. Untuk Uninstall Software bisa Anda lakukan dari halaman Control Panel > Programs and Features.

Metode 7 – Lakukan Install Ulang Microsoft Office

Ini adalah metode terakhir yaitu melakukan install ulang kembali pada Microsoft Office. Silakan Anda hapus atau uninstall terlebih dahulu Software Microsoft Office dari halaman Control Panel > Programs and Features. Kemudian Anda install kembali Software Microsoft Office sampai selesai.

Baca Juga : Cara Mengatasi Office Word 2007 Yang Error Tidak Bisa Dibuka Di Windows 7

Ok mungkin hanya itu saja artikel Cara Mengatasi Microsoft Office Word Has Stopped Working. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan solusi terhadap Office Word Anda yang tidak bisa bekerja secara optimal. Sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses selalu …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. Saya sering mengalami masalah ini ketika buka tab banyak dalam membuat soal ujian untuk anak-anak.
    Terimakasih gan atas tutorialnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.