Home / WordPress / Cara Menonaktifkan Plugin WordPress Dari cPanel Dengan 5 Langkah Mudah

Cara Menonaktifkan Plugin WordPress Dari cPanel Dengan 5 Langkah Mudah

Cara Menonaktifkan Plugin Dari cPanel – Untuk kamu yang menggunakan plugin bagi websitemu. Mungkin bertanya-tanya adakah cara menonaktifkan plugin yang mudah. Sebenarnya ada cara mudah untuk kamu yang ingin menonaktifkan plugin.

Baca Juga : Cara Menonaktifkan Plugin WordPress Melalui phpMyAdmin cPanel

Bagi kamu yang mencari langkah mudah, cara menonaktifkan plugin dari cPanel berikut ini patut untuk kamu coba. Cukup melalui 5 langkah mudah dan pluginmu akan otomatis dinonaktifkan. Berikut ini langkah-langkah menonaktifkan plugin dengan cPanel :

Mengenal Plugin Dan cPanel

Sebelum mulai membahas langkah-langkah mudah dalam menonaktifkan plugin melalui cPanel baiknya kita bahas terlebih dahulu tentang plugin dan cPanel. Sebenarnya kedua kata ini pasti sudah cukup akrab di telinga para peselancar dunia internet. Namun memang tidak banyak yang dapat mendefinisikannya. Jadi sebenarnya apa definisi plugin dan cPanel? Inilah penjelasannya :

1. Plugin

Plugin mungkin menjadi salah satu kata yang cukup familiar di dunia internet. Tapi sebenarnya apa arti plugin sendiri? Jadi plugin sendiri dapat diartikan sebagai aplikasi dengan ukuran kecil yang ditanamkan ke dalam aplikasi dengan kapasitas yang lebih besar. Tujuannya untuk membuat aplikasi yang besar ini memiliki fungsi yang semakin maksimal. Plugin dapat disebut sebagai perangkat aplikasi tambahan. Isinya berbagai macam coding yang nantinya bertujuan meningkatkan fungsi utama dari aplikasi sumbernya.

2. cPanel

Jika sudah membahas tentang plugin selanjutnya kita akan membahas tentang cPanel. Sebenarnya pengertian cPanel adalah control panel yang terhubung secara online. Dapat dikatakan juga cPanel adalah sebuah control panel untuk web hosting. Sebagai pengatur website tentu cPanel memiliki beberapa fitur. Mulai dari fitur untuk mengatur website, email hingga berbagai hal lainnya.

Langkah Menonaktifkan Plugin Dari cPanel

Sekarang kita masuk ke pembahasan cara menonaktifkan plugin dari cPanel. Ada lima langkah mudah yang diperlukan untuk menonaktifkan plugin dari cPanel. Berikut langkah-langkahnya :

1. Masuk Ke cPanel

Pertama yang harus kamu lakukan adalah masuk ke cPanel. Cara masuk ke cPanel dapat melalui beberapa cara. Melalui IP, Nama Domain, terakhir lewat Server Name. Pilih yang paling mudah menurutmu. Setelah sampai di halaman login cPanel kamu harus memasukkan username dan password. Klik login. Kemudian tunggu sampai kamu masuk ke halaman utama cPanel.

2. Pilih Menu File Manager

Jika kamu sudah masuk ke halaman utama cPanel selanjutnya kamu cari opsi File Manager. Klik menu file manager. Tunggu sampai kamu dihantarkan ke halaman utama dari file manager.

3. Masuk Ke Folder Plugin

Kalau kamu sudah masuk ke halaman utama dari file manager yang seharusnya kamu lakukan adalah mencari folder public_html dari WordPressmu. Cari folder tersebut hingga ketemu. Jika sudah kamu temukan selanjutnya kamu dapat membuka folder tersebut. Lalu, cari folder dengan nama wp-content. Di folder wp-content tersebut terdapat folder plugin. Selanjutnya kamu harus masuk ke dalam folder plugin tersebut.

4. Nonaktifkan Plugin Bermasalah

Di folder plugin kamu akan menemukan daftar dari plugin yang kamu gunakan. Cari plugin yang menurutmu bermasalah. Untuk menonaktifkannya ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan.

Pertama adalah dengan melakukan perubahan nama pada plugin. Caranya dengan melakukan klik kanan lalu pilih Rename. Ubah nama folder yang kamu pilih sesuai dengan keinginanmu. Ketika folder tersebut telah berubah nama, otomatis plugin tersebut tidak bisa lagi digunakan. Lalu, jika kamu ingin mengaktifkannya kembali cukup rubah nama plugin sesuai dengan nama awal.

Kamu juga dapat menonaktifkan plugin dengan cara merubah File Permission. Jadi file permision awal kamu ubah menjadi 0000. Untuk mengaktifkan kembali plugin tersebut caranya cukup mudah. Caranya adalah dengan kamu memasukan angka file permission 0644 untuk jenis file dan 0755 untuk jenis folder. Maka pluginmu akan kembali aktif.

5. Hapus Plugin Yang Diinginkan

Plugin juga dapat dinonaktifkan ketika plugin tersebut dihapus dari folder. Kamu juga melakukan penghapusan plugin dari cPanel. Caranya cukup mudah yaitu dengan memilih plugin yang akan dihapus. Selanjutnya klik opsi Delete. Maka otomatis file pluginmu akan terhapus dan tidak dapat aktif kembali.

Baca Juga : 6 Plugin SEO WordPress Terbaik 2018 Yang Mudah Digunakan Oleh Pemula

Langkah-langkah tersebut adalah cara yang dapat kamu gunakan untuk menonaktifkan plugin melalui cPanel. Cara Menonaktifkan Plugin Dari cPanel tersebut memang lebih mudah dan sederhana. Bagi kamu yang kesulitan menonaktifkan plugin baiknya mencoba langkah-langkah seperti di atas.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.