Cara Mudah Mengembalikan Pesan WhatsApp Yang Sudah Terhapus Meski Ganti HP

Cara Mengembalikan Pesan WhatsApp Yang Terhapus 01

Cara Mengembalikan Pesan WhatsApp Yang Terhapus – Ketika pesan WhatsApp terhapus baik disengaja atau tidak disengaja, Kamu tidak perlu panik. Disini saya akan memberikan cara ajaib untuk mengembalikan pesan penting yang sebelumnya sudah tersimpan di WhatsApp. Meskipun Kamu sudah ganti HP, pesan WhatsApp ini masih bisa diselamatkan.

Baca Juga : Cara Menghapus Untuk Semua Pesan WhatsApp Meski Sudah Lewat 7 Menit

Memang pada umumnya ketika Kamu ganti HP maka secara otomatis semua pesan WhatsApp akan terhapus. Semua dokumen yang awalnya sudah tersusun rapi tersimpan di WhatsApp akan hilang ketika Kamu berganti smartphone. Padahal Kamu menginginkan semua dokumen tersebut untuk dikembalikan. Pasalnya dokumen tersebut sangat penting. Kamu sebelumnya lupa menyimpan dokumen tersebut di memori eksternal HP.

Tidak perlu panik! Saya disini akan memberikan cara jitu yang bisa Kamu lakukan untuk mengembalikan pesan WhatsApp yang terhapus.

Cara Mengembalikan Pesan WhatsApp Yang Terhapus

1. Backup Semua Data Obrolan WhatsApp ke Google Drive

Kunci utama agar semua pesan WhatsApp bisa Kamu kembalikan meskipun sudah ganti HP adalah, Kamu harus rutin melakukan backup data WhatsApp ke akun Google Drive. Jika hal ini sebelumnya tidak pernah Kamu lakukan, maka jangan mengharap bahwa data penting Kamu bisa dikembalikan.

Sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan, misal HP Kamu tiba-tiba rusak, maka silakan mulai sekarang untuk rajin melakukan backup data WhatsApp ke Google Drive. Untuk melakukan backup data ini caranya cukup mudah. Secara otomatis fitur backup data WhatsApp ke Google Drive sudah terpasang. Kamu tinggal melakukan sedikit pengaturan saja.

Meskipun Kamu gonta ganti Handphone, data penting Kamu bisa dikembalikan. Data WhatsApp Kamu akan tersimpan secara online di akun Google Drive. Suatu saat jika Kamu butuhkan tinggal melakukan restore saja.

Untuk menikmati fitur ini, sebelumnya Kamu harus sudah mengaktifkan fitur Backup WhatsApp ke Google Drive. Caranya simak penjelasan berikut :

Cara Backup Data WhatsApp ke Google Drive

Silakan Kamu buka aplikasi WhatsApp di HP, kemudian Kamu pilih tombol Menu (simbol titik tiga) di pojok kanan atas. Selanjutnya Kamu pilih Setting atau Setelan.

Cara Mengembalikan Pesan WhatsApp Yang Terhapus 02

Setelah tampilan Setting atau Setelan aktif, langkah selanjutnya silakan Kamu pilih Chat atau Obrolan. Kemudian Kamu pilih lagi Chat Backup atau Cadangan Chat.

Jika Kamu baru pertama membuka fitur backup data di WhatsApp ini, maka Kamu akan diminta untuk menghubungkan akun WhatsApp dengan Google Drive. Kamu tinggal menghubungkan akun Google yang sebelumnya Kamu gunakan untuk mengaktifkan Google Play Store. Satu akun Google bisa Kamu gunakan untuk semua fitur yang dimiliki oleh Google.

Jika WhatsApp sudah terhubung dengan akun Google Drive, Kamu tinggal pilih tombol Backup atau Cadangkan. Silakan Kamu tentukan frekuensi backup data WhatsApp yang Kamu inginkan. Setiap berapa lama sekali WhatsApp secara otomatis melakukan backup data ke Google Drive. WhatsApp akan melakukan backup seluruh data WhatsApp Kamu secara otomatis sesuai dengan frekuensi yang telah Kamu setting sebelumnya.

2. Pulihkan Semua Data WhatsApp dari Akun Google Drive

Setelah Kamu melakukan pengaturan backup otomatis ke Google Drive, kedepannya Kamu tidak perlu khawatir kehilangan data penting lagi. Ketika Kamu ganti HP, semua data tersebut tinggal dipulihkan saja.

Untuk mengmbalikan pesan WhatsApp yang sudah terhapus di Google Drive, Kamu harus melakukan langkah-langkah berikut ini.

Ketika Kamu ganti HP dan setelah menginstall aplikasi WhatsApp, secara otomatis WhatsApp akan menawarkan untuk melakukan pemulihan riwayat obrolan. Nah pada tahap ini silakan Kamu pulihkan semua data tersebut dengan menghubungkan kembali WhatsApp ke akun Google Drive. Tentunya nomor WhatsApp  dan akun Google Drive harus sama dengan akun ketika proses backup diatas.

Baca Juga : 3 Cara Terbaru Keluar Dari Grup WhatsApp Tanpa Ketahuan Anggota Lain

Kini data-data penting Kamu bisa diselamatkan meskipun Kamu sudah ganti Handphone atau Smartphone. Bagaimana mudah bukan? Silakan selamat mencoba trik ini dan semoga artikel Cara Mengembalikan Pesan WhatsApp Terhapus ini ada manfaatnya. Sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses selalu …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. Kalo lupa backup chat nya gimana ya mas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.