Cara Mengubah Otomatis Semua URL HTTP Menjadi HTTPS Dalam Sekejap

Cara Mengubah URL HTTP Menjadi HTTPS – Meskipun URL HTTP bisa dialihkan secara otomatis ke HTTPS, namun alangkah baiknya jika semua URL yang masih menggunakan struktur HTTP kita ubah menjadi HTTPS. Hal ini untuk menghindari informasi sambungan tidak aman di pemberitahuan browser. Itulah salah satu alasan kalau browser masih memberikan informasi “sambungan tidak aman” meski website atau blog sudah menggunakan Sertifikat SSL (HTTPS).

Baca Juga : Cara Mudah Redirect Otomatis Dari HTTP Ke HTTPS ~ Pengalihan Semua URL

Setelah Anda sukses mengaktifkan SSL di WordPress, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengubah semua URL HTTP menjadi HTTPS. Karena ketika website atau blog sudah menggunakan HTTPS, maka URL HTTP sebelumnya tidak akan berubah secara otomatis. Anda bisa mengubahnya secara manual satu persatu.

Jika website atau blog masih baru, atau jumlah artikel masih sedikit tentunya bukan hal yang susah untuk mengubah URL HTTP menjadi HTTPS. Bagaimana kalau jumlah artikel sudah banyak? Belum lagi ditambah dengan URL gambar-gambar. Jika demikian maka hal ini bisa menyita waktu Anda kalau mengubah URL secara manual.

Bagi pengguna WordPress tidak perlu khawatir, karena di WordPress ada plugin yang bisa kita manfaatkan fungsinya untuk mengubah URL HTTP menjadi HTTPS secara otomatis. Jika Anda menggunakan plugin, Anda cukup memerlukan waktu beberapa detik saja.

Berikut Cara Mengubah URL HTTP Menjadi HTTPS Secara Otomatis Menggunakan Plugin

Plugin apa yang dimaksud? Anda bisa menggunakan plugin Velvet Blues Update URLs. Silakan download dan install terlebih dahulu plugin Velvet di website atau blog Anda. Untuk install bisa melalui Dashboard atau dari halaman cPanel Hosting.

Saya rasa disini tidak perlu lagi menjelaskan bagaimana cara download dan install plugin Velvet. Saya anggap saat ini Anda sudah sukses melakukannya.

Sebelum melakukan tindakan ini, pastikan kalau Sertifikat SSL sudah aktif dan sudah bisa diakses dengan normal.

Setelah selesai download dan install plugin Velvet, untuk menjalankan plugin ini silakan Anda masuk ke menu Tolls > Update URLs.

Pada Step 1 cukup memasukkan URL yang ingin diubah pada kolom Old Site Address kemudian isi juga URL baru pada kolom New Site Address. Selanjutnya Anda perlu mencentang semua pilihan pada Step 2 kemudian klik pilih tombol Update URLs NOW.

Seketika setelah plugin Velvet bekerja maka semua URL website atau blog berubah. Jika sudah selesai menggunakan plugin Velvet, Anda bisa menghapus kembali plugin ini. Hal ini untuk meminimalisir jumlah plugin yang terinstall di WordPress Anda.

Bagaimana mudah bukan? Silakan selamat mencoba dan semoga artikel Cara Mengubah URL HTTP Menjadi HTTPS ini ada manfaatnya. Sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses selalu …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

4 comments

  1. kalo setting lewat .htaccess gimana gan?
    kebetulan hosting saya tidak di install ssl nya

    Oh iya gan jangan lupa kunjungi juga blog saya, disana kami memberikan tutorial-tutorial tentang bahasa pemrograman

  2. terimakasih gan artikelnya..

  3. terimakasih banyak berkat panduannnya saya bisa melakukannya sendiri makasih banyak ya min love u post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.