Home / WordPress / Cara Setting Google Search Console & Google Analytic Setelah Mengaktifkan SSL

Cara Setting Google Search Console & Google Analytic Setelah Mengaktifkan SSL

Cara Setting Google Search Console Setelah SSL – Setelah website atau blog selesai mengaktifkan Sertifikat SSL, langkah selanjutnya adalah Anda perlu melakukan beberapa pengaturan di Google Search Console dan Google Analytic. Hal ini untuk menyinkronkan URL website atau blog dengan robots Google.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan SSL Comodo Di WordPress Hanya Dalam Beberapa Menit Saja

Sebelum melakukan tindakan ini, sebaiknya Sertifikat SSL sudah aktif dan bisa diakses dengan normal. Website atau blog Anda sudah bisa diakses menggunakan URL HTTPS.

Untuk mengetahui apakah website atau blog Anda sudah aktif atau belum, silakan simak caranya pada artikel Cara Mudah Redirect Otomatis Dari HTTP Ke HTTPS.

Berikut Beberapa Hal Yang Harus Disetting Di Google Search Console dan Google Analytic

1. Settings Google Search Console

Google Search Console adalah fitur baru Google setelah Google Web Master Tools. Ketika Anda selesai mengaktifkan Sertifikat SSL di website atau blog, maka ada beberapa hal yang harus disetting di Google Search Console.

Anda perlu menambahkan properti URL baru di halaman Google Search Console. Caranya setelah berhasil login di Google Search Console, silakan pada kolom Telusuri properti Anda klik pilih Tambahkan properti.

Kemudian pada kolom URL yang telah disediakan silakan Anda ketik tautan website atau blog yang sudah menggunakan Sertifikat SSL, lalu klik TERUS. Tunggu beberapa saat hingga Anda memperoleh informasi sukses.

Setelah sukses menambahkan URL baru di Google Search Console, langkah selanjutnya Anda perlu memperbarui tautan sitemap xml. Jika WordPress Anda menggunakan plugin Google XML Sitemaps, maka biasanya akan memiliki tautan https://namadomain.sitemap.xml. Namun jika Anda menggunakan sitemap xml dari plugin Yoast SEO, maka struktur tautannya adalah https://namadomain/sitemap_index.xml untuk homepage, https://namadomain/post-sitemap.xml untuk post, dan https://namadomain/page-sitemap.xml untuk page.

Baca Juga : Cara Membuat Sitemap XML Di WordPress Paling Mudah

Selesai mengisi tautan sitemap xml, silakan langkah selanjutnya Anda klik KIRIM.

2. Settings Google Analytic

Untuk setting di Google Search Console sudah selesai. Langkah selanjutnya Anda perlu melakukan sedikit pengaturan di halaman Google Analytic. Silakan Anda login di Google Analytic kemudian klik ADMIN.

Langkah selanjutnya Anda klik Setelan Properti.

Disini Anda cukup memilih URL Default saja, yang semula HTTP menjadi HTTPS.

Selesai! Biasanya URL HTTPS agar tampil sempurna di Search Engine Google memerlukan waktu beberapa hari saja. Hal ini tergantung jumlah artikel yang sudah Anda terbitkan di website atau blog.

Ok mungkin untuk artikel Cara Setting Google Search Console & Google Analytic Setelah Mengaktifkan SSL dicukupkan sekian saja. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses selalu …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. 2mingguan lalu saya juga udah ke https, ternyata ada langkah yg belum saya lakukan di google analytic..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.