Senin, 4 Desember 2023

Cara Reset Ink Level Epson L100, L200, L800 Tanpa SN ID Tinta: Download Software

Cara Reset Ink Level Epson L100, L200, L800 Tanpa SN ID Tinta 01

Info Menarik –¬†Printer Epson L100, L200, dan L800 telah menjadi pilihan yang populer bagi banyak pengguna di seluruh dunia, terutama bagi mereka yang mencari kualitas cetakan tinggi dengan biaya yang terjangkau. Namun, salah satu tantangan yang sering dihadapi oleh pengguna Epson adalah masalah reset ink level ketika tinta telah habis atau berkurang. Meskipun biasanya harus menggunakan Serial Number ID (SN ID) tinta untuk mereset ink level, kami akan memberi tahu Kamu cara mereset ink level tanpa SN ID tinta. Simak panduan ini dengan cermat!

Baca Juga: Panduan Lengkap: Cara Reset Printer EPSON L800 dengan Aplikasi Resetter Gratis

Alasan Reset Ink Level EPSON L100, L200, L800 Tanpa SN ID Tinta

Sebelum kita masuk ke langkah-langkah reset ink level, penting untuk memahami mengapa Kamu mungkin perlu melakukannya. Ini adalah beberapa alasan mengapa Kamu ingin mereset ink level pada printer Epson L100, L200, atau L800:

1. Penghematan Biaya

Pertama, tinta printer saat ini cukup mahal, dan terkadang peringatan ink level rendah muncul bahkan jika masih ada tinta yang cukup dalam tabung. Dengan mereset ink level, Kamu dapat terus mencetak tanpa harus mengganti kartrid tinta yang sebenarnya masih memiliki cukup tinta. Ini dapat menghemat uang Kamua dalam jangka panjang.

2. Cetak Lanjutan

Kemudian, ketika printer Epson mendeteksi bahwa ink level rendah, biasanya ia akan menghentikan kemampuan Kamu untuk mencetak lebih lanjut. Ini dapat sangat mengganggu jika Kamu memiliki pekerjaan penting yang perlu Kamu selesaikan. Dengan mereset ink level, Kamu dapat melanjutkan mencetak tanpa hambatan, meskipun mungkin Kamu harus mengganti kartrid tinta lebih awal atau mengisi ulang tinta.

3. Menghindari Keborosan

Selanjutnya terkadang, peringatan ink level rendah muncul ketika masih ada cukup tinta dalam tabung, tetapi printer tetap berhenti mencetak. Dengan mereset ink level, Kamu dapat menghindari pemborosan tinta yang tidak perlu.

4. Ketidakpastian Pemakaian Tinta

Kemudian, tidak selalu mudah untuk menentukan seberapa banyak tinta yang sebenarnya digunakan oleh printer. Dengan mereset ink level, Kamu dapat mereset hitungan tinta yang telah digunakan oleh printer, memberi Kamu gambaran yang lebih akurat tentang pemakaian tinta sebenarnya.

Baca Juga: Cara Reset Epson L3110 Lengkap dengan Download Resetter Gratis Tinggal Pakai

Cara Reset Ink Level Epson L100, L200, dan L800 Tanpa SN ID Tinta

Penting untuk Kamu ingat bahwa mereset ink level tanpa Serial Number ID (SN ID) tinta dapat memiliki beberapa risiko. Ini termasuk risiko mencetak dengan tinta yang benar-benar habis, yang dapat merusak printer Kamu. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu mengikuti panduan yang benar-benar tepat untuk model printer Kamu dan pertimbangkan dengan hati-hati sebelum mereset ink level.

Langkah 1: Persiapkan Bahan yang Dibutuhkan

Pertama, sebelum memulai proses reset, pastikan Kamu memiliki semua bahan yang dibutuhkan:

  • Printer Epson L100, L200, atau L800 yang ingin Kamu reset.
  • Komputer atau laptop yang terhubung ke printer.
  • Program resetter Epson, seperti “SSC Service Utility” atau “WIC Reset Utility.” Kamu dapat mengunduhnya di website Info Menarik.

Langkah 2: Download Program Resetter

Kemudian, untuk memudahkan dalam melakukan reset ink level, saya akan memberikan software tersebut. Silakan Kamu download pada link yang sudah saya sediakan di bawah ini:

Nama Resetter WIC Reset Utility
Versi 5.0.21
Support Windows 7, 8, 8.1, 10, 11 (32bit/64bit)
Download Link Reset Ink Level Epson L100, L200, dan L800
Jika link download di atas tidak berfungsi atau error, silakan Kamu beritahu pada halaman kontak.

Langkah 3: Install Program Resetter

Kemudian, setelah mengunduh program resetter di atas, instal di komputer atau laptop Kamu. Pastikan program ini kompatibel dengan model printer Kamu.

Langkah 4: Siapkan Printer

Selanjutnya, pastikan printer Kamu dalam keadaan menyala dan terhubung ke komputer melalui kabel USB.

Langkah 5: Jalankan Program Resetter

Kemudian, buka program resetter yang sudah Kamu instal. Program ini akan mendeteksi printer Epson yang terhubung.

Langkah 6: Pilih Model Printer

Selanjutnya, di dalam program resetter, pilih model printer Kamu, yaitu Epson L100, L200, atau L800. Pastikan kalau printer Epson sudah terdeteksi dengan benar oleh WIC Reset. Jika belum, silakan klik Refresh detected printers list.

Langkah 7: Reset Ink Level

Setelah memilih model printer, klik Reset ink levels > Continue > Yes > Done.

Cara Reset Ink Level Epson L100, L200, L800 Tanpa SN ID Tinta 02

Langkah 8: Selesai

Setelah proses reset selesai, matikan printer Kamu, lalu hidupkan kembali. Ink level seharusnya sudah direset, dan Kamu dapat melanjutkan mencetak seperti biasa.

Kemudian, software WIC Reset ini bukan hanya untuk reset ink level printer EPSON L100, L200, dan L800 saja. Kamu bisa mengetahuinya pada tab Supported models untuk mengetahui printer apa saja yang mendukung selain printer Epson L100, L200, dan L800. Bahkan WIC Reset bisa Kamu gunakan untuk reset ink level printer Canon.

Baca Juga: Download Resetter Epson L1110 Gratis, Lengkap Panduan Cara Reset Hingga Selesai

Kesimpulan

Merupakan hal yang wajar jika Kamu ingin menghemat tinta dan menghindari pemborosan saat menggunakan printer Epson L100, L200, atau L800. Dengan mengikuti panduan di atas, Kamu dapat mereset ink level tanpa SN ID tinta dengan mudah. Ingatlah untuk selalu menggunakan tinta berkualitas dan merawat printer Kamu dengan baik untuk hasil cetakan yang optimal. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Kamu dalam menjaga kualitas cetakan dan menghemat biaya tinta!

Jika Kamu memiliki pertanyaan atau masukan tambahan, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami siap membantu Kamu!

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

4 comments

  1. egie

    saya sudah mencobanya dan sudah download. tapi hasil nya sama saja . klo tinta tetap tidak terisi full gimana?tolong dikasih pencerahannya

  2. Andri setiawan

    Terimakasih atas infonya gan semoga yang maha kuasa membalas semua kebaikan agan sekarang printer saya sudah normal kembali..thank’s

  3. reklame kilat

    trims gan, berhasil

  4. juremi

    terima kasih
    sangat membantu boss

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.