Home / Software / 4 Cara Screenshot di Komputer Yang Paling Mudah Tanpa Aplikasi

4 Cara Screenshot di Komputer Yang Paling Mudah Tanpa Aplikasi

Cara Screenshot di Komputer 1

Info Menarik – Membuat screenshot atau tangkapan layar menjadi hal yang cukup diperlukan bagi sebagian orang. Entah untuk mengambil tangkapan gambar yang diperlukan atau menyimpan hal lain yang penting untuk disimpan. Lalu, tahukah Anda bagaimana cara screenshot di komputer?

Fungsi Screenshot di Komputer

Screenshot atau yang dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai tangkapan layar merupakan suatu proses untuk mengambil gambar dari suatu proses yang sedang berjalan di layar Anda. Baik smartphone ataupun komputer memang memiliki fitur khusus yang digunakan sebagai cara untuk screenshot.

Baca Juga : Cara Print Screen (ScreenShot) Tampilan Komputer Sekaligus Dengan Kursor Mouse

Fungsi dari screenshot atau tangkapan layar sendiri terbilang sederhana, misalnya ketika Anda sedang membaca suatu informasi penting yang sedang Anda buka di browser di komputer, dan Anda membutuhkan untuk menyimpan informasi tersebut, maka gunakan screenshot tadi untuk menyimpannya.

Cara screenshot di komputer sendiri akan berbeda jika dilakukan dengan smartphone. Sementara itu untuk format hasil tangkapan layar atau screenshot yang dilakukan di komputer biasanya akan berbentuk .png ataupun .jpeg tergantung pengaturan yang ada dalam komputer tersebut.

4 Cara Screenshot di Komputer Bahkan Tanpa Aplikasi

Nah, setelah mengetahui definisi dan fungsi dari screenshot pertanyaan sekarang adalah, bagaimana cara screenshot di komputer ataupun laptop? Apakah cara yang dibutuhkan mudah?

Maka jawabannya adalah iya. Sangat mudah sekali untuk melakukan tangkapan layar atau screenshot ini hanya saja, memang banyak orang yang belum untuk mengetahuinya. Bahkan untuk melakukan screenshot di komputer, Anda tidak perlu memasang aplikasi atau software lain. Anda cukup mengandalkan aplikasi bawaan dari komputer itu sendiri. Dalam hal ini komputer yang menggunakan Operasi Sistem Windows.

Berikut 4 Cara Mengambil Cuplikan Layar di Komputer

1. Dengan Menggunakan Tombol PrtSc

Cara Screenshot di Komputer 2

Cara untuk screenshot di komputer yang pertama adalah dengan menggunakan tombol PrtSc. Pada setiap keyboard yang ada di komputer ataupun laptop pasti terdapat sebuah tombol PrtSc yang merupakan kepanjangan dari PrintScreen. Tombol ini biasanya berada satu deret dengan tombol F1 sampai F12.

Untuk melakukan screenshot dengan menggunakan tombol ini, Anda hanya cukup menekan tombol ini pada layar yang ingin Anda ambil screenshotnya. Setelah itu, buka aplikasi Paint yang juga tersedia pada setiap komputer ataupun laptop, kemudian Paste hasil tangkapan layar yang sebelumnya telah Anda ambil. Dan kemudian simpan hasil tersebut di komputer Anda.

2. Dengan Menggunakan Kombinasi Tombol Windows + Shift + S

Cara Screenshot di Komputer 3
Kemudian, cara untuk screenshot di komputer yang kedua adalah dengan menekan tombol Windows + Shift + S secara bersamaan dari keyboard Anda. Setelah Anda menekan tombol kombinasi tersebut, layar akan berubah menjadi warna abu-abu dan kemudian pilih area yang ingin Anda ambil tangkapan layarnya.

Untuk menyimpan hasil screenshot tersebut Anda harus membuka aplikasi Paint lagi dan Paste kan hasil tangkapan layar tersebut kemudian Simpan/Save.

3. Dengan Menggunakan Aplikasi Snipping Tool

Cara Membuat Cuplikan Layar Komputer
Cara ketiga adalah dengan menggunakan aplikasi yang bernama Snipping Tool. Aplikasi ini juga biasanya terdapat pada setiap komputer dan juga laptop yang terpasang Operasi Windows. Anda cukup membuka aplikasi ini dan memilih bagian layar mana yang ingin Anda ambil tangkapan layarnya.

Untuk menyimpan hasil screenshot juga akan lebih mudah yaitu dengan mengklik ikon Save yang berada pada bagian atas aplikasi tersebut. Hasil tangkapan layar Anda sekarang sudah tersimpan di komputer dan bisa Anda gunakan apa saja untuk keperluan.

4. Dengan Menggunakan Aplikasi Game Bar

Cara Mengambil Tangkapan Layar Komputer
Pada Windows 10 sudah dibekali dengan fitur Game Bar yang memungkinkan kita untuk merekam video ataupun mengambil tangkapan layar di komputer ataupun laptop kita.

Caranya juga cukup mudah, Anda hanya perlu untuk membuka Game Bar dan kemudian tekan tombol Windows + Alt + PrtSc secara bersamaan. Dan hasil dari screenshot layar ini bisa Anda lihat di Data C bagian Videos.

Baca Juga : 2 Cara Screenshot di iPhone 6 dan iPhone 6 Plus Dengan Mudah

Nah, itulah 4 cara screenshot di komputer paling mudah dan sederhana yang bisa Anda praktikkan tanpa harus menggunakan aplikasi lain lagi selain memanfaatkan fitur bawaan Windows. Bagaimana? Sudah tidak bingung lagi kan?

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.