10 Hal Yang Harus Dihindari Ketika Online Menggunakan Facebook, Tidak Ada Alasan!

Hal Yang Harus Dihindari Ketika Online Facebook – Kita tentu sadar kalau Facebook adalah situs jejaring sosial terbesar di dunia. Bahkan secara keseluruhan Facebook merupakan website yang berhasil menempati ranking kedua di dunia setelah Google. Facebook mampu memberikan magnet luar biasa kepada hampir setiap orang di seluruh dunia sehingga mereka berbondong-bondong untuk membuat akun di Facebook. Tidak terlewat juga di negara tercinta kita ini, Indonesia adalah salah satu negara bagian Facebooker United yang artinya dalam jumlah jutaan warga negara Indonesia sudah mempunyai akun Facebook dan aktif online setiap harinya. Umumnya mereka adalah anak-anak muda dan kemudian disusul oleh penggangguran sejati, dan bahkan masyarakat umum ibu-ibu rumah tangga serta tokoh masyarakat tidak mau terlewatkan juga untuk tidak membuat akun Facebook.

Baca Juga : Inilah 5 Cara Hacker Mencuri Data Pengguna Facebook Terbaru Tahun 2016

Facebook sangat kaya fitur dan mudah juga digunakanannya, maka tak heran kalau Facebook cepat terkenal. Tidak berhenti disitu saja, kini banyak aplikasi dan website yang bekerjasama dengan Facebook untuk memberikan pengguna mengakses Facebook tanpa pulsa (gratis). Namun sayangnya dibalik keterkenalan Facebook sebagian orang ada yang menggunakan akun Facebook menjadi salah kaprah. Mereka gunakan Facebook untuk tindakan aksi kejahatan seperti melakukan pemalsuan, penipuan, dan sebagainya.

Hal Yang Harus Dihindari Ketika Online Facebook

Namanya dunia maya ya tetap dunia maya. Jangan sampai kita langsung bisa percaya penuh terhadap orang yang kita kenal dari pertemanan di akun Facebook. Segala tindakan kejahatan bisa terjadi di Facebook bahkan sudah banyak yang terbukti juga member Facebook terperangkap sama ulah member Facebook lainnya (pelaku kejahatan).

Mengingat akan hal itu, untuk mengantisipasi akan tindakan-tindakan kejahatan yang senantiasa akan mengancam diri kita maka disini saya akan berbagi beberapa hal yang harus dihindari atau jangan kita lakukan ketika online menggunakan Facebook. Jangan anggap masalah ini adalah masalah yang sepele! Tahukah Anda bahwa sering kalau masalah sepele nantinya menjadi bumerang dan pemicu munculnya masalah besar.

Inilah 10 Hal Yang Harus Dihindari Ketika Sedang Online Menggunakan Facebook

Disini saya mengelompokkan kedalam 10 hal saja, karena menurut saya 10 hal ini adalah merupakan hal-hal yang sangat penting untuk tidak kita lakukan ketika menggunakan Facebook.

1. Dengan Mudah Memberikan Informasi Lengkap

Seperti yang sudah dibahas diatas kalau fitur Facebook itu sangat lengkap. Namun bukan berati semua kelengkapan itu harus kita gunakan atau manfaatkan. Facebook dilengkapi dengan informasi profil untuk dengan mudahnya diketahui oleh orang lain. Di halaman profil Facebook kita bisa menulis alamat lengkap rumah, status hubungan, nomor telepon, tanggal lahir dan sebagainya. Menurut saya kalau semua data-data tersebut tidak perlu kita tampilkan. Tentunya akan sangat dengan mudah ketika orang lain (pelaku kejahatan) untuk menemukan dan mengakses identitas kita yang terpasang di profil Facebook. Usahakan sebisa mungkin untuk tidak mencantumkan data-data penting pada Profil Facebook. Jika kedepannya ada orang yang membutuhkan data-data Anda dan orang yang bisa dipercaya maka bisa Anda beri saja secara langsung.

2. Ikut Bergabung Dengan Grup Facebook Tidak Jelas

Banyak berdiri grup-grup Facebook setiap harinya yang dibuat oleh pengguna Facebook. Mereka membuat grup Facebook bertujuan sebagai tempat berkumpulnya member Facebook yang memiliki kesamaan hoby. Namun diantaranya banyak juga yang menjadikan grup Facebook sebagai aksi tindakan kejahatan. Oleh karena itu mulai saat ini jangan main bergabung ke grup, namun silakan lihat dulu tentang apa grup Facebook tersebut.

3. Ngobrol (Chating) Bersama Orang Yang Baru Dikenal

Hal ini banyak dilakukan ketika aksi kejahatan sebagai metode untuk menjerat hati lawan member Facebook yaitu dengan mengajak ngobrol dulu lewat chat. Melakukan chat atau ngobrol dengan orang lain yang baru dikenal atau sama sekali tidak Anda kenal itu sangat beresiko. Tidak menutup kemungkinan kalau orang yang mengajak Anda chat adalah orang yang selama ini sedang mengincar-ngincar Anda. Kemudian tidak menutup kemungkinan juga kalau orang yang sudah lama Anda kenal baik akan melakukan tindakan kejahatan melalui ngajak ngobrol lewat chat Facebook. Oleh karena itu berhatilah-hatilah sebelum Anda berkomunikasi lebih jauh lewat chat Facebook.

4. Menganggap Teman dan Dunia Facebook Adalah Nyata

Menganggap teman di Facebook adalah teman nyata adalah salah besar, apalagi jika teman tersebut Anda kenal di Facebook dan belum pernah bertemu di alam nyata. Dunia Facebook adalah dunia maya atau antara ada dan tiada. Ada ketika online dan menggunakan Facebook dan tidak ada ketika offline tidak menggunakan Facebook. Jangan terlalu serius dengan ulah-ulah teman di Facebook dan satu hal lagi jangan sampai terlalu banyak menghabiskan waktu hanya untuk Facebook dibanding kepentingan dunia nyata.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.