Rabu, 20 Oktober 2021

10 Hal Yang Harus Dihindari Ketika Online Menggunakan Facebook, Tidak Ada Alasan!

Hal Yang Harus Dihindari Ketika Online Facebook

Hal yang Harus Dihindari Ketika Online Facebook – Kita tentu sadar kalau Facebook adalah situs jejaring sosial terbesar di dunia. Bahkan secara keseluruhan Facebook merupakan website yang berhasil menempati ranking kedua di dunia setelah Google. Facebook mampu memberikan magnet luar biasa kepada hampir setiap orang di seluruh dunia sehingga mereka berbondong-bondong untuk membuat akun di Facebook.

Tidak terlewat juga di negara tercinta kita ini, Indonesia adalah salah satu negara bagian Facebooker United yang artinya dalam jumlah jutaan warga negara Indonesia sudah mempunyai akun Facebook dan aktif online setiap harinya. Umumnya mereka adalah anak-anak muda dan kemudian di susul oleh penggangguran sejati, dan bahkan masyarakat umum ibu-ibu rumah tangga serta tokoh masyarakat tidak mau terlewatkan juga untuk tidak membuat akun Facebook.

Baca Juga : Inilah 5 Cara Hacker Mencuri Data Pengguna Facebook Terbaru Tahun 2016

Facebook sangat kaya fitur dan mudah juga kita gunakan, maka tak heran kalau Facebook cepat terkenal. Bukan hanya itu saja, kini banyak aplikasi dan website yang bekerjasama dengan Facebook untuk memberikan pengguna mengakses Facebook tanpa pulsa (gratis).

Namun sayangnya di balik keterkenalan Facebook sebagian orang ada yang menggunakan akun Facebook menjadi salah kaprah. Mereka gunakan Facebook untuk tindakan aksi kejahatan seperti melakukan pemalsuan, penipuan, dan sebagainya.

Namanya dunia maya ya tetap dunia maya. Jangan sampai kita langsung bisa percaya penuh terhadap orang yang kita kenal dari pertemanan di akun Facebook. Segala tindakan kejahatan bisa terjadi di Facebook bahkan sudah banyak yang terbukti juga member Facebook terperangkap sama ulah member Facebook lainnya (pelaku kejahatan).

Inilah 10 Hal yang Harus Dihindari Ketika Menggunakan Facebook

Untuk mengantisipasi akan tindakan-tindakan kejahatan yang senantiasa akan mengancam diri kita maka di sini saya akan berbagi beberapa hal yang harus di hindari atau jangan kita lakukan ketika online menggunakan Facebook.

Jangan anggap masalah ini adalah masalah yang sepele! Tahukah Anda bahwa sering kalau masalah sepele nantinya menjadi bumerang dan pemicu munculnya masalah besar.

1. Jangan Mudah Memberikan Informasi Lengkap

Seperti yang sudah saya bahas di atas kalau fitur Facebook itu sangat lengkap. Namun bukan berati semua kelengkapan itu harus kita gunakan atau manfaatkan.

Facebook lengkap dengan informasi profil untuk dengan mudahnya orang lain ketahui. Di halaman profil Facebook kita bisa menulis alamat lengkap rumah, status hubungan, nomor telepon, tanggal lahir dan sebagainya.

Menurut saya kalau semua data-data tersebut tidak perlu kita tampilkan. Tentunya akan sangat dengan mudah ketika orang lain (pelaku kejahatan) untuk menemukan dan mengakses identitas kita yang terpasang di profil Facebook.

Usahakan sebisa mungkin untuk tidak mencantumkan data-data penting pada Profil Facebook. Jika kedepannya ada orang yang membutuhkan data-data Anda dan orang tersebut bisa kita percaya maka bisa Anda beri saja secara langsung.

2. Ikut Bergabung dengan Grup Facebook Tidak Jelas

Banyak berdiri grup-grup Facebook setiap harinya yang dibuat oleh pengguna Facebook. Mereka membuat grup Facebook bertujuan sebagai tempat berkumpulnya member Facebook yang memiliki kesamaan hoby. Namun salah satunya banyak juga yang menjadikan grup Facebook sebagai aksi tindakan kejahatan. Oleh karena itu mulai saat ini jangan main bergabung ke grup, namun silakan lihat dulu tentang apa grup Facebook tersebut.

3. Ngobrol (Chating) Bersama Orang yang Baru Kita Kenal

Hal ini banyak mereka lakukan ketika aksi kejahatan sebagai metode untuk menjerat hati lawan member Facebook yaitu dengan mengajak ngobrol dulu lewat chat. Melakukan chat atau ngobrol dengan orang lain yang baru kita kenal atau sama sekali tidak Anda kenal itu sangat beresiko.

Tidak menutup kemungkinan kalau orang yang mengajak Anda chat adalah orang yang selama ini sedang mengincar-ngincar Anda. Kemudian tidak menutup kemungkinan juga kalau orang yang sudah lama Anda kenal baik akan melakukan tindakan kejahatan melalui ngajak ngobrol lewat chat Facebook. Oleh karena itu berhatilah-hatilah sebelum Anda berkomunikasi lebih jauh lewat chat Facebook.

4. Menganggap Teman dan Dunia Facebook Adalah Nyata

Menganggap teman di Facebook adalah teman nyata adalah salah besar, apalagi jika teman tersebut Anda kenal di Facebook dan belum pernah bertemu di alam nyata. Dunia Facebook adalah dunia maya atau antara ada dan tiada. Ada ketika online dan menggunakan Facebook dan tidak ada ketika offline tidak menggunakan Facebook.

Jangan terlalu serius dengan ulah-ulah teman di Facebook dan satu hal lagi jangan sampai terlalu banyak menghabiskan waktu hanya untuk Facebook daripada kepentingan dunia nyata.

5. Memberitahu Kata Sandi (Password) Facebook Terhadap Orang Lain

Mungkin sekilas kita pikir mana mungkin kata sandi Facebook akan kita berikan terhadap orang lain dengan mudah. Banyak orang yang mengakali kata sandi akun Facebook temannya untuk dikerjain, tapi ini mah malah diberikan secara cuma-cuma. Tapi lain lagi jika kasus ini kejadiannya sama orang yang sedang berpacaran. Biasanya mereka akan saling menukar kata sandi Facebook untuk bisa saling mengetahui aktifitas pasangannya. Celakanya jika hubungan tersebut sudah putus dan lupa kalau kata sandi tidak cepat-cepat diganti maka kemungkinan akun Facebook akan disalahgunakan.

Baca Juga: Cara Mengatasi Lupa Password (Kata Sandi) Akun Facebook Dengan Mudah

Apapun alasannya jangan pernah Anda berikan kata sandi Facebook terhadap orang lain meski orang tersebut dapat Anda percaya. Kecuali jika Anda mengganggap akun Facebook tidak penting dan tidak masalah kalau akun Facebook berhasil orang lain miliki.

6. Menggunakan Nama Palsu di Facebook

Apakah hal ini termasuk yang Anda sering lakukan? Sebagian besar memang benar kalau akun Facebooknya menggunakan Nama Profil Palsu. Karena Facebook itu adalah dunia maya maka dengan menggunakan nama palsu di Facebook maka Facebook akan semakin tidak nyata saja dan hanya kepalsuan yang bertebaran.

7. Menggunggah Terlalu Banyak Foto Pribadi

Di Facebook kita dengan mudahnya dapat mengunggah foto dan tersimpan di Profil Facebook. Foto-foto ini nantinya akan bisa dilihat oleh orang lain yang sama-sama mengakses akun Facebook. Bahkan bukan hanya dilihat saja, orang lain bisa dengan mudah menyimpan foto-foto kita di akun Facebook.

Coba Anda bisa bayangkan sendiri bagaimana kalau foto-foto pribadi Anda mereka salah gunakan sama orang yang tidak bertanggung jawab? Dengan begitu apakah Anda masih mau mengunggah foto terutama foto pribadi di akun Facebook?

Umumnya mereka yang suka mengunggah foto secara masal setiap harinya adalah bagi member yang baru mempunyai akun Facebook. Bukannya tidak boleh mengunggah foto di Facebook, tapi kita harus pintar memilih foto mana yang pantas kita unggah di Facebook. Hanya foto-foto bersifat pribadi yang tidak pantas kita unggah.

8. Lupa Keluar (Logout) di Facebook

Jangan sampai lupa klik keluar atau logout Facebook ketika selesai menggunakan Facebook. Walaupun media browser sekarang sudah canggih yaitu ketika kita klik close browser maka secara otomatis akan mengeluarkan juga website seperti akun Facebook.

Lupa klik keluar (logout) sangat rentan akun Facebook kita akan digunakan oleh orang lain terlebih jika kita online Facebook di warnet.

9. Memperbarui Status Tentang Masalah Pribadi

Saya rasa sangat tidak pantas kita menulis status Facebook yang isinya adalah masalah pribadi. Suka senyum-senyum sendiri jika melihat atau membaca status seperti ini di Facebook. Anda boleh narsis, tapi bukan harus Anda buka ke semua publik. Bisa saja dari status-satus pribadi seperti ini akan memicu orang lain untuk melakukan tindakan kejahatan terhadap Anda.

Hindari juga membuat status marah-marah dan selalu mengeluh. Membuat status yang isinya marah-marah hanya akan membuat bumerang bagi Anda. Hal ini secara langsung memperlihatkan kepribadian negatif Anda terhadap orang lain.

10. Mengaktifkan Aplikasi Facebook yang Kurang Penting

Kelengkapan Facebook juga terdapat aplikasi-aplikasi canggih untuk semakin membuat betah penggunanya. Namun bukan berarti harus semua aplikasi Anda pasang di akun Facebook, buat apa? Bijaksanalah dalam memilih aplikasi Facebook dan gunakan yang menurut Anda sangat penting. Dan ingat satu hal kalau prioritas utama adalah urusan dunia nyata bukan dumay (dunia maya).

Baca Juga: 5 Trik Sederhana Mampu Membuat Akun Facebook Tidak Bisa Dibajak

Ok mungkin hanya itu saja artikel beberapa hal yang harus Anda hindari ketika menggunakan Facebook. Semoga artikel ini ada manfaatnya untuk siapa saja dan jangan sampai Anda salah tanggap dengan artikel ini. Punya pendapat lain tentang larangan ketika menggunakan Facebook? Silakan sampaikan saja di dalam kotak komentar!

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.