3 Hal Penting Untuk Mempercepat Loading Blog WordPress Di GTMetrix

Mempercepat Loading Blog WordPress Di GTMetrix – Salahsatu tugas penting bagi pengelola blog adalah membuat blognya jadi lebih cepat ketika diakses. Karena banyak orang yang meyakininya jika suatu blog ketika diaksesnya ringan maka akan baik dimata mesin pencari seperti Google. Dan tentunya jika blog ramah mesin pencari (SEO Friendly) maka akan semakin banyak artikel yang terindex dengan baik di Search Engine Result Page (SERP).

Baca Juga : Optimalkan Kinerja Loading WordPress Dengan Menghapus Post Revisi

Jika blog cepat ketika diakses maka hal inipun akan membuat nyaman pembaca blog. Tidak sedikit pengunjung yang kabur tanpa menunggu loading blog berhenti, jika blog yang dikunjunginya lama sekali merespon.

Jadi jelas mempercepat loading blog itu mempunyai peranan penting dan harus kita utamakan dalam menyelesaikannya. Bukankah tujuan utama membuat blog adalah agar artikel yang kita tulis bisa terindex oleh mesin pencari? Kemudian jika artikel sudah terindex jangan sampai pembaca blog merasa jera telah berkunjung ke blog kita karena kecepatan blog kita sangat lambat ketika diakses.

Maka dari itu langkah bijaknya adalah berilah perhatian khusus tentang kecepatan blog yang kita kelola. Lalu hal apa saja yang harus kita perbuat agar blog kita menjadi ringan ketika diakses?

Sebenarnya sangat banyak hal-hal penting yang harus kita perbuat agar blog kita menjadi cepat diakses. Jika dibahas dalam satu artikel ini saya yakin tidak akan cukup. Namun disini saya akan memberikan informasi sebanyak 3 hal penting untuk mempercepat loading blog.

Baca Juga : Optimalkan Gambar Web Dengan Plugin WP Smush.it

Sebelum dilanjut, kita meski tahu terlebih dahulu seberapa cepat blog kita jika diakses menggunakan internet. Untuk saat ini banyak tool-tool online gratis yang bisa kita gunakan untuk mengecek kecepatan loading blog. Salah satunya yang dipercaya oleh banyak orang untuk mengetahui kecepatan blog adalah GTMetrix.

Dengan menggunakan tool untuk mengukur kecepatan loading blog seperti GTMetrix maka kita akan tahu seberapa cepatkah loading suatu blog. Silakan Anda coba cek dulu kecepatan loading blognya dengan mengunjungi web GTMtrix.

Score terbaik yang ditunjukkan oleh GTMetrix adalah menurut penilai penilaian PageSpeed dan YSlow. Masing-masing menunjukkan nilai terbaik (maksimal) sejumlah 100%. Untuk mencapai nilai 100% lumayan sulit, dan blog inipun terus terang belum pernah sampai ke nilai tertinggi tersebut. Namun setidaknya nilai kecepatan blog kita jangan sampai menunjukkan kriteria C atau D dan minimal harus B.

Setelah kita melakukan pengecekan kecepatan loading blog di GTMetrix, nanti kita akan tahu berapa nilai kecepatan blog kita menurut tool tersebut, baik dari segi PageSpeed atau YSlow. Dan kita akan bisa mengetahui setiap letak kesalahan yang harus kita perbaiki untuk meningkatkan lagi nilai kecepatan blog.

Salahsatu diantara hal penting yang harus kita perbaiki demi untuk mempercepat loading blog menurut tool GTMetrix adalah kita harus mengaktifkan gzip compression, mengatasi leverage browser caching, dan mengatur pada expires header. Nah ketiga hal tersebut yang saya maksud agar blog kita menjadi lebih ringan ketika diaksesnya.

Tutorial yang akan saya terangkan ini khusus untuk blog CMS WordPress domain self hosting dengan cPanel. Untuk blog selain CMS WordPress bisa dilanjutkan membacanya hanya sekedar pengetahuan saja.

Berikut 3 Hal Penting Sebagai Cara Mempercepat Loading Blog WordPress Di GTMetrix

1. Percepat Loading Blog WordPress Dengan Mengaktifkan GZIP Compression (Enable GZIP Compression)

Hal pertama yang akan kita bahas adalah melakukan untuk mengaktifkan gzip compression atau Enable gzip compression. Untuk mengecek berapa nilai pada Enable gzip compression Anda bisa melihatnya di PageSpeed GTMetrix. Umumnya bagi pengguna web hosting dengan layanan cPanel tidak perlu melakukan konfigurasi lagi. Tetapi ada juga diantaranya web hosting belum mengaktifkan otomatis gzip compression ini sehingga kita sendirilah yang harus melakukannya secara manual.

Gzip compression harus kita aktifkan yang fungsinya untuk memperkecil keseluruhan komponen blog didalamnya. Jika kita telah mengaktifkan gzip compression di web server hosting maka keseluruhan data blog kita akan dikompres menjadi lebih kecil. Sehingga hal ini akan memberikan kecepatan blog ketika sedang diakses.

Ketika blog sedang diakses oleh pengunjung maka web hosting akan mengirim data blog secara lebih cepat lagi. Hal ini karena data-data yang ada di blog kita sudah dikompress oleh web hosting yaitu dengan cara mengaktifkan gzip compression atau Enable gzip compression.

Cara mengaktifkan gzip compression cukup mudah. Pertama silakan Anda login terlebih dahulu di cPanel WEB Hosting. Kemudian dari Software and Services kita pilih Optimize Website.

3 Hal Penting Untuk Mempercepat Loading Blog WordPress Di GTMetrix 1

Kemudian Anda pilih Compress All Content dan klik Update Settings. Tunggu beberapa saat karena sekarang Web Hosting sedang mengkompress seluruh data blog WordPress Anda.

3 Hal Penting Untuk Mempercepat Loading Blog WordPress Di GTMetrix 2

Sampai langkah ini selesai sudah kita melakukan Enable gzip compression. Silakan cek kembali kecepatan blog WordPress Anda di GTMetrix. Apakah sudah berubah nilai skornya di PageSpeed dan YSlow?

2. Percepat Loading Blog WordPress Dengan Mengatasi Leverage Browser Caching

Permasalahan Leverage browsing caching sering dijumpai ketika kita sedang melakukan pengecekan kecepatan blog WordPress menggunakan tool GTMetrix. Hal ini perlu kita perbaiki demi untuk lebih menyehatkan blog kita agar semakin ramping diaksesnya. Jika kita biarkan Leverage browsing caching ini maka kinerja kecepatan loading blog akan menurun.

Kenapa jika kita tidak mengatasi Leverage browsing caching blog maka kinerja kecepatan blog akan menurun? Itu disebabkan karena browser yang kita gunakan tidak bisa menyimpan cache blog kita yang terdiri dari gambar, font, kode-kode, dan lain-lain. Namun sebaliknya jika kita mengaktifkan Leverage browsing caching maka ketika browser ketika sedang mengakses blog akan otomatis menyimpan setiap halaman blog yang diaksesnya dalam bentuk cache. Maka ketika halaman yang telah dibuka pada suatu saat diakses kembali, efeknya menjadi ringan.

Cara mengatasi Leverage browsing caching agar blog WordPress menjadi lebih cepat diaksesnya Anda cukup menambahkan kode dibawah ini di dalam .htaccsess :

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

3 comments

  1. Boleh di coba carany mas, kebetulan saya baru dalam dunia blog dan wordpress,

    mohon bimbingan nya ya

  2. coba ah,,, abis lemot banget,, jadi sebel sendiri…
    terima kasih, semoga cara bisa menerapkan pada blog saya, soalnya saya masih new bie, hehehehe

  3. kok saya sudah coba semua di atas score nya ga ada perubahan yah gan?
    penemoatan code di htt.acces nya bebas atau gmn yah soalnya kan sblumnya udh ad code lain lain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.