Rumus Perkalian, Pembagian, Penjumlahan, dan Pengurangan di Office Excel: Lengkap Contoh

Rumus Perkalian, Pembagian, Penjumlahan, dan Pengurangan di Office Excel 01

Info MenarikOffice Excel adalah salah satu program spreadsheet yang paling populer digunakan di seluruh dunia. Selain sebagai alat bantu analisis data, Excel juga sangat berguna dalam melakukan operasi matematika dasar seperti perkalian, pembagian, penjumlahan, dan pengurangan. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara menggunakan rumus dasar matematika seperti perkalian dan yang lainnya di Excel beserta contoh penggunaannya.

Baca Juga: Download Rumus Terbilang Excel (Add-In) Lengkap dengan Cara Penggunaan

Pentingnya Menguasai Rumus Dasar Matematika di Office Excel

Office Excel adalah salah satu alat produktivitas yang sangat penting dalam dunia bisnis, akademis, dan kehidupan sehari-hari. Menguasai rumus dasar matematika seperti perkalian, pembagian, penjumlahan, dan pengurangan di Excel memiliki sejumlah manfaat yang sangat berarti. Berikut adalah beberapa alasan mengapa penting untuk menguasai rumus-rumus dasar ini:

1. Efisiensi dalam Perhitungan

Pertama, menguasai rumus dasar di Excel memungkinkan Kamu untuk melakukan perhitungan secara cepat dan efisien. Tanpa harus menggunakan kalkulator atau rumus manual, Excel memungkinkan Kamu untuk dengan mudah melakukan operasi matematika dasar pada kumpulan data besar dalam hitungan detik. Hal ini sangat berguna ketika Kamu bekerja dengan data yang rumit atau berukuran besar yang memerlukan perhitungan berulang.

2. Akurasi dan Ketelitian

Kemudian dengan menggunakan Excel untuk melakukan perhitungan matematika dasar dapat meningkatkan akurasi dan ketelitian. Dibandingkan dengan perhitungan manual, kemungkinan kesalahan manusia seperti salah mengetik angka atau menghitung kesalahan dapat Kamu minimalisir. Excel mengikuti aturan matematika yang ketat, sehingga hasilnya lebih dapat Kamu andalkan dan dapat Kamu verifikasi dengan mudah.

3. Analisis Data yang Lebih Kompleks

Selanjutnya rumus dasar matematika merupakan dasar dari banyak fungsi matematika dan analisis data yang lebih kompleks di Excel. Dengan menguasai operasi dasar ini, Kamu dapat dengan mudah membangun rumus-rumus yang lebih kompleks untuk keperluan analisis, seperti rata-rata, median, standar deviasi, dan lainnya. Ini memungkinkan Kamu untuk mendapatkan wawasan lebih mendalam dari data Kamu.

4. Penggunaan Fungsi dan Formula yang Lebih Canggih

Kemudian Excel memiliki berbagai fungsi matematika dan formula yang sangat berguna dalam berbagai bidang, seperti keuangan, statistik, dan ilmu pengetahuan. Namun, untuk menggunakan fungsi-fungsi ini dengan benar, Kamu perlu memahami dasar-dasar matematika, termasuk perkalian, pembagian, penjumlahan, dan pengurangan. Dengan menguasai rumus dasar, Kamu akan lebih siap untuk memahami dan menerapkan fungsi-fungsi yang lebih canggih ini.

5. Penyusunan Laporan dan Grafik yang Lebih Baik

Selanjutnya Excel bukan hanya tentang angka, tetapi juga tentang penyajian data dalam bentuk laporan dan grafik yang menarik. Dengan menguasai rumus dasar, Kamu dapat dengan mudah menghitung data yang Kamu perlukan untuk laporan atau grafik, dan dengan cepat menyusunnya dalam format yang sesuai. Ini memungkinkan Kamu untuk dengan mudah menyampaikan informasi yang kompleks dalam bentuk visual yang lebih mudah dipahami oleh orang lain.

Baca Juga: Panduan Praktis: Cara Membuat Ranking di Office Excel dengan Fungsi atau Rumus RANK

Rumus Perkalian, Pembagian, Penjumlahan, dan Pengurangan di Office Excel

Menguasai rumus dasar matematika seperti perkalian, pembagian, penjumlahan, dan pengurangan di Office Excel sangatlah penting. Kemampuan ini tidak hanya bermanfaat dalam dunia bisnis dan akademis, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari ketika Kamu perlu melakukan perhitungan cepat dan akurat. Dengan menguasai rumus-rumus dasar ini, Kamu akan menjadi lebih percaya diri dan terampil dalam menggunakan Excel untuk berbagai keperluan Kamu.

Berikut adalah rumus dasar matematika yang perlu Kamu pahami dan kuasai dalam penggunaannya:

1. Rumus Perkalian

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa rumus perkalian dalam ilmu matematika adalah menggunakan lambang (x). Namun berbeda dengan rumus perkalian di Office Excel. Di Office Excel rumus perkalian menggunakan operator asterisk (*). Kemudian operator asterisk ini biasanya akan kita temukan pada angka delapan keyboard sambil menekan Shift. Bahkan selain itu dalam mengerjakan perhitungan perkalian di Office Excel bisa menggunakan formula PRODUCT.

Sebagai contoh, saya mempunyai dua nilai yang saya tulis di cell A2 dan cell B2. Kemudian saya merencanakan jumlah nilai A2 dan B2 akan saya simpan pada cell C2, dengan begitu pada cell C2 kita ketik:

=A2*B2

Kemudian tekan Enter pada keyboard.

Rumus Perkalian, Pembagian, Penjumlahan, dan Pengurangan di Office Excel 02

Kemudian selain dapat menggunakan operator asterisk (*) mengerjakan rumus perkalian di Office Excel juga bisa menggunakan formula PRODUCT. Cara mengerjakannya cukup mudah, pada cell C2 atau cell yang ingin kita tempatkan jumlah hasil perkalian ketik

=PRODUCT(A2:B2)

Kemudian tekan Enter pada keyboard.

Rumus Perkalian, Pembagian, Penjumlahan, dan Pengurangan di Office Excel 03

2. Rumus Pembagian

Selanjutnya untuk mengerjakan pembagian dalam ilmu matematika biasanya kita tulis dengan lambang titik dua (:). Namun berbeda dengan rumus pembagian di Office Excel. Pembagian di Office Excel harus dengan menggunakan operator slash (/). Dan hanya satu pilihan saja rumus pembagian di Office Excel yaitu dengan operator slash (/).

Kemudian untuk contoh penggunaannya saya mempunyai data nilai masih sama dengan contoh pengerjaan perkalian di atas. Saya-pun ingin menempatkan hasil pembagian pada cell C2 maka kita ketik:

=A2/B2

Selanjutnya tekan Enter pada keyboard.

Rumus Perkalian, Pembagian, Penjumlahan, dan Pengurangan di Office Excel 04

3. Rumus Penjumlahan

Kemudian diantara rumus yang saya bahas pada artikel ini, hanya rumus penjumlahan saja yang caranya paling banyak. Rumus penjumlahan di Office Excel terdapat tiga cara yang dapat kita lakukan.

Cara Pertama

Untuk cara pertama dalam mengerjakan penjumlahan di Office Excel adalah dengan menggunakan operator plus (+).

Contoh saya mempunyai Nilai 1 di cell A2 40 dan Nilai 2 di cell B2 20. Kemudian hasil penjumlahan akan saya simpan pada cell C2. Dengan begitu pada cell C2 kita ketik:

=A2+B2

Selanjutnya tekan Enter pada keyboard untuk mengetahui hasilnya.

blank

Cara Kedua

Selain itu kita juga dapat mengerjakan penjumlahan di Office Excel dengan formula SUM, dan dari SUM ini bisa kita kerjakan ke dalam dua cara.

Caranya silakan Kamu ketik pada cell yang ingin Kamu tempatkan hasil penjumlahannya:

=SUM(A2:B2)

Kemudian tekan Enter pada keyboard untuk mengetahui hasilnya.

blank

Selanjutnya dengan menggunakan formula SUM merupakan langkah efektif dalam menjumlahkan angka di Office Excel. Karena dengan formula SUM kita bisa meringkas cell-cell yang kita jumlahkan.

Misalnya kita mempunyai data yang harus kita jumlahkan dari cell A1 sampai dengan cell A2000, maka kita bisa mengetiknya formulanya seperti ini:

=SUM(A1:A2000)

Cara Ketiga

Kemudian untuk cara ketiga ini masih menggunakan formula SUM. Namun untuk memunculkan SUM bukan dengan cara manual atau cara kita ketik. Formula SUM dapat kita klik pilih pada Toolbar Office Excel () tepatnya ada di menu Home.

Selanjutnya cara menggunakan SUM pada Toolbar adalah silakan Kamu blok angka-angka yang ingin Kamu jumlahkan sampai ke cell kosong yang nantinya akan Kamu tempatkan hasil penjumlahan. Kemudian klik pilih ikon SUM () pada Toolbar.

blank

4. Rumus Pengurangan

Rumus pengurangan di Office Excel masih sama dengan rumus pengurangan di ilmu matematika yaitu dengan menggunakan operator minus (). Kemudian untuk mengerjakannya masih sama dengan pengerjaan rumus perkalian, pembagian, dan penjumlahan.

Contoh saya ingin mengerjakan pengurangan nilai seperti pada gambar di bawah ini, pada cell C2 kita ketik:

=A2-B2

Kemudian Enter pada keyboard untuk melihat hasilnya.

blank

Baca Juga: 150+ Download Gratis Kumpulan Rumus Excel Siap Pakai Lengkap dengan Contoh

Kesimpulan

Dengan menguasai rumus-rumus matematika dasar di Excel, Kamu dapat dengan mudah melakukan perhitungan kompleks dan analisis data. Excel menyediakan banyak fungsi matematika lainnya yang dapat membantu Kamu dalam berbagai keperluan bisnis, keuangan, atau proyek-proyek pribadi. Semoga artikel ini memberikan wawasan dan membantu Kamu dalam mengoptimalkan penggunaan Excel!

About Info Menarik

blank
Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.