Jumat, 23 September 2022

Cara Mengatasi Masalah Tidak Bisa Klik Icon Taskbar dan Start Menu di Windows 10

Cara Mengatasi Tidak Bisa Klik Icon Taskbar dan Start Menu di Windows 10 01

Info Menarik – Termasuk masalah serius jika icon taskbar dan start menu di Windows 10 tidak bisa di klik. Pasalnya kita menjadi tidak bisa membuka program apapun. Karena fungsi dari icon yang di taskbar adalah untuk membuka aplikasi atau program secara cepat. Begitupun dengan start menu, banyak sekali pengaturan yang tersimpan di start menu untuk menuju ke program-program di Windows 10. Jika Kamu saat ini mengalami hal tersebut, tenang saja karena pada artikel ini saya akan memberikan solusi untuk mengatasi masalah tidak bisa klik icon taskbar dan start menu.

Baca Juga: Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi atau Program di Windows 10

Taskbar adalah panel yang berfungsi untuk memperlihatkan aplikasi yang sedang berjalan. Identitas aplikasi yang aktif semuanya akan tampil pada taskbar. Kemudian secara umum atau default letak taskbar itu berada di posisi bawah layar komputer sejajar dengan start menu.

Untuk mempercepat ketika akan memproses aplikasi, shortcut aplikasi dapat kita sematkan di taskbar (pin to taskbar). Bedanya dengan icon shortcut aplikasi yang tampil di desktop adalah ketika kita akan membuka aplikasi harus double klik. Sedangkan icon yang tampil di taskbar cukup klik satu kali.

Ketika masalah tidak bisa klik icon di taskbar biasanya kita juga menjadi tidak bisa klik di start menu. Begitu juga dengan icon-icon lainnya yang ada di taskbar seperti: try icon, tombol volume, WiFI, tanggal dan jam, dan pengaturan bahasa.

Tentu saja jika hal tersebut terjadi akan sedikit merepotkan. Contoh sederhana saja kita menjadi tidak bisa mengatur volume speaker atau mengkoneksikan jaringan internet.

Penyebab Tidak Bisa Klik di Icon Taskbar dan Start Menu

Banyak penyebab yang mengakibatkan icon taskbar dan start menu menjadi tidak bisa di klik. Namun umumnya masalah ini karena adanya kerusakan pada system files, adanya bug atau error, dan bisa juga karena File Explorer bermasalah.

Masalah ini bisa terjadi ketika kita telah melakukan update Windows, menginstall atau menghapus program tertentu, scan komputer dengan antivirus, dan tindakan-tindakan lainnya.

Cara Mengatasi Windows 10 Tidak Bisa Klik Icon Taskbar dan Start Menu

Untuk Kamu yang saat ini mengalami hal serupa dengan judul artikel ini, coba praktikkan metode-metode berikut:

1. Restart Windows Explorer

Karena bisa saja masalah icon taskbar dan start menu tidak bisa di klik itu karena error di Windows Explorer. Oleh karena itu sebelum melangkah lebih jauh lagi, silakan Kamu restart Windows Explorer.

Untuk melakukan restart Windows Explorer silakan Kamu lakukan dari Task Manager.

Silakan tekan tombol Ctrl + Alt + Delete di keyboard secara bersamaan kemudian klik pilih Task Manager.

Setelah halaman Task Manager aktif, langkah selanjutnya silakan klik tab Processes. Kamu temukan program yang bernama Windows Explorer kemudian klik di situ dan klik tombol Restart yang berada di pojok kanan bawah.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Klik Icon Taskbar dan Start Menu di Windows 10 02

Ketika Kamu klik tombol Restart maka tampilan monitor akan berkedip serta semua tampilan di layar juga akan hilang. Hal ini hanya akan terjadi sesaat saja dan itu wajar karena komputer sedang mengalami proses restart Windows Explorer.

Selanjutnya silakan restart komputer untuk memastikan apakah dengan melakukan metode ini permasalahan bisa kita atasi atau tidak.

2. Menggunakan System File Checker

Metode selanjutnya untuk mengatasi icon taskbar dan start menu tidak bisa kita klik adalah dengan menjalankan System File Checker atau SFC. Dan untuk menjalankan System File Checker adalah dari Command Prompt atau CMD.

Biasanya kita akan menjalankan CMD dari start menu, namun saat ini start menu tidak bisa kita klik. Oleh karena itu untuk membuka CMD silakan lakukan secara manual yaitu dari direktori langsung dengan mengakses:

C:\Windows\System32

Kamu cari aplikasi yang bernama cmd dengan cara klik kanan di aplikasi kemudian klik pilih Run as administrator.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Klik Icon Taskbar dan Start Menu di Windows 10 03

Langkah selanjutnya silakan ketik atau copy paste kode berikut dan tempatkan di program Command Prompt.

sfc /scannow

Kemudian Enter dan tunggu proses ini hingga selesai.

Jika proses scan selesai, silakan tutup tampilan halaman Command Prompt dan restart komputer atau laptop. Kemudian setelah komputer nyala lagi coba apakah sekarang icon taskbar dan start menu sudah bisa di klik atau belum?

3. Periksa Kondisi Media Penyimpanan Komputer

Pastikan bahwa kondisi media penyimpanan komputer seperti hardisk atau SSD dalam kondisi baik. Karena jika terjadi bad sector atau kerusakan pada hardisk atau SSD bisa menjadi penyebab icon taskbar dan start menu tidak bisa kita klik.

Kita bisa memeriksa kondisi hardisk atau SSD menggunakan tool bawaan Windows yaitu dengan fitur Check Disk (CHKDSK).

Untuk menjalankan Check Disk harus menggunakan Command Prompt atau CMD. Silakan Kamu buka lagi program CMD seperti langkah yang sudah saya jelaskan di atas.

Pada halaman program CMD silakan ketik atau copy paste kode berikut:

chkdsk /r /f c:

Kemudian tekan Enter di keyboard dan jika tampil keterangan berikut:

Chkdsk cannot run because the volume is in use by another process.
Would you like to schedule this volume to be checked the next time
the system restarts? (Y/N)

Silakan Kamu ketik huruf Y untuk menyetujui dan tekan Enter lagi di keyboard.

Selanjutnya setelah selesai proses Check Disk, silakan Kamu restart komputer atau laptop. Dan ketika komputer nyala maka proses scanning akan berjalan. Dalam hal ini tidak ada yang harus Kamu lakukan selain menunggu proses hingga selesai.

Setelah proses scanning selesai maka komputer akan booting ulang otomatis hingga masuk ke tampilan desktop. Kemudian ketika komputer kembali menyala secara sempurna, silakan Kamu coba kembali apakah sekarang icon taskbar dan start menu sudah bisa di klik atau belum?

4. Restore Windows Health

Solusi selanjutnya kita bisa mencoba dengan melakukan restore Windows Health dengan menggunakan DISM. Tool ini berfungsi untuk melakukan scan file sistem operasi yang rusak dan otomatis akan mengganti dengan file baru.

Syarat utama untuk melakukan langkah ini adalah komputer harus terhubung ke jaringan internet. Selanjutnya kita juga harus membuka program Command Prompt.

Setelah jendela CMD aktif, silakan ketik atau copy paste kode berikut:

DISM.exe /Online /Cleanup-image /Restorehealth

Kemudian tekan Enter di keyboard dan tunggu proses ini hingga 100%.

Nanti tool DISM akan otomatis terhubung ke Windows Update. Kemudian tool ini akan mendownload file-file penting untuk menggantikan file komputer yang telah rusak.

Jika semuanya sudah selesai, silakan restart komputer atau laptop Kamu.

5. Menggunakan System Restore Point

Setiap versi Windows akan memiliki fitur backup dan restore. Tentu saja fitur ini sangat berguna untuk mengembalikan semua pengaturan Windows ke pengaturan sebelum terjadi error. Fitur ini dapat kita tempuh ketika operasi sistem mengalami error dan sulit kita temukan solusi dari masalah tersebut.

Begitu juga ketika komputer mengalami icon taskbar dan start menu tidak bisa kita klik maka solusinya bisa dengan menjalankan System Restore Point. Namun perlu Kamu pahami bahwa fitur ini hanya bisa kita jalankan jika sebelumnya kita telah membuat System Restore Point. Dan jika sebelumnya kita tidak pernah melakukan backup, maka percuma saja kita tidak akan bisa menjalankan fitur ini.

Cara restore di Windows 10 bisa Kamu lihat artikel saya sebelumnya tentang: Cara Restore Windows 7, 8, 10 ke Tanggal Sebelumnya.

6. Reset Komputer atau Laptop

Ini adalah solusi terakhir jika semua metode di atas sudah Kamu lakukan namun tidak membuahkan hasil maksimal yaitu dengan melakukan reset pada komputer. Metode ini kita tempuh sebelum melakukan tindakan paling akhir yaitu install ulang Windows.

Untuk melakukan reset PC di Windows 10 silakan Kamu lakukan beberapa langkah berikut ini:

Pertama Kamu tekan Windows + i di keyboard secara bersamaan. Cara ini untuk masuk ke halaman Settings Windows 10.

Selanjutnya Kamu pilih menu Update & Security dan klik Recovery yang terletak pada tab sebelah kiri.

Pada tampilan Recovery Kamu perhatikan pada Reset this PC kemudian klik tombol Get started.

Selanjutnya Kamu klik pilih opsi Keep my files agar semua data-data penting tidak terhapus. Kemudian klik tombol Next dan klik Reset.

Sekarang komputer atau laptop akan melakukan reset ulang. Kamu tunggu proses ini hingga selesai dengan sempurna. Dan ketika sudah selesai maka semua program-program akan hilang dan tampilan komputer seperti ketika setelah install ulang Windows. Kamu bisa install kembali satu persatu semua program yang Kamu perlukan.

Baca Juga: Cara Mengatasi Folder Tidak Bisa Dibuka di Komputer atau Laptop Windows 10

Menurut pengalaman dengan melakukan reset komputer maka masalah icon taskbar dan start menu tidak bisa klik akan teratasi. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bisa membantu.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.