Jumat, 23 September 2022

10 Software Terbaik untuk Memperbaiki Bad Sector Pada Hard Disk

Software Memperbaiki Bad Sector Hard Disk 01

Info Menarik – Ketika hard disk komputer atau laptop mengalami bad sector, umumnya itu masih bisa kita perbaiki. Jadi sebelum Kamu memutuskan untuk mengganti hard disk, alangkah baiknya coba perbaiki dulu. Dan untuk memperbaiki hard disk bad sector itu memerlukan software khusus untuk menangani masalah ini. Pada artikel ini saya akan coba bagikan 10 software terbaik untuk memperbaiki bad sector pada hard disk komputer atau laptop.

Baca Juga: Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Tidak Terbaca di Windows 10 Tanpa Software

Perlu kita ketahui bahwa setiap komponen yang ada di komputer atau laptop itu memiliki masa pakai. Selain itu perangkat keras (hardware) ini juga memiliki daya tahan yang berbeda-beda. Semua komponen akan mengalami kerusakan seperti contohnya yang terjadi pada hard disk yaitu bad sector atau bad cluster.

Hard disk termasuk perangkat keras komputer atau laptop yang rawan terhadap kerusakan. Terlebih jika daya arus listrik yang kita gunakan sering terjadi naik turun. Kondisi hard disk bad sector atau bad cluster adalah ketika sistem operasi tidak dapat menyimpan serta membaca sebagian data biner pada hard disk.

Biasanya meskipun hanya sebagian saja yang terjadi bad sector di hard disk, namun akan berpengaruh terhadap kinerja keseluruhan hard disk. Seperti tidak bisa install aplikasi atau software hingga kecepatan komputer menurun.

Sebagian hard disk ketika bad sector atau bad cluster masih dapat kita perbaiki. Untuk memeriksa serta memperbaiki hard disk bad sector itu harus menggunakan software. Saat ini banyak software khusus untuk menangani masalah tersebut.

10 Software untuk Memperbaiki Hard disk Bad Sector atau Bad Cluster

Pada artikel ini saya akan membagikan informasi tentang software khusus untuk menangani kondisi hard disk bad sector. Software ini hanya pilihan saja. Untuk itu silakan Kamu pilih salah satu dari software ini mana yang cocok dan bisa Kamu gunakan untuk memperbaiki hard disk.

1. HDD Regenerator

Software Memperbaiki Bad Sector Hard Disk 02

Software pertama yang dapat kita gunakan untuk memperbaiki hard disk bad sector adalah HDD Regenerator. Cara kerja software ini akan membuat ulang data yang rusak di hard disk kemudian memperbaiki menjadi normal.

Bukan hanya hard disk internal saja, HDD Regenerator mampu memperbaiki hard disk eksternal juga tanpa khawatir kehilangan data. Software ini bisa kita jalankan pada semua jenis hard disk seperti ATA, SATA, IDE, SCSI, dan USB.

HDD Regenerator memiliki kemampuan untuk membersihkan bad sector pada hard disk tanpa melakukan penghapusan data. Jadi sangat cocok kita gunakan pada hard disk yang isinya data-data penting.

Ketika HDD Regenerator kita jalankan maka software akan bekerja untuk mengirimkan sebuah pulser kemudian otomatis mendeteksi lalu memperbaiki bad sector di hard disk. Setelah proses selesai maka kita akan bisa kembali mengakses semua data-data yang awalnya tersimpan pada posisi bad sector.

2. PartitionGuru

Software Memperbaiki Bad Sector Hard Disk 03

Software selanjutnya adalah PartitionGuru yang memiliki fungsi sama seperti software pertama. Kita dapat menggunakan PartitionGuru untuk memperbaiki bad sector pada hard disk internal atau eksternal. Software ini memiliki banyak fungsi seperti memperbaiki file system, mengekstrak data dari hard disk, serta yang terpenting memiliki kemampuan dapat menyelamatkan partisi hard disk yang hilang.

PartitionGuru dapat kita gunakan secara gratis namun tersedia juga dalam versi berbayar atau Pro. Jika kita ingin memanfaatkan fitur lengkap dari software ini, silakan Kamu gunakan yang versi Pro.

Jangan khawatir dengan format system di hard disk, karena PartitionGuru sudah mendukung untuk kita gunakan di berbagai format file system seperti: EXT2, EXT3, FAT16, FAT32, exFAT, NTFS, dan NTFS5.

3. TestDisk

Software Memperbaiki Bad Sector Hard Disk 04

Alternatif software lain untuk memperbaiki kondisi hard disk yang bad sector adalah TestDisk. Selain itu software ini memiliki kemampuan dapat mengembalikan data yang terhapus di komputer atau laptop. Kemudian TestDisk dapat kita gunakan untuk mengembalikan bootloader GRUB di pengguna NTLDR dan Linux di sistem operasi Windows.

Sebagai catatan, TestDisk merupakan software open source atau software yang dapat kita gunakan secara gratis. TestDisk mampu melakukan pencarian file yang hilang secara otomatis pada partisi hard disk yang rusak. Dan juga software ini dapat mendeteksi hard disk yang bad sector kemudian memperbaikinya.

Tidak hanya sistem operasi Windows saja, TestDisk dapat kita gunakan pada sistem operasi lain seperti Linux, Mac OS, dan FreeBSD. Selanjutnya software ini sudah mendukung berbagai macam file system seperti: NTFS dan juga FAT.

4. Seagate Seatools

Software Memperbaiki Bad Sector Hard Disk 05

Seagate tidak hanya mengeluarkan produksi hard disk saja, namun perusahaan ini juga mengeluarkan software khusus untuk menangani bad sector. Fitur yang dimiliki oleh Seagate Seatools tidak kalah lengkap dengan software lainnya. Selain itu software ini termasuk paling mudah kita gunakan. Tampilan yang sederhana sehingga mudah kita pahami meskipun tahap pemula.

Ketika menjalankan Seagate Seatools maka software akan bekerja untuk mengetes kondisi hard disk kemudian jika menemukan kerusakan akan otomatis memperbaiki bad sector.

Meskipun software ini bernama Seagate Seatools, tapi tidak hanya hard disk Seagate saja yang dapat menggunakan. Untuk hard disk jenis lainnya seperti Samsung, Toshiba, Western Digital, juga dapat menjalankan software Seagate Seatools. Software dapat kita gunakan di hard disk komputer dan juga laptop.

Kelebihan software Seagate Seatools adalah memiliki kemampuan untuk melakukan deep diagnostic. Jadi meskipun bad sector hard disk hanya sebagian, namun kita dapat mengetahui kondisi hard disk secara menyeluruh.

5. MiniTool Partition Wizard Free Edition

Software selanjutnya yang dapat kita gunakan untuk memperbaiki bad sector pada hard disk adalah MiniTool Partition Wizard Free Edition. Selain itu sesuai dengan nama software ini juga memiliki kemampuan untuk membuat partisi di hard disk.

Ketika hard disk bad sector atau bad selector maka data menjadi tidak bisa diakses dan juga kinerja komputer menurun. Dengan menggunakan software MiniTool Partition Wizard Free Edition kita dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan tersebut tanpa khawatir kehilangan data penting.

Software ini tergolong ringan ketika kita gunakan, karena MiniTool Partition Wizard Free Edition hanya membutuhkan ruang penyimpanan hard disk sekitar 10MB saja. Oleh karena sangat cocok software ini kita gunakan demi menghemat kapasitas hard disk.

6. HDDScan

Software untuk memperbaiki kondisi hard disk yang bad sector selanjutnya adalah HDDScan. HDDScan termasuk software populer karena banyak digunakan oleh pengguna komputer ketika mengalami kerusakan pada hard disk. Software ini sudah mendukung berbagai macam jenis teknologi hard disk seperti: ATA, SATA, IDE, SCSI, IEE 1394, RAID, dan USB Mass Storage.

Bukan hanya merk hard disk tertentu saja, namun HDDScan sudah mendukung juga untuk berbagai merk hard disk seperti: Seagate, Western Digital, Samsung, Toshiba, Hitachi dan merk hard disk lainnya.

Software ini memiliki fitur benchmarking yaitu kemampuan untuk mengukur kecepatan menulis serta membaca data pada hard disk. Software ini dapat kita gunakan secara gratis dan memiliki sejumlah fitur yang tidak kalah menarik dengan software berbayar lainnya.

7. EaseUS Partition Master Free Edition

Perusahaan EaseUS selain mengeluarkan software untuk mengembalikan data terformat permanen di komputer juga memiliki software untuk memperbaiki hard disk bad sector. Kelebihan software ini mampu mendukung hampir semua jenis file system hard disk seperti NTFS, FAT, FAT32, EXT2, dan juga EXT3.

Banyak kerugian yang kita rasakan jika hard disk mengalami bad sector, seperti: komputer sering hang, kinerja komputer menjadi lambat, dan juga masalah-masalah lainnya. Karena kondisi bad sector ini adalah dimana bagian hard disk terdapat sector-sector kecil yang tidak bisa kita gunakan untuk membaca serta menyimpan data.

Solusi terbaik untuk menyelesaikan permasalahan bad sector di hard disk adalah menggunakan EaseUS Partition Master Free Edition. Selain itu software ini dapat kita gunakan untuk membuat partisi baru, mengubah ukuran partisi hard disk, serta menggabungkan partisi menjadi satu.

8. Hard disk Sentinel

Ketika hard disk bad sector sebaiknya jangan cepat-cepat untuk mengganti hard disk dengan yang baru. Karena menurut pengalaman jika kondisi bad sector masih sedikit itu masih mempunyai harapan bisa kita perbaiki. Untuk memperbaiki kondisi seperti ini bisa menggunakan software Hard disk Sentinel. Software ini memiliki kemampuan untuk mendeteksi bad sector pada hard disk kemudian otomatis akan memperbaikinya sehingga kondisi hard disk kembali normal.

Kemudian software ini memiliki fungsi untuk memantau kesehatan pada hard disk dan juga Solid State Drive (SSD). Hal ini bisa kita gunakan untuk jaga-jaga agar tidak terjadi kerusakan pada HDD atau SSD.

Jalankan software ini untuk melakukan scan di hard disk agar Kamu bisa tahu bagaimana kondisi pada hard disk. Kemudian Hard disk Sentinel memiliki kemampuan untuk menampilkan informasi lengkap terkait hard disk seperti serial number, kapasitas hard disk, dan masih banyak lagi.

9. Stellar Data Recovery

Rekomendasi software selanjutnya adalah Stellar Data Recovery. Software ini memiliki banyak fungsi seputar perawatan hard disk yang diantaranya adalah bisa memperbaiki kondisi hard disk yang bad sector atau bad selector.

Jika Kamu biarkan terlalu lama maka bad sector dapat mengganggu kinerja komputer atau laptop. Oleh karena itu agar kinerja komputer kembali normal silakan gunakan Stellar Data Recovery untuk memeriksa kondisi hard disk dan jika terdapat bad sector maka aplikasi akan meperbaikinya.

Software ini memiliki beberapa tahapan dalam melakukan scan pada hard disk. Tahap pertama Kamu harus memilih tiga mode scan yaitu: Quick Scan, Advance Scan dan Raw Recover. Selanjutnya kita harus memilih partisi hard disk yang terdapat bad sector lalu kita scan. Kemudian aplikasi ini juga memiliki kemampuan untuk mengembalikan data terhapus.

10. Remo Hard Drive Recovery

Software terakhir untuk memperbaiki hard disk bad sector adalah Remo Hard Drive Recovery. Masalah bad sector dapat diperbaiki secara cepat menggunakan aplikasi ini. Kemudian sama seperti aplikasi lainnya, aplikasi ini dapat kita gunakan untuk mengembalikan data terhapus secara permanen.

Remo Hard Drive Recovery sudah mendukung berbagai format file seperti: NTFS, NTFS5, FAT16, FAT32, dan juga ExFAT. Tidak salah lagi jika Kamu memilih Remo Hard Drive Recovery untuk menyelesaikan permasalahan kerusakan di hard disk.

Baca Juga: Cara Mengatasi Hard Disk Penuh Padahal Data Masih Sedikit atau Kosong

Ok mungkin hanya itu saja artikel ini yang dapat saya sampaikan. Saya harap dengan adanya artikel ini maka permasalahan bad sector atau bad selector di hard disk dapat teratasi. Sehingga pada akhirnya kondisi hard disk kembali baik dan kinerja komputer bisa normal seperti sedia kala.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.