Home / Software / Cara Agar Font CorelDRAW Tidak Berubah Saat Dibuka Di Komputer Lain (Convert Font)

Cara Agar Font CorelDRAW Tidak Berubah Saat Dibuka Di Komputer Lain (Convert Font)

Convert Font CorelDRAW Agar Tidak Missing Font – Memang sangat menyenangkan bermain dengan font-font keren ketika kita sedang desain di CorelDRAW. Terlebih lagi jika kita mempunyai koleksi font baru sangat disayangkan jika font-font baru tersebut tidak segera diterapkan pada desain yang sedang kita kerjakan di CorelDRAW. Katakanlah kita sedang membuat brosur di CorelDRAW, dimana jika brosur tersebut kita desain dengan menggunakan font yang tepat maka tentunya akan menambah keindahan tersendiri selain memilih warna yang sesuai.

Baca Juga : Cara Menonaktifkan Huruf Kapital Otomatis Di CorelDRAW

Namun satu hal yang harus Anda ketahui, jika desain yang kita selesaikan di CorelDRAW nantinya ingin Anda cetak di percetakan lain maka wajib untuk melakukan beberapa hal yang akan saya bahas disini. Menggunakan font-font yang aneh artinya bukan font yang umum digunakan akan beresiko terjadinya Missing Font. Apa itu Missing Font? Font-font yang kita gunakan dalam hasil karya desain CorelDRAW akan berubah saat dibuka di komputer lain. Artinya setiap font yang tidak sesuai atau tidak ada di komputer lain dengan komputer kita maka akan berubah (Missing Font). Tentunya hal ini tidak menginginkannya bukan? Sudah banyak menghabiskan waktu untuk desain, tapi hasilnya cetakannya tidak sesuai dengan yang kita inginkan terutama terletak pada jenis fontnya.

Font CorelDRAW Tidak Berubah Saat Dibuka Di Komputer Lain (0)

Masih mending jika percetakannya rajin sekali mau menginstall setiap font yang berubah (Missing Font). Namun umumnya karena pekerjaan di percetakan itu menumpuk, maka mereka tidak mau perduli dan asal cetak saja. Lalu siapa yang akan rugi? Ya jelas kita karena hasil kerjakeras kita selama desain tidak ada artinya sama sekali.

Baca Juga : 5 Website Keren Untuk Mencari Jenis Font Secara Otomatis Dari Gambar

Tapi tenang dulu karena disini saya akan memberikan solusi terbaiknya, yaitu cara agar font CorelDRAW tidak berubah sama sekali ketika dibuka di komputer lain meski font serupa tidak ada. Agar font tidak berubah saat dibuka di komputer lain solusinya adalah dengan melakukan Convert to Curves. Mengubah format font dengan Convert to Curves nantinya font sama sekali tidak berubah dan juga tidak bisa di edit karena format font mejadi Object Vektor.

Berikut Cara Agar Font CorelDRAW Tidak Berubah Saat Dibuka Di Komputer Lain

Ketika font sudah di convert menjadi objek vektor siapapun tidak akan bisa mengeditnya meskipun Anda sendiri. Fungsi CorelDRAW disini hanya untuk menayangkan file CDR saja. Jika kita dikemudian hari ingin mengeditnya maka harus melakukan secara manual tidak bisa mengubah font langsung yang sudah di convert. Dengan begitu melakukan Convert to Curves ini harus Anda lakukan pada proses terakhir (finish) desain di CorelDRAW. Atau bisa juga dengan menyimpan file cadangannya format CDR tanpa melakukan Convert to Curves.

Baca Juga : 200+ Download Gratis Fonts Arabic Tanpa Ribet Langsung Pakai

Ok kita akhiri saja basa-basinya dan mari kita mulai tutorialnya. Silakan Anda buka program CorelDRAW yang sudah terpasang di komputer atau laptop Anda. Berapapun versinya tetap bisa melakukan Convert to Curves dan disini saya menggunakan CorelDRAW X4.

Baca Juga : Cara Mudah Cek Jenis Font Dari Gambar

Buat kata Missing Font (sekedar contoh) pada layar kerja CorelDRAW. Perlu kita ketahui untuk membedakan font sudah di convert atau belumnya, kita bisa lihat jika setelah klik ganda pada font maka akan muncul kursor berkedip dan itu tandanya adalah font bisa di edit. Kemudian Text Tool juga akan aktif jika font masih normal.

Font CorelDRAW Tidak Berubah Saat Dibuka Di Komputer Lain (1)

Jika desain yang sedang kita kerjakan terdapat banyak jenis font termasuk desain-desain lainnya, silakan sebelum mengconvert font klik pilih dulu meni Edit > Select All > Text. Dengan melakukan hal ini maka setiap font yang ada dilayar kerja itu akan terseleksi/terpilih.

Font CorelDRAW Tidak Berubah Saat Dibuka Di Komputer Lain (2)

Langkah selanjutnya kini tibanya waktu untuk convert font sesuai dengan yang kita inginkan. Klik pilih menu Arrange > Convert To Curves dan selesai. Langkah pintasnya Anda bisa menggunakan Keyboard Shortcuts CorelDRAW yaitu Ctrl+Q.

Font CorelDRAW Tidak Berubah Saat Dibuka Di Komputer Lain (3)

Sekarang silakan Anda lihat font-font yang sudah diubah melalui prores Convert to Curves. Coba Anda klik ganda pada tulisan Missing Font dan yang aktif bukan Text Tool tapi malah Shape Tool. Dengan begitu file CDR Anda akan terbebas dari kegiatan Missing Font.

Font CorelDRAW Tidak Berubah Saat Dibuka Di Komputer Lain (4)

Bagaimana mudah bukan? Sekarang format font sudah menjadi Objek Vektor dan mungkin Anda hanya bisa mengedit font layaknya mengedit Shape di CorelDRAW. Jangan sampai lupa juga sebelum Anda menyimpan hasil desain untuk menghindari tidak terbacanya file CDR di komputer lain yang CorelDRAW-nya dibawah versi punya kita maka silakan baca dulu artikel Cara Simpan File CDR Untuk Semua Versi.

Ok mungkin hanya itu saja artikel Cara Agar Font Tidak Berubah Saat Dibuka Di Komputer Lain atau menghindari Missing Font dengan melakukan Convert Font menjadi jenis Objek Vektor. Sekarang Anda sudah terbebas dari belenggu penyakit Missing Font dan semoga artikel ini ada manfaatnya. Salam sukses dan sampai bertemu lagi di artikel selanjutnya.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *