Home / Teknologi / Download Font Huruf Tegak Bersambung Sesuai SK Dirjen Dikdasmen Kemdikbud

Download Font Huruf Tegak Bersambung Sesuai SK Dirjen Dikdasmen Kemdikbud

Download Font Huruf Tegak Bersambung – Menulis bagi orang dewasa tentunya bukan aktivitas yang sulit untuk dilakukan. Namun sebaliknya bagi mereka yang baru duduk di bangku sekolah, menulis merupakan sesuatu hal yang sulit untuk dilakukan.

Baca Juga : Cara Mudah Cek Jenis Font Dari Gambar

Menulis merupakan kegiatan membagi konsentrasi, yaitu konsentrasi bagaimana memegang pulpen atau pensil dengan benar serta konsentrasi menyusun huruf demi huruf. Huruf ini harus membentuk sebuah kata hingga kalimat yang mampu dimengerti oleh diri sendiri serta orang lain.

Selain melatih pikiran, kegiatan menulis juga bisa melatih kemampuan motorik. Mulai dari tehnik menggerakkan pulpen atau pensil menggunakan jari, memegang pulpen atau pensil yang benar, hingga tehnik menahan kertas atau buku agar tidak bergerak ketika menulis.

Ketika kita menulis, otomatis daya ingat akan terlatih. Karena secara tidak langsung kita akan mengingat bagaimana bunyi dan bentuk huruf yang akan kita tulis. Dengan kegiatan menulis juga sekaligus melatih pemahaman dalam hal membaca.

Huruf Tegak Bersambung

Sesuai aturan bakunya yaitu Keputusan Dirjen Pendidikan dan Menengah Depdikbud No. 094/C/Kep/I.83 tanggal 7 Juni 1983, bentuk tulisan terdapat dua jenis yaitu : Huruf Lepas dan Huruf Tegak Bersambung.

Karena ketentuan bentuk tulisan sudah terdapat aturan bakunya, maka oleh karena itu kita tidak boleh semena-mena dalam membuat bentuk tulisan. Banyak huruf lepas dan huruf tegak bersambung yang dibuat salah kaprah. Terutama huruf tegak bersambung, karena saat ini banyak sekali jenisnya.

Huruf tegak bersambung adalah huruf yang dihasilkan dari saling menyambungkan antar huruf tanpa mengangkat pulpen atau pensil. Huruf tegak bersambung telah mengalami beberapa kali perubahan bentuk tulisan. Perubahan-perubahan tersebut telah menjadikan huruf tegak bersambung semakin sederhana.

Perlukah kita belajar tulisan tegak bersambung? Seperti yang sudah saya singgung diatas bahwa denga menulis akan melatih motorik. Bahkab ketika kita menulis huruf Tegak Bersambung motorik halus bisa terlatih secara maksilmal. Kemudian semakin sering kita menulis huruf tegak bersambung maka tulisan kita akan terlihat bagus serta lebih rapi. Bukan itu saja, tingkat kreativitas juga akan menjadi lebih berkembang dari sebelumnya.

Dengan mengatur tulisan tegak miringnya huruf tegak bersambung maka perkembangan otak seperti sensasi motorik, gerakan kontrol, serta kemampuan kita dalam berfikir akan terhubung denga baik. Secara tidak sengaja kita akan mengatur tegak miringnya huruf, tipis tebal huruf, serta membuat huruf satu dengan yang lainnya dibuat harus bersambungan. Dengan begitu menulis huruf tegak bersambung akan merangsang perkembangan, meningkatkan konsentrasi, serta akan membuat sel-sel otak menjadi lebih aktif lagi.

Mungkin sekarang Anda bisa paham kenapa guru di sekolah terkadang suka meminta kita untuk menulis huruf tegak bersambung.

Download Font Huruf Tegak Bersambung Sesuai EYD

Selanjutnya terkadang kita membutuhkan font huruf tegak bersambung untuk dipasang di komputer. Banyak sekali jenis font huruf tegak bersambung, namun tentunya hanya satu saja font huruf tegak bersambung sesuai ejaan yang telah disempurnakan. Karena memang huruf tegak bersambung sesuai EYD merupakan tulisan sangat sederhana.

Baca Juga : 200+ Download Gratis Fonts Arabic Tanpa Ribet Langsung Pakai

Jika Anda membutuhkan font huruf tegak bersambung sesuai EYD, silakan bisa download pada tombol dibawah ini :

Download Font Huruf Tegak Bersambung

Setelah selesai download, silakan ekstrak file RAR-nya.

Kemudian copy font dan paste di Local Disk C > Windows > Fonts.

Kini komputer Anda sudah dilengkapi dengan font huruf tegak bersambung sesuai Keputusan Dirjen Pendidikan dan Menengah Depdikbud No. 094/C/Kep/I.83 tanggal 7 Juni 1983. Silakan Anda coba praktikkan dan semoga berhasil.

Ok mungkin artikel Download Font Huruf Tegak Bersambung dicukupkan sekian saja. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses selalu …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. Richard Rumawas

    Terimakasih sudah mengupload huruf tegak bersambung ini.
    Tapi setelah memperhatikan dengan benar, terdapat banyak perbedaan bentuk dari font huruf tegak bersambung dibanding cetakan resmi contoh bentuk huruf tegak bersambung versi EYD.

    Contoh perhatikan bentuk
    – huruf kecil z
    – kapital Q

    Apakah ada revisi font untuk perbdaan2 tersebut?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.