Home / Microsoft Office / Cara Membuat Kalender Hijriyah Dengan Office Excel (Konversi) Manual dan Otomatis

Cara Membuat Kalender Hijriyah Dengan Office Excel (Konversi) Manual dan Otomatis

Cara Membuat Kalender Hijriyah Dengan Excel – Setelah kemarin belajar membuat kalender masehi di Excel, sekarang mari kita belajar lagi cara membuat kalender hijriyah dengan Office Excel. Membuat kalender hijriyah di Excel pada dasarnya masih sama dengan pembuatan kalender masehi. Yang berbeda mungkin hanya formatnya saja. Maka daripada itu saya disini tidak akan menjelaskan secara lebih rinci lagi. Pada tutorial ini saya cukup menjelaskan bagaimana cara mengubah sistem tanggal masehi menjadi format hijriyah (hijri calendar). Menguhah format tanggal lebih dikenal lagi dengan sebutan converter atau convert atau konversi.

Baca Juga : Belajar Membuat Kalender Otomatis Sendiri Di Office Excel Siap Cetak Tanpa VBA

Sebelum kita mulai tutorialnya, mari kita bahas dulu sekilas apa yang dimaksud dengan kalender masehi dan juga kalender hijriyah. Mungkin sudah lama sekali kita mendengar dua istilah kalender ini, namun jika pengertian yang tepat tentang keduanya mungkin belum tahu.

Cara Membuat Kalender Hijriyah Dengan Excel (1)

Kalender Masehi adalah kalender yang menggunakan sistem peredaran Matahari sebagai acuannya. Kalender Masehi pertama kali digunakan oleh umat Kristen dan mereka bersikeras untuk menetapkan bahwa lahirnya Yesus adalah sebagai tahun pertama (permulaan masehi).

Sedangkan Kalender Hijriyah adalah sistem penanggalan yang menggunakan peredaran Bulan sebagai acuannya. Kalender Hijriyah merupakan kalendernya ummat Islam dimana penggunaannya juga sebagai penentu tanggal dan bulan yang hubungannya dengan ibadah seperti Ramadhan, Maulid Nabi, Rajab, dan sebagainya. Hijriyah diambil dari kata Hijrah (Bahasa Arab) dimana kalender ini terhitung mulai terjadinya peristiwa Hijrah Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah tahun  622 M.

Inilah Cara Membuat Kalender Hijriyah Dengan Office Excel (Konversi Masehi ke Hijriyah)

Setelah tahu apa itu yang dimaksud dengan kalender masehi dan kalender hijriyah, sekarang mari kita mulai saja tutorialnya yaitu membuat kalender hijriyah dengan Excel. Dalam membuat atau mengkonversi kalender masehi menjadi kalender hijriyah di Office Excel ini saya membaginya kedalam dua cara, cara manual dan cara otomatis.

Cara Manual Konversi Kalender Masehi ke Kalender Hijriyah

Untuk cara yang manual adalah kita hanya menggunakan rumus-rumus atau formula Office Excel. Dan tentunya cara ini akan membutuhkan waktu lebih lama dibanding dengan cara yang otomatis. Namun sebagai pembelajaran sangat disarankan menggunakan cara yang manual.

Silakan Anda buka Office Excel yang sudah terpasang di komputer berapapun versinya. Langkah awal mari kita cek dulu tanggal hari ini dengan cara mengetikkan formula berikut pada cell A1.

=TODAY()

Cara Membuat Kalender Hijriyah Dengan Excel (2)

Secara default format tanggal komputer adalah 00/00/0000 atau bulan ditampilkan dengan angka. Sekarang kita ubah kedalam format yang lain dengan cara klik kanan di cell A1 > Format Cells > Date dan pilih Type 14 Maret 2001.

Cara Membuat Kalender Hijriyah Dengan Excel (3)

Ok setelah kita mempunyai data tanggal saat ini yang kita simpan pada cell A1 (contoh dibawah 20 Juni 2016) sekarang saatnya mengkonversi tanggal masehi tersebut menjadi tanggal hijriyah. Untuk mengubah kalender masehi silakan Anda gunakan formula berikut yang ditempatkan di cell A2 :

=TEXT(A1;"[$-1170401]dddd, dd mmm yyyy")

Kode [$-1170401] adalah kode untuk menampilkan format tanggal Hijriyah, dddd menampilkan hari, dd menampilkan tanggal, mmm menampilkan bulan, dan yyyy untuk menampilkan tahun.

Sangat disayangkan ketika mengkonversi format tanggal masehi ke hijriyah di Office Excel 2007 terjadi perbedaan nama hari dari yang seharusnya. Tanggal 20 Juni 2016 itu seharusnya adalah hari Senin bukan Ahad/Minggu. Tapi untuk tanggal hijriyahnya sudah tepat, yaitu 20 Juni 2016 sama dengan 15 Ramadhan 1437. Setelah di cek di Office Excel 2013 perbedaan hari ini sudah tidak ada.

Cara Membuat Kalender Hijriyah Dengan Excel (4)

Lalu pertanyaan sekarang bagaimana kalau ingin mengubah format tanggal hijriyah Arabic menjadi format tanggal Indonesia? Disana jelas tertulis nama bulan dan hari ditulis dengan huruf Arab. Caranya sangat mudah, silakan Anda buat dulu nama bulan Hijriyah dimulai dari bulan Muharam sampai dengan bulan Dzulhijjah di cell A5 – A16.

Cara Membuat Kalender Hijriyah Dengan Excel (5)

Kemudian gunakan formula ini yang ditempatkan pada cell A3 :

=TEXT(A1; "[$-421]dddd, ") & TEXT(A1; "[$-1170401]dd ") & INDEX( $A$5:$A$16; TEXT(A1; "[$-1170401]mm");1) & TEXT(A1; "[$-1170401] yyyy")

Dan ternyata setelah dikonversi menggunakan formula diatas, permasalahan beda nama hari seperti yang sudah saya jelaskan diatas sekarang hasilnya beda lagi. Sekarang nama harinya sesuai dengan yang sebenarnya yaitu tanggal 20 Juni 2016 itu sama dengan hari Senin tanggal 15 Ramadhan 1437.

Cara Membuat Kalender Hijriyah Dengan Excel (6)

Cara Otomatis Konversi Kalender Masehi ke Kalender Hijriyah

Cara kedua konversi kalender masehi menjadi kelender hijriyah adalah dengan menggunakan pihak ketiga. Lebih tepatnya lagi yaitu dengan menggunakan Add-Ins. Dan memang jika kita menggunakan Add-Ins ketika mengoperasikan Office Excel maka prosesnya akan lebih cepat dan otomatis. Add-Ins jika di Adobe Photoshop atau WordPress adalah Plugin.

Menggunakan Add-Ins yang akan saya bahas disini bukan hanya kita bisa mengkonversi kalender masehi menjadi ke hijriyah saja, namun kita bisa membuat kalender hijriyah yang keren. Untuk penampakkannya Anda bisa lihat pada gambar dibawah ini :

Cara Membuat Kalender Hijriyah Dengan Excel (7)

Jika berminat atau sekedar ingin mencoba Add-Ins ini silakan Anda download dulu Add-Ins Konversi Hijri Calendar di bawah ini :

Pastikan sebelum menginstall Add-Ins Hijri Calendar di Office Excel (khusus Office 2007) lakukan dulu beberapa hal berikut. Dari Office Button > Excel Options > Trust Center > Trust Center Settings > Macro Settings > dan pilih Disable all macros with notification.

Cara Membuat Kalender Hijriyah Dengan Excel (8)

Dan nanti jika ketika menginstall Add-Ins Hijri Calendar muncul notifikasi seperti berikut, silakan Anda klik pilih Enable Macros saja.

Cara Membuat Kalender Hijriyah Dengan Excel (9)

Otomatis jika install Add-Ins Hijri Calendar sukses maka menu Office Excel Anda akan bertambah dengan nama menu baru Hijri Calendar. Untuk menggunakannya kita tinggal klik menu tersebut dan klik pilih lagi Hijri Gregorian Calendar and Converter.

Cara Membuat Kalender Hijriyah Dengan Excel (10)

Menggunakan Add-Ins Hijri Calendar kita bisa mengkonversi kalender masehi menjadi kalender hijriyah kapanpun dan dimanapun hanya dengan satu kali proses. Kemudian kita juga bisa membuat kalender hijriyah dengan mudah dan menarik. Nanti kalender hijriyah bisa kita cetak dalam format Excel dan juga format PDF.

Ok mungkin hanya itu saja artikel Cara Membuat Kalender Hijriyah Dengan Office Excel. Saya harap artikel ini ada manfaatnya untuk siapa saja dan sampai bertemu lagi di artikel keren lainnya. Salam sukses selalu.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. saya baru tahu kalau ms. excel bisa digunakan untuk membuat kalender hijriyah. makasih tutornya, wajib coba! :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *