Home / Teknologi / Cara Membuat User Accounts Windows Menggunakan Command Prompt (CMD)

Cara Membuat User Accounts Windows Menggunakan Command Prompt (CMD)

Cara Membuat User Accounts Dengan CMD – Bukan perkara yang sulit membuat user account Windows dari cara yang semestinya. Biasanya kita dalam membuat user account baru di operasi sistem Windows melalui Control Panel. Berapapun versi operasi sistem Windows maka sama saja membuat user account baru umumnya dilakukan melalui pintu Control Panel. Namun bagaimana kalau kita ingin membuat user account baru melalui selain Control Panel, misal menggunakan Command Prompt atau CMD apakah bisa? Ya, jawabannya bisa sekali. Bahkan kita bukan hanya membuat saja, menghapus user account Windows bisa melakukannya melalui CMD juga.

Baca Juga : Cara Mudah Shutdown Komputer Windows Dengan Timer Menggunakan CMD

Sebenarnya apa sih User Account itu? Bagi yang belum tahu saja User Account Windows adalah nama akun pengguna komputer atau laptop yang didalamnya memiliki informasi tentang hak akses pengguna, seperti : file, folder, dan data-data lainnya yang terdapat di dalam komputer/laptop. User Account Windows selain berisi User Name dan juga kita bisa menentukan Password (kata sandi).

Cara Membuat User Accounts Windows Dengan CMD (1)

User Account Windows memiliki tiga jenis dan masing-masing jenis User Account mempunyai fungsi yang berbeda-beda.

  1. Standard User yang berfungsi sebagai akun standar untuk digunakan hanya komputasi sehari-hari;
  2. Administrator fungsinya adalah sebuah akun yang memiliki hak kontrol penuh, namun akun ini hanya diperbolehkan untuk digunakan ketika kita memerlukannya;
  3. Guest adalah akun yang hanya diperuntukkan bagi pengguna bersifat sementara saja.

Setelah kita tahu apa yang dimaksud dengan User Account Windows lengkap dengan jenis-jenis serta pengertiannya sekarang waktunya cara membuat user account melalui Command Prompt (CMD).

Berikut Cara Membuat User Account Windows Melalui Command Prompt (CMD)

Satu hal yang sering kita lakukan untuk membuat atau menambah User Account Windows adalah melalui Start > Control Panel > Add or remove user accounts > Create a new account. Simpan dulu cara lamanya, karena dengan cara menggunakan CMD akan lebih praktis.

Anda aktifkan Run, bisa melalui Start > Run atau menggunakan kombinasi keyboard logo Windows+R. Kemudian Anda ketik CMD dan Enter untuk masuk ke layar kerja Command Prompt.

Cara Membuat User Accounts Windows Dengan CMD (2)

Misal kita sekarang akan membuat atau menambah User Account baru, maka silakan Anda ketik perintah net user USERNAME PASSWORD /add. Contoh disini saya membuat User Account baru dengan nama InfoMenarik dan password 1234, jadinya seperti ini : net user InfoMenarik 1234 /add. Selanjutnya tekan Enter pada keyboard.

Cara Membuat User Accounts Windows Dengan CMD (3)

Jika laporannya seperti ini atau sudah tampil pesan “The command completed successfully” itu artinya pembuatan akun baru di Windows telah sukses.

Cara Membuat User Accounts Windows Dengan CMD (4)

Silakan Anda buktikan pergi ke Start > Control Panel > User Account and Family Safety. Langkah ini untuk melihat apakah pembuatan akun baru menggunakan CMD berhasil atau tidak.

Cara Membuat User Accounts Windows Dengan CMD (5)

Lihat saja sendiri hasilnya seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini bahwa sebuah User Akun baru dengan nama InfoMenarik dan jenis Standar User.

Cara Membuat User Accounts Windows Dengan CMD (6)

Lalu bagaimana jika kita ingin menghapus User Accounts yang telah dibuat, apakah bisa melakukannya melalui CMD juga? Seperti yang sudah saya singgung diatas untuk menghapus User Akun-pun bisa melalui Command Prompt.

Caranya setelah layar kerja CMD aktif silakan Anda ketikkan net user USERNAME /delete. Dalam kasus ini saya akan menghapus User Akun yang tadi saya buat yaitu InfoMenarik, maka perintahnya adalah net user InfoMenarik /delete tekan Enter.

Cara Membuat User Accounts Windows Dengan CMD (7)

Jika sukses maka User Akun yang tadi ada di Control Panel akan menghilang, hebat bukan?

Sebagai tambahan jika Anda ingin menambahkan nama lengkap pada User Accounts yang dibuat maka kodenya seperti ini : net user USERNAME PASSWORD /add /FULLNAME:”Nama Lengkap. Contoh saya ingin membuat User Akun InfoMenarik dan password 1234 dan juga nama lengkap Info-Menarik.NET maka jadinya akan seperti ini net user InfoMenarik 1234 /add /FULLNAME:”Info-Menarik.NET” terakhir tekan Enter.

Kemudian jika Anda ingin memberikan hak akses kepada yang lain untuk mengganti passwordnya sendiri maka kode perintahnya seperti ini : net user USERNAME PASSWORD /add /PASSWORDCHG: YES. Namun jika password tersebut tidak ingin supaya diubah-ubah maka Anda tinggal mengubah YES menjadi NO saja.

Lalu bagaimana jika laporannya tidak “The command completed successfully” malah muncul “System error 5 has occurred. Access is denied”? Itu permasalahannya adalah Anda tidak memiliki Hak Administrator pada komputer atau laptop yang Anda jalankan.

Bagaimana mudah bukan? Mungkin hanya itu saja artikel Cara Membuat User Accounts Windows Dengan Command Prompt. Semoga artikel ini ada manfaatnya untuk yang membutuhkan dan sampai bertemu di artikel keren lainnya. Salam hangat selalu.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

5 comments

  1. mungkin user accounts windows saya type nya adalah Standard User mas. namun saya sendiri tidak mengetahui nya secara pasti, mungkin sudah di daftarkan oleh penjual dari toko laptop tempat saya membelinya ?!

  2. Cara agar kita mempunyai hak ke administrator gimana ya..? kan komputer yang saya gunakan ini komputer milik kita sendiri kok nggak punya hak ke administrator.
    Info komputer yang ku gunakan win 8.
    Makasih atas jawabannya

    • Buat dulu User Account baru melalui Control Panel dan aktifkan. Nanti diubah User Account lama typenya, bisa dikerjakan juga melalui Control Panel.

  3. Mohon ma’af sebelumnya, untuk admin info-menarik.net, saya mengirimkan artikel ke email [email protected] kemarin lusa, karena belum ada tanggapan jadi saya mencoba menghub Admin melalui kotak komentar ini. Untuk itu mohon komentar ini tidak dipublikasikan. Terimakasih :)

  4. kalo untuk membuat di komputer lain dengan cmd dari komp kita gmn gan ???
    atau cara ngedapetin hak akses atau hak admin nya ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *