Home / Teknologi / Cara Mudah Mempercepat Proses Shutdown Komputer Windows Ga Pake Lama

Cara Mudah Mempercepat Proses Shutdown Komputer Windows Ga Pake Lama

Cara Mempercepat Proses Shutdown Windows – Walaupun kini pengguna Windows 7 sudah mulai berkurang semenjak adanya Windows 8 dan Windows 10. Namun bukan berarti jarang itu tidak ada yang menggunakan, sebagian orang masih ada yang suka menggunakan Opreasi Sistem Windows 7 dibanding Windows versi terbarunya termasuk saya.

Baca Juga : Cara Mempercepat Kinerja Komputer Paling Mujarab

Bagi pengguna Windows 7 yang sebelumnya adalah pengguna setia Windows XP tentunya akan merasakan banyak perubahan. Salah satu diantaranya adalah proses startup Windows 7 akan lebih cepat dibanding startup Windows XP. Dan memang dari sejak melakukan installasi Windows 7 kita sudah bisa membedakannya antara kecepatan install Windows XP dan Windows 7. Namun satu hal yang saya tidak suka di Windows 7 yaitu, proses shutdown komputer yang sangat lama. Apalagi jika komputer kita banyak terpasang program maka proses shutdownnya akan lebih lama dibanding Windows XP.

Cara Mempercepat Proses Shutdown Windows 1

Apakah Anda mengalami kasus serupa dengan saya? Yaitu proses shutdown komputer Windows 7 sangat lama. Jika benar, maka saya saat ini sudah menemukan solusi terbaiknya. Dan kini komputer Windows 7 saya proses shutdownnya sangat cepat seperti halnya proses startup.

Berikut Cara Mempercepat Proses Shutdown Komputer Windows 7

Untuk melakukan cara ini kita hanya cukup mempraktikkan dua cara saja. Dan ini tidaklah sulit dan saya yakin setiap orangpun akan bisa mengaplikasikannya.

Cara Pertama yang harus kita lakukan adalah silakan Anda pergi ke halaman Registry Windows dengan menekan kombinasi Windows + R pada keyboard dan Anda ketikkan regedit didalamnya, klik OK.

Cara Mempercepat Proses Shutdown Windows 2

Sekarang silakan Anda menuju ke HKEY_LOCAL_MACHINE > SYSTEM > CurrentControlSet > Control dan Anda temukan String Value WaitToKillServiceTimeout. Lihat gambar di bawah !

Cara Mempercepat Proses Shutdown Windows 3

Anda lihat nilai String Value WaitToKillServiceTimeout disana tertulis data default dengan nilai antara 12000 dan 20000. Nilai tersebut ditulis dalam satuan milliseconds dan fungsinya adalah sebagai parameter Windows dalam melakukan shutdown. Artinya lamanya waktu shutdown Windows berdasarkan nilai satuan milliseconds ini. Dan kita jika ingin mengubah kecepatan proses shutdown Windows tinggal mengubah nilai satuan milliseconds ini.

Secara default Windows memberikan nilai 12000 milliseconds atau selama 12 detik dalam shutdown. Namun kenyataannya Windows 7 dalam melakukan shutdown sering melebihi dari parameter tersebut. Apalagi jika terlalu banyak program yang kita install di komputer.

Ok sekarang mari kita rubah nilai satuan milliseconds tersebut dengan angka yang kita inginkan. Namun saya sarankan agar Anda jangan mengubah nilai satuan milliseconds menjadi dibawah 5000 milliseconds. Karena jika terlalu cepat Windows 7 melakukan shutdown maka efeknya Windows 7 akan menjadi tidak sempurna dalam mempersiapkan diri menyimpan data-data penting kita sebelum di shutdown.

Untuk mengubahnya Anda klik kanan pada String Value WaitToKillServiceTimeout lalu klik pilih Modify… Perlu Anda ketahui bahwa melakukan perubahan pada Registry Windows dapat merusak Opreasi Sistem Windows. Maka dari itu saya tidak bertanggungjawab jika nanti hasilnya Windows 7 Anda mengalami kerusakan. Sebaiknya Anda backup dulu Registry Windows sebelum melakukan praktik ini.

Cara Mempercepat Proses Shutdown Windows 4

Disini saya menentukan Value data sebesar 5000 milliseconds saja.

Cara Mempercepat Proses Shutdown Windows 5

Cara Kedua setelah kita selesai mempraktikkan cara pertama diatas untuk mempercepat proses shutdown komputer Windows 7 adalah dengan melakukan perubahan pada Registry Windows juga.

Cara kedua ini silakan Anda buka halaman HKEY_CURRENT_USER > Control Panel > Desktop dan temukan String Value WaitToKillAppTimeout pada halaman sebelah kanannya.

Cara Mempercepat Proses Shutdown Windows 6

Jika String Value WaitToKillAppTimeout tidak ditemukan maka Anda harus membuatnya. Caranya Anda klik kanan halaman sebelah kanan dan klik New > String Value. Anda beri nama WaitToKillAppTimeout dan Data Valuenya adalah sama dengan cara pertama yaitu 5000 milliseconds.

Cara Mempercepat Proses Shutdown Windows 7

Sehingga hasilnya akan terlihat seperti contoh gambar di bawah ini :

Cara Mempercepat Proses Shutdown Windows 8

Ok sampai disini Cara Mempercepat Proses Shutdown Komputer Windows 7 sudah selesai. Silakan Anda coba shutdown atau matikan komputer apakah ada perubahan atau tidak lama waktu proses shtudownnya? Saya sudah praktikkan sendiri dan ternyata hasilnya memang memuaskan. Selamat mencoba dan semoga sukses, salam hangat!

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *