Home / Teknologi / Cara Mengetahui EPP Code Untuk Keperluan Transfer Domain

Cara Mengetahui EPP Code Untuk Keperluan Transfer Domain

Cara Mengetahui EPP Code – Sebenarnya apa sih EPP Code itu? Kenapa kita harus tahu EPP Code domain kita sendiri? Atau bagaimana cara mengetahui EPP Code? Semuanya akan dibahas tuntas pada artikel ini. Silakan Anda simak artikel ini sampai selesai.

Baca Juga : Perbedaan Blog Dengan Website Yang Tidak Banyak Orang Tahu

EPP Code atau EPP Key adalah kode otorisasi domain sebagai kode keamanan dan berfungsi untuk melindungi hak-hak Anda sebagai pemilik mutlak domain. EPP Code akan kita butuhkan ketika kita ingin melakukan transfer domain. Misal domain semula adalah .net kemudian kita bermaksud ingin merubahnya ke domain .com. Maka syarat utama untuk melancarkan transfer domain tersebut adalah kita harus tahu berapa EPP Code domain semula kita.

Kasus lain pentingnya untuk mengetahui EPP Code adalah ketika kita ingin pindah hosting. Dengan catatan migrasi hosting disini adalah jika kita ingin melakukan transfer domain ke hosting baru.

Tanpa mengetahui EPP Code, maka transfer domain tidak akan bisa diselesaikan!

Biasanya EPP Code terdiri dari kombinasi huruf, angka, dan karakter unik yang mempunyai sifat case sensitive. Artinya EPP Code berisi kode yang membedakan penulisan huruf kapital dan huruf kecil.

Agar domain Anda kepemilikannya tidak jatuh ke orang lain, sebaiknya selalu menjaga kerahasiahan EPP Code. Jika EPP Code domain kita berhasil diketahui oleh orang lain, maka bisa jadi domain kita akan dibajak/dicuri kepemilikannya.

Berikut Cara Mengetahui EPP Code Domain

Jika sudah paham apa itu EPP Code, maka sekarang waktunya untuk mengetahui EPP Code kita sendiri. Disini saya akan memberikan contoh mendapatkan EPP Code di shared hosting idWEBHost.

Umumnya setiap shared hosting untuk mendapatkan EPP Code mempunyai cara yang sama ….

Silakan login di shared hosting masing-masing dengan akun yang sudah Anda miliki. Kemudian Anda klik plih menu Domain, dan jika di idWEBHost klik pilih Kelola Domain.

Jika Anda memiliki domain lebih dari satu didalam satu shared hosting, maka silakan pilih domain yang akan diketahui EPP Codenya!

Cara-Mengetahui-EPP-Code-Untuk-Keperluan-Transfer-Domain-1

Langkah selanjutnya (khusus untuk shared hosting idWEB Host) klik plih menu Alat Pengelolaan dan Ambil EPP Code.

Shared Hosting lainnya silakan dicari saja jika Anda sudah masuk ke halaman domain. Semua shared hosting akan menyediakan fasilitas untuk mengetahui EPP Code.

Cara-Mengetahui-EPP-Code-Untuk-Keperluan-Transfer-Domain-2

Nah sekarang kita sudah mengetahui EPP Code, lihat yang diberi kotak merah pada gambar di bawah!

Cara-Mengetahui-EPP-Code-Untuk-Keperluan-Transfer-Domain-3

Kemudian berapa lama waktu proses transfer domain ke shared hosting baru? Umumnya waktu minimal atau paling cepat adalah selama 5 hari. Tapi ada juga yang lebih cepat dari waktu itu dan bahkan lebih lama. Intinya proses lama atau sebentar waktu transfer domain itu tergantung pihak pemilik (registrar) pertama. Anda bisa terus menghubungi tim suport shared hosting awal untuk mempercepat proses transfer domain.

Mungkin hanya itu saja pembahasan Cara Mengetahui EPP Code Domain memalui shared hosting. Semoga bermanfaat …

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *