Home / Kesehatan / 7 Cara Mengurangi Mata Silinder Yang Dijamin Aman Dan Berkhasiat

7 Cara Mengurangi Mata Silinder Yang Dijamin Aman Dan Berkhasiat

Cara Mengurangi Mata Silinder Yang Dijamin Aman – Berbagai jenis kelainan pada mata salah satunya adalah mata silinder atau astigmatisme yang disebabkan oleh kelainan refleksi lensa mata.

Baca Juga : Yuk Cari Tahu 8 Penyebab Sering Kedutan Pada Mata Menurut Sisi Medis

Menurut medis masalah mata silinder terjadi karena bentuk permukaan mata yang disebut kornea atau lensa mata berada pada posisi yang lebih dalam sehingga cekungan yang berada di bagian tengah dan pinggir memiliki perbedaan.  Efek dari adanya cekungan yang berbeda tersebut mengakibatkan penderita akan melihat benda seolah menjadi dua, karena bayangan benda jatuh pada retina ada dua.

Berbeda dengan mata normal yang mempunyai permukaan yang rata pada tiap-tiap arahnya, sedangkan pada permukaan mata silinder akan terdapat beberapa daerah yang lebih condong ke dalam. Namun bukan berarti mata silinder tidak bisa disembuhkan.

Berikut Ini Cara Mengurangi Mata Silinder Yang Perlu Anda Ketahui

Cara menyembuhkan mata silinder terbilang cukup susah dibanding dengan menyembuhkan mata minus. Karena kornea dan lensa mata silinder tidak dapat melihat serta membaca objek yang ditangkap mata secara jelas, baik dari jarak dekat maupun jauh. Meskipun tingkat penyembuhannya terbilang cukup susah, namun dengan teknologi yang semakin canggih bisa memudahkan pengobatan mata silinder.

Cara mengurangi mata silinder terdapat dua cara, menggunakan teknologi canggih seperti operasi laser, atau menggunakan cara alami seperti berikut ini :

1. Melakukan Olahraga Mata Untuk Memperbaiki Mata Silinder

Waktu yang tepat untuk melakukan olahraga mata silinder adalah setiap pagi hari dan malah hari sebelum tidur. Lakukan olahraga mata secara rutin agar mata Anda lebih lentur, dan pada saat Anda membuka mata akan mendapat oksigen yang cukup.

Caranya sangat mudah, gerakkan mata ke arah kanan dan ke kiri lalu luruskan pandangan ke depan, selanjutnya tekan kedua pelipis mata. Setelah itu pijat memutar searah jarum jam dan pijit perlahan bagian belakang bawah kepala. Olahraga tersebut mampu melatih mata Anda supaya lebih lentur.

2. Jangan Bergantung Pada Kacamata Coba Kompres Mata Dengan Air Hangat

Cara mengurangi mata silinder selanjutnya adalah dengan melakukan kompres mata menggunakan air hangat. Jangan biasakan mata Anda bergantung pada kacamata, karena biasanya penggunaan kacamata dalam jangka panjang malah memperburuk kondisi mata Anda. Coba kompres mata Anda supaya otot-otot mata menjadi lentur dan mata tidak tegang sehingga mata lebih rileks. Lakukan kebiasaan tersebut secara rutin agar mata silinder Anda lebih cepat berkurang.

3. Jaga Kebersihan Mata Agar Kotoran Tidak Menghalangi Sistem Pandang

Tahukah Anda bahwa salah satu penyebab mata silinder adalah kornea mata yang tidak mampu memfokuskan objek secara jelas. Oleh sebab itu menjaga kondisi mata untuk tetap bersih adalah hal yang sangat penting. Apabila kotoran mengganjal di mata maka secara langsung akan mengganggu kinerja kornea dan lensa sehingga penderita semakin kesulitan memfokuskan suatu objek.

Baca Juga : Kupas Tuntas 8 Cara Mengobati Mata Bintitan Dalam Sekejap, Silakan Dicoba!

Cara membersihkan mata cukup mudah, Anda dapat menyeka lensa mata menggunakan kapas yang telah direndam dengan air. Seka mata dari kiri ke kanan dengan sekali usap saja. Bagaimana cara mengurangi mata silinder tersebut sangat mudah bukan.

4. Hindari Penggunaan Handuk Dengan Orang Lain

Menghindari penggunaan handuk dengan orang lain merupakan cara mengurangi mata silinder yang sering disepelekan. Padahal berbagi barang yang dimiliki dengan orang lain sangat fatal akibatnya, karena penderita silinder sangat rentan terhadap infeksi pada kornea. Jika barang tersebut dijangkiti oleh bakteri dari orang lain, maka bukan tidak mungkin bakteri tersebut cepat beralih di mata Anda dan menularkan penyakit pada mata.

5. Menggunakan Kacamata Silinder Dengan Ukuran Yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Penggunaan kacamata merupakan cara yang sangat mudah untuk mendeteksi kondisi mata yang penglihatannya kabur atau berbayang karena masalah mata silinder. Berbeda dengan mata minus, mata silinder cenderung akan tetap pada ukuran tersebut meskipun Anda menggunakan ukuran kacamata yang tepat dengan yang Anda butuhkan. Silinder malah akan bertambah ukurannya jika Anda menggunakan ukuran kacamata yang tidak sesuai dengan aslinya.

6. Penuhi Asupan Gizi Seperti Mengkonsumsi Suplemen

Kekurangan zat atau gizi adalah pemicu munculnya penyakit mata silinder. Sama dengan tubuh, mata pun juga membutuhkan asupan gizi yang cukup untuk kesehatan mata. Makanan yang mengandung vitamin A terbukti baik untuk kesehatan mata Anda. Jika Anda tidak mau repot memilih makanan yang mengandung vitamin A, konsumsi saja suplemen yang telah dianjurkan dokter. Karena saat ini banyak suplemen alami yang berkhasiat untuk mata seperti wortel, ikan salmon, dan lain lain.

Baca Juga : 5 Khasiat Mujarab Dan Manfaat Buah Wortel Untuk Kecantikan Serta Kesehatan

7. Hindari Kebiasaan Buruk Salah Satunya Pemakaian Brightness Berlebihan

Pemakaian brightness yang berlebihan adalah kebiasaan buruk yang perlu Anda tinggalkan, karena kebiasaan tersebut akan memperburuk mata silinder Anda. Selain itu kebiasaan buruk lainnya Anda perlu menghindari menonton TV atau layar komputer dengan jarak yang terlalu dekat. Buatlah mata Anda nyaman dalam melakukan aktivitas sehari-hari agar mata tidak terlalu lelah.

Ok mungkin artikel Cara Mengurangi Mata Silinder Yang Dijamin Aman dicukupkan sekian saja. Semoga artikel ini ada manfaatnya terutama bagi Anda yang saat ini sedang mengalami masalah dengan mata silinder. Sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya dan salam sukses selalu …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

2 comments

  1. Terimakasih banyak atas informasinya,saya akan membagikanya kepada teman-teman saya yang kebetulan kena mata silinder

  2. Aku kena ini bos tapi minus bukan silinder, semoga cara ini juga bekerja untuk memperbaiki mata minus..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.