Home / Software / Cara Simpan File CDR Untuk Semua Versi

Cara Simpan File CDR Untuk Semua Versi

Cara Simpan File CDR Untuk Semua Versi – File CDR adalah file format editor program basis vektor CorelDRAW. Jika kita mengerjakan projek desain grafis di CorelDRAW secara default akan tersimpan format CDR. Dengan file format CDR ini dilain waktu kita akan bisa melakukan perubahan lagi (edit) menggunakan CorelDRAW. Jika di Photoshop adalah file format PSD. Jadi jika kita kedepannya akan melakukan perubahan pada file yang telah dibuat di CorelDRAW, maka sebaiknya kita simpan kedalam format CDR.

Baca Juga : Masalah Ketika Install CorelDRAW X7 Di OS Windows

Bagi Anda yang bekerja pada bidang desain grafis, CorelDRAW adalah salah satu program yang wajib dimiliki dan dikuasai. Karena dengan CorelDRAW kita bisa lebih mengekplorasi lagi bakat desain. Dan memang CorelDRAW khusus dipersembahkan bagi desainer. Banyak sekali tool-tool CorelDRAW untuk memanjakan penggunanya. Hasil olahan CorelDRAW akan menciptakan ribuan desain-desain. Tentunya jika dikerjakan secara profersional, ini akan menghasilkan uang lumayan besar. Contoh hasil karya program CorelDRAW seperti kartu nama, undangan pernikahan, spanduk, banner, kalender, logo, dan masih banyak lagi.

Seperti halnya program lainnya, untuk menyempurnakan demi mengembangkan tool-tool CorelDRAW, maka program ini selalu diperbarui versinya. Pada tahun ini atau ketika artikel ini diterbitkan CorelDRAW sudah mencapai versi X7. Dari setiap versi CorelDRAW selalu diupdate fitur-fiturnya. Setiap kekurangan-kekurangan yang terdapat pada versi sebelumnya, maka akan diperbaiki pada versi selanjutnya.

Namun sayangnya dari setiap versi CorelDRAW file CDR yang kita kerjakan tidak kompatibel dengan CorelDRAW versi sebelumnya. Artinya jika kita mengerjakan projek di CorelDRAW versi lebih baru maka tidak bisa dibuka pada CorelDRAW versi lama atau versi sebelumnya. Contohnya kita membuat file CDR di CorelDRAW X7 maka file CDR tersebut tidak akan bisa dibuka pada CorelDRAW versi dibawahnya, seperti X6, X5, X4, dan seterusnya.

Jika Anda menemui masalah tersebut tidak perlu khawatir, karena saya mempunyai solusinya. Sehingga jangan takut lagi file CDR tidak bisa dibuka di CorelDRAW versi sebelumnya. Kuncinya adalah terletak pada proses simpan file CDR.

Cara Simpan File CDR Supaya Bisa Dibuka Di CorelDRAW Semua Versi

Cara simpan file CDR agar tetap bisa dibuka dan bisa kita kerjakan untuk melakukan editing/perubahan adalah sebagai berikut. Ketika Anda selesai membuat projek di CorelDRAW, selanjutnya pasti Anda akan menyimpannya kedalam format CDR. Namun perlu diperhatikan, agar file CDR tersebut nantinya bisa dibuka di semua versi CorelDRAW maka ketika Anda menyimpan file CDR dari File > Save atau Save As maka akan dihadapkan pada kotak dialog Save seperti pada gambar dibawah ini :

cara-simpan-file-cdr-1

Pertama Anda tentukan jenis file yang akan disimpan pada Save as type. Tentunya disini kita tentukan file format CDR – CorelDRAW. Langkah selanjutnya Anda klik Version, dan pilih versi yang akan tentukan. Disini saya memberi contoh pada CorelDRAW X4, maka otomatis pilihan paling atas adalah Version 14.0. Setelah menentukan versi, terakhir klik Save.

Sekarang file CDR Anda sudah bisa dibuka di CorelDRAW yang sesuai dengan pilihan Anda pada penentuan versi. Bagaimana mudah bukan? Dan mungkin hanya itu saja tulisan tentang  cara simpan file CDR agar bisa dibuka di CorelDRAW semua versi.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

16 comments

  1. Apakah cara menyimpan ini berlaku untuk semua versi corel draw?

  2. Berkunjung gan, salam blogger, nice posting. Makasih ilmunya ya

  3. Kalo mau buka file x7 di x6 pilih versi berapa?

  4. Ohhh gitu pantesan waktu saya buka format x7 di x6 di tukang percetakan dia malah bilang leptop saya yang eror.. rupanya bener pendapat saya kalo versi yang lebih atas gak bisa di buka ama versi yg dibawahnya, dan ini caranya..

    • restu arliyanto

      mav kak.di laptop saya malah di suruh enter serial number
      padahal aku udh ngelakuin petunjuk di atas kaka.
      bisa tolong kak?
      contek saya:
      pin:5A68D5C4
      Watshap:089615897823

  5. Kak, coreldraw saya X4 supaya bisa masuk ke versi x5-x7 pakai yg version apa kak ? Soalnya di percetakan ga bisa kebuka file cdr X4 sya.

    • Kalau file CDR dikerjakan di versi rendah daripada CorelDRAW yang membukanya maka tidak perlu diubah apapun mas. Kecuali jika kasus tersebut sebaliknya.

  6. Bermanfaat banget, sebelumnya udah bingung mau print sertifikat dari cdr x7, saking buru2nya dan putus asa terpaksa di buat di cdr versi 12, haha.. konyol

  7. kenapa ya gan setiap saya save as dari x7 ke versi yang lebih rendah
    file gradasi berbentuk vektor menjadi britmap
    mohon pencerahanya gan

  8. Gan mohon pencerahan… kalau file x4 mau di rubah ke x3 pilih version berap ya? Sebelum di save…… tolong replay ya gan…

    Thank’u

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *