Home / Kesehatan / 11 Gejala Asam Lambung Kronis Yang Perlu Diwaspadai Bisa Sebabkan Kematian

11 Gejala Asam Lambung Kronis Yang Perlu Diwaspadai Bisa Sebabkan Kematian

Gejala Asam Lambung Kronis – Asam lambung  atau HCL merupakan salah satu enzim yang berperan penting dalam sistem pencernaan. Asam lambung dapat memudahkan makanan yang Anda konsumsi untuk dilumatkan dan dicerna. Selain itu, asam lambung juga dapat membunuh bakteri yang masuk ke dalam makanan yang Anda konsumsi.

Baca Juga : Berikut Adalah 6 Obat Tradisional Asam Lambung Yang Wajib Kamu Tahu

PH asam lambung normal berkisar antara 1,5-3,5. Kadar asam lambung yang tinggi dapat menimbulkan penyakit maag dan gangguan pencernaan lainnya. Lebih parah lagi, asam lambung yang kronis dapat memicu penyakit GERD atau Gastro Esophagel Reflux Disease.

Jenis penyakit yang akhir-akhir ini familiar di kalangan masyarakat yang menyebabkan meninggalnya salah satu hostDrOz, dr. Rian Thamrin. Sebelum terlambat, berikut ini gejala asam lambung kronis yang perlu Anda waspadai.

1. Rasa Terbakar Di Area Dada

Gejala asam lambung kronis yang sering tidak disadari adalah rasa terbakar di area dada. Asam lambung yang naik dari daerah lambung menuju kerongkongan akan memicu efek terbakar dan panas pada daerah yang dilewati.

2. Perut Terasa Perih Dan Nyeri

Anda merasa nyeri dan perih setelah habis makan besar?. Jangan takut berlebihan namun jangan pula disepelekan. Ini bisa jadi salah satu gejala asam lambung kronis. Rasa perih dan nyeri di perut biasanya muncul setelah Anda mengkonsumsi makanan yang dapat memicu naiknya asam lambung. Yaitu makanan yang bersifat asam dan pedas seperti cuka,buah yang asam, sambal dan sebagainya.

3. Rasa Pahit Di Mulut

Selain menimbulkan terbakar dan panas, asam lambung jika melewati mulut juga akan menimbulkan rasa pahit dan tidak enak di mulut. Bahkan ada yang lebih ekstrim lagi yaitu menimbulkan efek tersedak.

4. Perut Mual Dan Kembung

Banyak orang meyakini bahwa  perut mual dan kembung identik dengan gejala masuk angin. Padahal asam lambung yang naik dapat menyebabkan nyeri dan perih dibagian lambung yang dapat memicu kembung dan mual. Biasanya rasa mual ini akan muncul setelah Anda mengkonsumsi makanan yang pedas atau asam.

5. Sendawa Berulang-ulang

Sendawa merupakan hal biasa. Namun menjadi tidak biasa jika mengalami sendawa yang berulang-ulang.  Sama halnya dengan beberapa gejala sebelumnya, naiknya asam lambung ke arah kerongkongan hingga mulut atau reflux menjadi pemicu utamanya. Biasanya gejala ini juga disertai dengan rasa mual dan ingin muntah.

6. Munculnya Air Liur yang Berlebihan

Saat asam lambung naik jumlah air liur yang diproduksi akan bertambah dan berlebihan. Jumlah yang berlebih disebabkan karena adanya pembersihan iritan-iritan yang ada di dalam lambung.

7. Laringitis

Naiknya asam lambung ke daerah kerongkongan dan tenggorokan yang menginfeksi  pita suara dapat menyebabkan laringitis atau peradangan pada bagian laring. Efek yang ditimbulkan antara lain rasa sakit ketika menelan makanan dan nyeri pada bagian kerongkongan ataupun tenggorokan.

8. Nafas Menjadi Bau

Bau mulut sering diidentikkan dengan malas menggosok gigi. Nyatanya, bau mulut bisa menjadi salah satu indikasi gejala asam lambung kronis. Selain menimbulkan rasa pahit di rongga mulut, asam lambung juga akan menimbulkan efek bau mulut tidak sedap.

9. Sulit Menelan Makanan

Asam lambung yang naik hingga ke tenggorokan menyebabkan saluran tersebut agak tersumbat. Selain itu, asam lambung yang naik juga akan menyebabkan penyempitan esofagus. Penderita  seolah-olah merasakan adanya benjolan di bagian tenggorokan yang menghalangi proses tertelannya makanan menuju lambung. Hal ini yang menyebabkan penderita kesulitan dalam menelan makanan.

10. Keringat Dingin

Banyak yang mengira jika penyakit asam lambung merupakan penyakit biasa yang bisa hilang dalam waktu yang singkat. Namun jika tidak diobati dengan segera, asam lambung bisa menjadi penyakit kronis yang berbahaya. Salah satu gejala yang tidak biasa adalah biasanya penderita akan mengalami keringat dingin. Hal itu disebabkan karena adanya rasa sakit pada ulu hati atau pada bagian perut lainnya.

11. Berat Badan Berkurang

Nafsu makan yang menurun drastis bisa menjadi indikasi gejala asam lambung kronis. Hal itu disebabkan karena penderita merasa mual dan tidak nyaman di perut. Akibatnya, berat badan akan berkurang disebabkan karena berkurangnya asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Baca Juga : Sakit Perut Jangan Dianggap Enteng! Ketahui Jenis Sakit Perut Anda Dari Ciri-Cirinya

Itulah beberapa gejala asam lambung kronis yang perlu Anda perhatikan dan waspadai. Jika ada mengalami gejala-gejala tersebut segera perbaiki pola makan Anda. Atur pola makan yang teratur dan rajin berolahraga. Dan jangan lupa untuk selalu periksa ke dokter agar Anda mendapatkan pengobatan sejak dini.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.