Home / Teknologi / 3 Layanan Online Untuk Transfer File Antar Cloud Storage Yang Direkomendasikan

3 Layanan Online Untuk Transfer File Antar Cloud Storage Yang Direkomendasikan

3 Layanan Online Transfer File Antar Cloud Storage – Cloud Storage adalah media penyimpanan file secara online. Cloud Storage sering disebut juga penyimpanan awan karena data file disimpan pada server Cloud Storage itu sendiri. Dengan begitu untuk mengakses file yang tersimpan dilayanan Cloud Storage user harus terhubung dengan koneksi internet. Data file yang tersimpan di Cloud Storage tidak ada dalam hardisk Komputer / Laptop kita. Kemudian untuk menggunakan layanan Cloud Storage biasanya kita harus sudah terdaftar pada layanan yang kita gunakan. Kapanpun dan dimanapun kita dapat mengakses file yang berada di penyimpanan awan ini jika dibutuhkan.

Baca Juga : Cara Backup File WordPress Di cPanel Dengan FTP Ke Google Drive Tanpa Plugin

Penyimpanan file di Cloud Storage akan lebih efektif dibanding menyimpan file di Komputer / Laptop. Anda tidak takut akan kehilangan hardisk atau flashdisk yang didalamnya berisi data-data penting. Asalkan Anda mempunyai perangkat untuk mengaksesnya dan sudah terhubung ke internet maka file-file Anda bisa digunakan. Saat ini umumnya Cloud Storage sudah kompatible dengan Sistem Operasi Windows. Hal ini layaknya Anda menyimpan data file di dalam Komputer / Laptop.

layanan-online-transfer-file-antar-cloud-storage-1

Disini saya tidak akan membahas lebih jauh tentang Cloud Storage. Insya Allah kedepannya akan saya bahas lebih rinci lagi pada artikel selanjutnya. Disini saya akan membahas bagaimana cara transfer file antar Cloud Storage tanpa harus melewati proses download file.

Berikut 3 Layanan Online Transfer File Antar Cloud Storage Yang Direkomendasikan

Ketika kita sedang menggunakan layanan Cloud Storage tertentu kadangkala kita ingin memindahkan file yang tersimpan didalamnya kedalam layanan Cloud Storage lainnya. Misal awalnya kita menyimpan file di Cloud Storage DropBox, kemudian kita ingin transfer file tersebut ke Cloud Storage Google Drive. Alasan kita memindahkan file adalah kapasitas di Cloud Storage pertama sudah penuh dan kita bermaksud ingin menjadikan file dalam satu Cloud Storage saja. Pertanyaannya apakah kita perlu melakukan download file dari Cloud Storage pertama kedua upload file ke Cloud Storage kedua? Jawabannya tidak perlu! Langkah tersebut akan memakan waktu lebih lama lagi dan tentunya paket internet Anda akan cepat terkuras habis.

Jaman serba canggih seperti saat ini tentunya kita sebagai pengguna harus memanfaatkan fasilitas tersebut. Seperti jika Anda ingin memindahkan file antar Cloud Storage saat ini tidak perlu melakukan proses download dulu. Kita cukup menggunakan layanan online yang khusus untuk kita gunakan melakukan transfer file antar Cloud Storage.

1. Layanan Online MultCloud

layanan-online-transfer-file-antar-cloud-storage-2

Layanan online pertama yang dapat kita gunakan untuk keperluan transfer file antar Cloud Storage adalah MultCloud. Layanan ini adalah yang paling sering saya gunakan juga. Tampilan yang sederhana sehingga kita akan mudah dalam menggunakannya. Untuk memenuhi kebutuhan transfer file antar Cloud Storage di MultCloud kita akan diberikan kapasitas sebesar 2 TB. Jika kapasitas tersebut tidak cukup maka Anda bisa upgrade akun kelayanan berbayar, yaitu $4.99/bulan (Unlimited).

Jika Anda ikut program mereka yaitu mempromosikan link MultCloud maka akan mendapatkan kapasitas transfer sebesar 10 TB. Tentunya kapasitas ini bukan merupakan kapasitas kecil. Saya rasa Anda mau transfer apa dengan kapasitas 10 TB atau 10.000 GB?

Hampir semua layanan Cloud Storage sudah mendukung layanan transfer file di MultCloud seperti Amazon, Box, Google Drive, DropBox, dan Cloud Storage lainnya. Silakan untuk membuktikannya Anda bisa mengakses layanan MultCloud di URL www.multcloud.com. Sebelumnya saya sudah pernah menulis Cara Memindahkan File DropBox Ke Google Drive  menggunakan layanan MultCloud.

2. Layanan Online Mover

layanan-online-transfer-file-antar-cloud-storage-3

Keberadaan Mover cukup terkenal juga sebagai layanan online transfer file antar Cloud Storage. Sayangnya untuk menikmati fitur transfer di Mover kita meski rela transfer budget $20/transfer. Tentunya ini adalah sangat memberatkan kita terutama untuk kantong orang Indonesia. Namun jika Anda penasaran ingin menggunakan layanan Mover, silakan akses di URL mover.io.

Seperti halnya MultCloud, di layanan Mover juga hampir setiap Cloud Storage terkemuka sudah mendukung untuk digunakan. Jangan khawatir jika Anda mempunyai file yang tersimpan di Cloud Storage seperti Google Drive, DropBox, Box, OneDrive, dan sebagainya akan bisa ditransfer menggunakan layanan Mover.

3. Layanan Online Cloudsfer

layanan-online-transfer-file-antar-cloud-storage-4

Ini adalah layanan online file transfer yang terakhir yaitu Cloudsfer. Seperti halnya dua layanan online diatas, hampir semua Cloud Storage sudah bisa digunakan di Cloudsfer. Untuk sekedar menikmati transfer file sebesar 10 GB Anda bisa menggunakan fitur gratis dari Cloudsfer. Jika kapasitas tersebut tidak cukup, Anda bisa menggunakan paket Personal $0.75/GB. Selain paket Personal tersedia juga paket Bussines yang masing-masing memiliki harga berbeda-beda.

Untuk menggunakan layanan online di Cloudsfer, silakan Anda akses URL www.cloudsfer.com. Selamat mencoba!

Ok mungkin artikel 3 Layanan Online Transfer File Antar Cloud Storage dicukupkan sekian saja. Layanan online mana yang Anda sukai? Murah belum tentu jelek dan mahal belum tentu bagus. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren lainnya.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *