Home / Kesehatan / Jangan Sampai Tidak Makan Brokoli Gan, Karena Banyak Sekali Manfaatnya

Jangan Sampai Tidak Makan Brokoli Gan, Karena Banyak Sekali Manfaatnya

Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan – Sungguh menakjubkan tanaman sayuran yang satu memang banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan. Kelompok sayuran kubisan-kubisan (Brassicaceae) atau lebih dikenal dengan nama brokoli memang sudah lama dibudiyakan. Ya brokolo ini kabarnya sudah ada sejak jaman Yunani Kuno. Tanaman sayuran brokoli masuk ke Indonesia sekitar tahun 1970-an. Karena sudah lama ada di Indonesia maka tidak heran kalu brokoli cukup populer juga sebagai bahan pangan.

Baca Juga : 8 Manfaat Bawang Putih Tergolong Ampuh Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Tanaman sayuran brokoli yang dapat kita makan adalah bagian kepala bunganya yang berwarna hijau. Dimana bagian ini terbentuk dengan tersusun rapat seperti cabang pohon serta mempunyai batang yang tebal. Umumnya kepala bungan brokoli akan dikelilingi oleh dedaunan. Sayuran brokoli sangat mirip dengan sayuran kembang kol. Bedanya jika brokoli berwarna hijau sedangkan kol berwarna putih.

Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan

Tanaman sayuran brokoli dapat hidup dengan sempurna pada cuaca dingin. Mungkin kita hanya tahu kalau selama ini sayuran brokoli itu manfaatnya hanya untuk pelengkap makanan saja. Dimana biasanya brokoli ini dimasak dengan cara dikukus atau dengan cara lainnya. Tahukah Anda bahwa kandungan yang tersimpan dalam tanaman sayuran brokoli bukan hanya itu saja, banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan.

Kandungan gizi yang terdapat dalam sayuran brokoli sangat lengkap yang cukup baik untuk memenuhi kebutuhan suplemen gizi tubuh kita. Didalam brokoli tersimpan Vitamin A, Vitamin C, Vitamin B, dan Vitamin K. Kemudian tidak ketinggalan juga dengan Kalsium, Zat Besi, dan Kalori.

Berikut Manfaat Lengkapnya Sayuran Brokoli Bagi Kesehatan

Sayuran yang biasa kita abaikan begitu saja karena tidak tahu manfaatnya maka saat ini mari kita bahas dampak apa saja yang ditimbulkan dari rajinnya mengkonsumsi tanaman sayuran brokoli. Mari kita bahas 10 manfaat brokoli bagi kesehatan :

1. Dapat Mengontrol Kolesterol

Masak brokoli dengan cara direbus yang manfaatnya dapat mengendalikan penumpukan kolesterol dalam tubuh Anda. Brokoli yang direbus juga dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung serta mampu menghindarkan dari gejala penyakit jantung.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Agar mata kita sehat dan mempunyai penglihatan yang baik maka tubuh harus diberi asupan makanan yang mengandung Vitamin A. Brokoli juga mengandung Vitamin A yang cukup memberikan asupan gizi tubuh Anda. Kemudian kandungan lutein yang terdapat pada brokoli juga mampu menjaga kerusakan mata yang disebabkan oleh sengatan sinar matahari.

3. Baik Untuk Menjaga Sistem Pencernaan

Brokoli mengandung sulforaphane yang mempunyai khasiat untuk mengontrol tubuh Anda dari penyakit maag dan infeksi lambung. Dengan begitu sistem pencernaan tubuh Anda akan sehat.

4. Sebagai Sumber Antioksidan

Brokoli sangat kaya akan Vitamin C dalam kandungannya, dimana Vitamin C ini akan berperan sebagai antioksidan yang selanjutnya akan membantu tubuh kita dalam memerangi radikal bebas.

5. Sistem Imun Akan Meningkat

Dengan mengkonsumsi rebusan sayuran brokoli maka akan meningkatkan kekebalan atau daya tahan tubuh Anda. Sehingga pada akhirnya tubuh tubuh akan tidak mudah terserang penyakit berbahaya.

6. Dapat Mencegah Penyakit Kanker

Brokoli yang dicampur dengan buah tomat beberapa studi telah melakukan pembuktian bahwa mampu mencegah penyakit kanker terutama kanker prostat dan kanker payudara. Brokoli mengandung indole, isothiocyanate, dan fitokomia dimana kandungan-kandungan ini akan mampu mencegah serta mengobati penyakit kanker tertentu.

7. Mampu Mengontrol Tekanan Darah

Brokoli mengandung potasium dimana kandungan ini dapat mengontrol tekanan darah didalam tubuh Anda. Mengkonsumsi rebusan brokoli setiap hari juga akan memberikan efek positif terhadap penyakit tekanan darah tinggi.

8. Brokoli Dapat Menjaga Kesehatan Jantung

Brokoli yang dimasak tidak terlalu lama, tidak digoreng, dan brokoli segar langsung dimasak maka sangat baik bagi kesehatan jantung Anda.

9. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan senyawa glucoraphanin yang terdapat dalam sayuran brokoli mampu memberikan efek baik bagi kesehatan kulit Anda. Kulit rusak akibat sengatan matahari dan proses penuaan disarankan agar rajin memakan sayuran brokoli ini. Siapa yang tidak ingin memiliki kulit cantik terutama bagi kaum hawa. Brokoli kaya akan Vitamin C, Vitamin B Kompleks, Beta Karoten yang sangat cocok bagi perawatan kulit Anda. Kemudian Vitamin E yang terdapat dalam kandungan brokoli bagus juga untuk mempercepat regenerasi sel kulit mati.

10. Mampu Meningkatkan Kecerdasan

Ko bisa dengan makan sayuran brokoli dapat meningkatkan kecerdasan otak? Selain vitamin-vitamin yang sudah dijelaskan diatas kemudian brokoli juga mengandung asam lemak omega-3. Kandungan ini sangat bagus untuk proses perkembangan otak terutama bagi anak kecil.

Baiklah mungkin tulisan 10 Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan dicukupkan sekian saja. Sebenarnya masih banyak khasiat yang tersembunyi didalam tanaman sayuran brokoli ini. Ok lain kali jika ada kesempatan baik akan saya sambung kembali. Semoga bermanfaat.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *