Home / WordPress / Cara Lengkap Restore Database WordPress Melalui cPanel

Cara Lengkap Restore Database WordPress Melalui cPanel

Cara Lengkap Restore Database WordPress Melalui cPanel – Restore dan backup memang selalu berdampingan. Maka dari itu belum lengkap rasanya jika kita mengetahui cara backup seluruh konten WordPress namun tidak paham bagaimana cara merestorenya. Awalnya kita melakukan backup seluruh data WordPress untuk jaga-jaga terhadap beberapa hal buruk. Seperti WordPress kesayangan kita kena suspend, berhasil dijebol hacker, atau mungkin untuk keperluan migrasi hosting. Tentunya kita tidak ingin kalau seluruh data WordPress raib begitu saja. Namun jika kita sudah mempunyai backupannya, maka mudah saja kita tinggal merestore kembali semua konten WordPress.

Baca Juga : Cara Membuat Menampilkan Font Awesome Di Post Meta WordPress

Restore data WordPress yang akan saya bahas kali ini khusus bagi Anda yang mempunyai blog CMS WordPress hosting sendiri (self hosting). Untuk WordPress gratisan (WordPress.com) mungkin caranya akan saya bahas pada artikel selanjutnya. Namun untuk sekedar pengetahuan Anda saja, jika blog WordPress Anda adalah masih WordPress.com maka lanjutkan saja menyimak artikel ini sampai selesai.

Demi menjaga keamanan seluruh data WordPress kita, maka sebaiknya secara berkala agar rajin melakukan backup. Tidak semua data WordPress harus kita amankan. Hanya data-data pentingnya saja, yaitu seluruh folder yang berada di direktori wp-content dan database my sql. Data yang ada di direktori wp-content biasanya menyimpan data penting seperti plugin, tema (template), dan lain-lain. Kemudian agar seluruh data yang berada di wp-content bisa dijalankan dengan normal, kita meski melakukan backup file database juga. Dan juga biasanya didalam database biasanya terdapat file untuk menampilkan seluruh komentar, dan sebagainya. Cara melakukan backup semua data penting WordPress, bisa disimak pada artikel Cara Backup Semua Konten Di WordPress.

Cara Restore Database WordPress Dan WP-Content Melalui cPanel (Self Hosting)

Baiklah mari kita bahas cara melakukan restore data penting WordPress yang mencakup file wp-content dan file database. Saya anggap Anda sudah mempunyai kedua data penting tersebut yang tersimpan di dalam komputer. Dan harus diingat sebelum kita melakukan restore database dan wp-content, Anda harus membuat atau melakukan compress kedua file tersebut kedalam format .zip.

1. Cara Restore File WP-Content WordPress melalui cPanel

Agar lebih mudah dalam mempraktekkannya, tutorial cara restore ini saya bagi kedalam dua bagian. Dan yang pertama akan kita bahas adalah cara melakukan restore file direktori utama WordPress wp-content.

Silakan Anda login ke cPanel masing-masing menggunakan username dan password yang biasa Anda lakukan. Kemudian dari File Manager dan pilih Web Root (public_html/www). Setelah tampilan semua File Manager terbuka dengan sempurna, Anda klik public_html. Jika Anda mempunyai subdomain, maka pilih juga folder nama subdomain WordPress Anda. Saya anggap disini Anda tidak memiliki subdomain, maka dari public_html Anda pilih folder wp-content kemudian Anda hapus dengan memilih Delete.

Restore Database WordPress

Restore file wp-content biasanya kita lakukan juga saat upgrade CMS WordPress. Namun itu juga jika kita lupa menghapus file wp-content ketika melakukan update manual WordPress. Umumnya restore file wp-content ketika kita migrasi hosting, misal ketika pindah hosting dari NiagaHoster ke idWEBHost.

Setelah file wp-content terhapus dengan sempurna, kini saatnya Anda mengganti file wp-content dengan yang baru. Atau dengan file wp-content hosting lama ke hosting yang baru (kasus migrasi hosting). Caranya Anda klik Upload maka akan terbuka sebuah halaman baru untuk melakukan upload data.

Cara Lengkap Restore Database WordPress Melalui cPanel 2

Klik Pilih File dan cari dimana Anda menyimpan file wp-content format .zip yang sudah tersimpan di dalam komputer. Jika sudah ditemukan, klik Open dan tunggu beberapa saat selama proses upload file wp-content selesai dengan sempurna (Complete 100%). Progress lama sebentarnya upload file wp-content tergantung ukuran file wp-content yang Anda upload.

Cara Lengkap Restore Database WordPress Melalui cPanel 3

Jika sudah selesai dengan sempurna upload file wp-content, tutup halaman upload data tersebut dan kembali ke halaman public_html. Dan sekarang didalam public_html sudah terdapat file wp-content baru format.zip. Sampai disini Anda belum selesai, sekarang Anda harus melakukan Extract file wp-content dengan cara pilih file wp-content format .zip dan klik Extract. Tunggu beberapa saat sampai proses extract selesai dengan sempurna. Jika sudah selesai, hapus saja file wp-content format zip tersebut untuk menghemat space hosting Anda.

Cara Lengkap Restore Database WordPress Melalui cPanel 4

2. Cara Restore Database WordPress melalui cPanel

Sekarang kita saatnya melalukan restore database WordPress. Disinipun saya anggap Anda sudah mempunyai hasil backup Database format .zip (MySQL Databases. Kembali ke halaman cPanel dan Anda pilih phpMyAdmin yang berada di dalam deretan Databases. Cara masuk ke phpMyAdmin sama dengan cara merubah username dan password login WordPress.

Cara Lengkap Restore Database WordPress Melalui cPanel 5

Anda akan dihadapkan ke halaman baru yang berisi seluruh file database WordPress. Jika Anda memiliki domain yang jumlahnya lebih dari satu (subdomain) sebaiknya Anda ketahui dulu domain mana yang direstore file databasenya. Hal ini bisa diketahui dari file wp.config yang terdapat di public_html atau direktori utama WordPress.

Setelah Anda paham domain mana yang akan direstore databasenya, atau mungkin Anda tidak memiliki subdomain lain maka tentunya mudah saja Anda tinggal memilih satu domain yang akan direstore file databasenya.

Klik domain yang akan direstore databasenya dan akan tampil disamping kanan deretan database lama Anda seperti postmeta, users, term_taxonomy, dan lain-lain. Centang semua file database tersebut dengan cara memilih Pilih Semua / Pilih tabel berbeban tambahan. Maka hal ini akan membuat seluruh file database ter-blok semua. Setelah seluruh tabel file database terpilih semua, Anda klik Hapus.

Cara Lengkap Restore Database WordPress Melalui cPanel 6

Sekarang dihadapan Anda akan muncul tampilan peringatan Do you really want to execute the following query?. Tanpa pikir panjang lagi, Anda klik Ya saja.

Cara Lengkap Restore Database WordPress Melalui cPanel 7

Dengan klik Ya maka semua table file database akan hilang/terhapus. Sekarang Anda ganti file database tersebut dengan database baru. Tentunya Anda sudah memiliki file backup database dalam format .zip di dalam komputer. Biasanya file database ini adalah format .sql.

Untuk mengupload file database Anda klik menu Impor dan Pilih File kemudian cari dimana letak file database yang akan Anda upload di dalam drive komputer.

Cara Lengkap Restore Database WordPress Melalui cPanel 8

Batas ukuran maksimal file database adalah 50 MB. Tenang saja biasanya ukuran file database ini kecil apalagi sudah kita kompress kedalam format .zip. Jika file database sql format .zip sudah pindah ke halaman berkas untuk diimpor, klik Kirim. Tunggu sampai proses upload dan ekstrak selesai dengan sempurna.

Cara Lengkap Restore Database WordPress Melalui cPanel 9

Ok selesai sudah cara restore database WordPress serta file wp-content melalui cPanel. Sekarang WordPress Anda sudah bisa digunakan degan sempurna. Silakan cek dengan login di wp-admin masing-masing. Bagaimana mudah bukan? Silakan selamat mencoba dan semoga Anda bisa terbantu dengan adanya artikel ini.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

12 comments

  1. Nah, ini dia tutorial yang selalu saya rekomendasikan ke setiap pemilik website berbasis WP yang mengalami masalah misalnya terkena malware atau virus

  2. tanya om, stelah restore database di login wordpress misal blogsaya.com/wp-admin malah disuruh melakukan instalasi wordpess lagi.gmn solusinya?

    • Ya sebaiknya sebelum restore database dan wp-content blognya sudah menggunakan CMS WordPress versi terbaru. Cara termudah install WordPress bisa melihat artikel ini gan.

  3. kalau perbedaan restore dan backup di cpanel apa ya gan? maaf ya gan saya awam masalah seperti ini. ingin belajar

  4. obat aborsi ampuh

    Nah, ini dia tutorial yang selalu saya rekomendasikan ke setiap pemilik website berbasis WP yang mengalami masalah misalnya terkena malware atau virus

  5. jasa lukis mural

    ia kadang juga di praktekin suka ada yg salah. Makasih Pak atas penjelasannya. Berarti harus sering2 back up ini ia, soalnya pake wp ini web saya.

  6. Thanks for sharing here
    I am very happy to read your review
    I hope you give a useful topic for everyone.

  7. Thanks for sharing your information, its great and i appreciated about it!

  8. Good tutorial, langkah-langkahnya jelas, tapi ketika dipraktekan, tampilan home malah hilang
    meski saya blank juga.
    Good article

  9. Thanks for sharing here.
    I am very happy to read your review.
    I hope you give a useful topic for everyone.

  10. Mas, saya barusan install wordpress di cpanel (manual tanpa softaculus), tp entah kenapa gagal. yang ingin saya tanyakan, bagaimana caranya mereset installasi tersebut? apakah cukup dengan menghapus file-file di dalam public html?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *