Apa Itu Virus Sality, Bagaimana Cara Membasminya Dari Komputer Sampai Tuntas?

Cara Membasmi Virus Sality Sampai Tuntas – Apakah saat ini komputer atau laptop Anda kinerjanya menjadi lambat dari biasanya? Atau Anda menemukan keanehan dari ukuran file tertentu, dimana ukurannya bertambah besar dari sebelumnya. Kemungkinan komputer atau laptop Anda terinfeksi Virus Sality. Secepatnya Anda meski bertindak untuk menghapus Virus Sality tersebut sebelum Virus berkembang biak menyerang seluruh sistem komputer. Anda bisa menghapus Virus Sality secara manual atau lebih mudahnya dengan cara otomatis yaitu menggunakan Anti Virus. Mungkin yang menjadi pertanyaan sekarang adalah bagaimana cara menghilangkan Virus Sality dan Anti Virus apa yang mampu membasmi Virus Sality? Disini saya akan coba membahasnya sampai tuntas.

Baca Juga : Yakin AntiVirus Yang Anda Gunakan Handal? Test Dulu Dengan 3 Cara Ini!

Apa itu Virus Sality? Virus Sality adalah virus komputer yang mampu menggandakan dirinya (duplikat) kemudian menyebar ke berbagai program komputer secara otomatis. Virus Sality tergolong virus bandel untuk membasminya. Jika tingkat keparahannya sudah tinggi, solusi terakhir untuk memusnahkan Virus Sality adalah dengan menginstall ulang Windows komputer. Namun itu bukan jalan satu-satunya, karena banyak juga yang sukses membunuh Virus Sality tanpa menginstall ulang Windows.

cara-membasminya-virus-sality-sampai-tuntas

Pintarnya Virus Sality adalah seringkali pengguna komputer tertipu. Pengguna komputer banyak yang tidak sadar kalau sebenarnya komputer telah terinfeksi Virus Sality. Jika dilihat sekilas, sulit untuk membedakan kondisi komputer antara yang terinfeksi Virus Sality dengan yang belum terinfeksi. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, cara mudah untuk membedakan komputer telah terinfeksi adalah dengan melihat ukuran file. Kita lihat ukuran file di komputer apakah terjadi pembengkakan ukuran dari yang sewajarnya atau tidak. Walaupun pembengkakan hanya dalam ukuran KB saja, namun itu sudah jelas tandanya komputer atau laptop terjangkit Virus Sality.

Untuk mengecoh pengguna komputer, hebatnya lagi jika kita menjalankan file yang terinfeksi Virus Sality akan berjalan normal seperti biasanya. Pengguna komputer akan dibuat tidak sadar bahwa file yang dijalankannya sudah bercokol Virus Sality. Sulitnya lagi mengecek file sudah terinfeksi adalah Virus Sality mampu menginjeksi file yang dihinggapinya dengan ukuran file virus yang tidak seragam. Jika Virus Sality sudah bertengger di sistem komputer maka secara cepat virus akan berkembangbiak. Sangat sulit untuk menemukan induk Virus Sality, dengan begitu walaupun kita telah menghapus anak-anak Virus Sality jika induk virus belum ditemukan maka percuma saja.

Sangat berbahaya lagi jika komputer yang terinfeksi dihubungkan dengan komputer lainnya, contohnya di warnet. Atau jika kita menghubungkan media eksternal seperti flashdisk ke USB komputer maka dengan cepat juga Virus Sality akan bertelur.

Bagaimana Cara Mencegah Komputer Agar Tidak Terinfeksi Virus Sality?

Jika komputer Anda yakin tidak terinfeksi Virus Sality, sebaiknya segera amankan komputer dengan mencegahnya. Untuk mencegah komputer dari serangan Virus Sality caranya mudah saja. Anda bisa mengaktifkan Firewall yang sudah terbenam di operasi sistem. Selain itu Anda juga bisa memasang Anti Virus terpercaya. Hampir semua Anti Virus itu bagus untuk mencegah Virus Sality. Point yang terpenting adalah apapun Anti Virusnya, Anda meski rajin untuk mengupdate Anti Virus tersebut. Percuma komputer dipasang 5 Anti Virus, namun satupun tidak pernah diupdate. Satu Anti Virus uptodate lebih bagus daripada 10 Anti Virus yang tidak pernah diupdate-update.

Sebagai rekomendasi, Anda bisa menggunakan Anti Virus Microsoft Security Essentials, Anti Virus AVG, dan Anti Virus AVIRA. Ketiga Anti Virus tersebut sudah teruji kehandalannya dalam menjaga komputer dari serangan virus seperti Virus Sality walaupun sufatnya gratis. Untuk menghadang virus lokal, Anda bisa menggunakan SMADAV.

Kemudian jika komputer Anda sudah dipasang Anti Virus terpercaya yang tentunya selalu diupdate, lakukan scanning kepada setiap media eksternal baru yang dimasukkan kedalam komputer. Misal Anda ingin copy data dari flashdisk teman, maka ketika flashdisk dihubungkan ke komputer jangan dulu dibuka atau di copy filenya, namun lakukan dulu scanning dengan Anti Virus.

Ketika berinternet atau ketika komputer dihubungkan ke internet jangan pernah mematikan Anti Virus yang sudah terpasang di komputer. Saat ini banyak proses penyebaran virus melalui media internet. Apalagi jika Anda suka download file dari internet, maka sebelum menggunakannya alangkah baiknya untuk melakukan scanning file dengan Anti Virus.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.