Home / Teknologi / Berikut Adalah Langkah Membersihkan Perangkat Elektronik Yang Baik dan Benar

Berikut Adalah Langkah Membersihkan Perangkat Elektronik Yang Baik dan Benar

Cara Membersihkan Perangkat Elektronik Yang Baik – Dalam kehidupan kita saat ini, perangkat-perangkat elektonik seperti laptop, tablet, smartphone, bahkan laptop menjadi hal yang sering kali kita gunakan setiap harinya. Baik digunakan untuk kebutuhan komunikasi ataupun untuk keperluan lain seperti untuk membantu kita dalam bekerja. Lalu, membersihkan perangkat elektronik, apakah mudah?

Baca Juga : Dengan Mencuci Motherboard Dapat Memperbaiki Motherboard Yang Rusak Mati Total

Sebenarnya, untuk membersihkan perangkat elektronik ini bukanlah suatu hal yang sulit hanya saja memang diperlukan beberapa persiapan dan urutan langkah tertentu agar proses membersihkan ini bisa berjalan lancar. Dan berikut ini merupakan informasi selengkapnya untuk Anda.

Yang Harus Dipersiapkan Saat Membersihkan Perangkat Elektronik

Seperti yang sudah dikatakan pada bagian sebelumnya bahwa membersihkan perangkat elektronik bukanlah sesuatu hal yang sulit akan tetapi hanya saja memang memerlukan persiapan dan juga langkah yang tepat dalam prosesnya. Lalu, apa saja sih yang harus dipersiapkan sebelum memulai untuk membersihkan perangkat tersebut?

Nah, ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan untuk membersihkan perangkat elektronik, dan diantaranya adalah :

1. Kain Microfiber atau Kain Halus

Benda pertma yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu sebagai alat untuk membersihkan perangkat elektronik Anda, adalah kain micorfiber atau kain halus. Kain ini akan digunakan untuk mengusap bagian yang kotor akan tetapi membutuhkan kehalusan yang tinggi seperti bagian layar.

2. Isoprophyl Alkohol

Kemudian, untuk semakin membersihkan semua perangkat elektronik yang Anda miliki, Anda bisa menggunakan isoprophyl alkohol sebagai cairan penunjang agar semua bagian yang Anda bersihkan benar-benar bersih dan higienis.

3. Sikat gigi (sikat fiber)

Anda juga bisa menambahkan sikat gigi atau sikat lain yang berbentuk kecil dan fiber untuk membersihkan bagian-bagian seperti port pada laptop ataupun speaker pada laptop.

Langkah Membersihkan Perangkat Elektronik yang Benar

Kemudian, bagaimana langkah-langkah untuk membersihkan perangkat elektronik yang benar?

1. Proses Sebelum Membersihkan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum mulai membersihkan adalah dengan mematikan semua perangkat elektronik yang Anda miliki. Anda juga bisa mencabut sementara baterai yang ada para perangkat elektronik tersebut. Hal ini bertujuan agar dalam proses pembersihan, perangkat Anda berada dalam kondisi mati sehingga lebih aman dan memudahkan proses membersihkan tersebut.

2. Bersihkan Mulai dari Bagian Terluar

Yang kedua adalah selalu mulai membersihkan perangkat elektronik Anda dari bagian terluarnya. Bagian terluar ini bisa berupa casing smartphone dan tablet atau bagian permukaan luar dari laptop. Anda bisa membersihkan bagian terluar dari perangkat elektronik Anda ini menggunakan kain microfiber atau kain lain yang memiliki permukaan halus.

3. Membersihkan bagian Layar

Kemudian setelah itu, lanjutkan untuk membersihkan bagian layar dari perangkat elektronik Anda, untuk bagian ini Anda juga bisa menggunakan kain microfiber yang memiliki permukaan halus. Akan tetapi harus kain microfiber lain yang masih bersih ya, jangan kain yang sebelumnya sudah Anda gunakan untuk membersihkan bagian luar perangkat elektronik Anda.

Tambahkan pada kain microfiber tersebut Isoprophyl Alkohol. Basahi permukaan kain hingga sekiranya cukup untuk membersihkan bagian layar perangkat elektronik Anda hingga bersih. Dan setelah itu usapkan dari arah kanan ke kiri ataupun arah melingkar hingga permukaan layar menjadi cling dan bersih.

4. Bersihkan Port atau Speaker

Setelah itu, bagian port kabel dan juga speaker yang ada pada perangkat elektronik Anda juga perlu untuk dibersihkan. Anda akan menggunakan sikat gigi atau sikat fiber berukuran kecil yang sekiranya bisa menjangkau bagian speaker tersebut. Gosokkan dengan perlahan sampai sekiranya kotoran yang ada sudah terangkat.

5. Membersihkan bagian Keyboard, Touchpad, ataupun Mouse

Dan terakhir adalah bagian keyboard, touchpad, ataupun mouse. Untuk membersihkan bagian-bagian ini Anda bisa menggunakan kain microfiber ataupun sikat fiber yang berukuran kecil. Asalkan memiliki permukaan yang tidak tajam, agar tidak merusak dari permukaan perangkat elektronik Anda itu sendiri.

Baca Juga : Cara Merawat Smartphone Android ~ Tips Android Yang Bikin Smartphone Awet

Nah, itulah beberapa langkah untuk membersihkan perangkat elektronik Anda dengan baik dan benar. Bagaimana, cukup mudah bukan? Jangan lupa untuk selalu membersihkan perangkat elektronik Anda agar bersih dan terhindar dari kuman, ya!

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. Tutorial cara membersihkan alat alat elektronik nya nambah pengetahuan dan wawasan suka membaca nya salam kenal saya bloger pemula yang sedang belajar mohon main ketempat saya dan tolong kasih masukan pada sayap akan kekurangan blog saya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.