Cara Membuat Form Kontak Tanpa Plugin Di WordPress

Cara Membuat Form Kontak Tanpa Plugin Di WordPress – Keberadaan halaman kontak di sebuah website atau blog bisa dikatakan penting. Ini dimaksudkan untuk mempermudah interaksi secara private antara pengunjung dan admin website atau blog. Dan untuk memenuhi kebutuhan tersebut, bagi blog CMS WordPress kalau sekedar membuat form kontak mudah saja dilakukan. Baik itu WordPress.com (free) ataupun WordPress.org (TLD). Namun bagi WordPress.org mempunyai kelebihan dalam hal kebebasan berekspresi untuk memanjakan penggunanya. Contohnya dalam hal membuat form kontak selain bisa menggunakan plugin, kita juga bisa membuat form kontak di WordPress tanpa menggunakan plugin. Syaratnya kita harus sedikit paham akan kode php dan css. Untuk kebutuhan tersebut, disini saya akan berbagi cara membuat form kontak tanpa plugin di blog CMS WordPress.

Baca Juga : Perkuat Login Form WordPress Dengan Memasang Captcha

Pada tulisan sebelumnya saya pernah membahas tentang pembuatan form kontak di WordPress. Namun pada tulisan tersebut saya mencontohkan dengan menggunakan plugin, yaitu plugin Contact Form7. Silakan bisa Anda lihat sendiri tulisannya jika memang diperlukan pada artikel Begini Cara Membuat Form Kontak di WordPress.

Untuk form kontak yang akan saya bahas disini adalah form kontak tanpa plugin. Saya rasa tampilannya tidak kalah menarik dengan yang menggunakan plugin. Justru kita akan lebih bebas berekspresi dalam penerapan stylenya. Dan juga, loading halaman blog kita akan tambah ringan, dibanding dengan form kontak hasil plugin.

Cara Membuat Form Kontak Tanpa Plugin Di WordPress 0

Inilah Cara Membuat Form Kontak Tanpa Plugin Di Blog CMS WordPress

Jika tertarik ingin mencoba untuk mempraktekkannya, mari kita mulai saja tutorialnya. Yang kita butuhkan untuk membuat form kontak tanpa plugin adalah, aplikasi Notepad.

Cara Membuat Form Kontak Tanpa Plugin Di WordPress 1

Saya rasa untuk aplikasi Notepad kita tidak akan menemui kesulitan. Karena aplikasi ini adalah program bawaan (default) Windows. Silakan tanpa harus basa-basi lagi, buka aplikasi Notepad yang sudah terpasang di Komputer Windows melalui Start > All Programs > Accessories > Notepad.

1#Membuat Nama Template

Pertama kita buat nama template yang akan kita buat dengan menyisipkan kode php berikut di dalam Notepad :

<?php
 /* Template Name: Form Kontak */
?>

Contoh disini saya memberi nama pada template yang akan kita buat adalah Form Kontak. Anda bisa menentukan nama template yang lain, atau disamakan juga tidak apa-apa.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

4 comments

  1. asslamualaikum
    mas berhasil saya membuatnya tapi setelah saya pasang di page kok semua widged jadi berada di bawahnya semua ya mas coba cek mas webnanda.com/kontak mohon dibantu ya mas terima kasih sebelumnya

    • Karena struktur kode widget dan sidebar masing-masing tema itu berbeda mas. Solusinya Mas meski copy kode dari page.php tema yang mas gunakan dan paste ke file form kontak yang sedang dikerjakan. Kemudian hapus dan ganti dengan kode form kontak ini.

  2. Undah nyobain, tampilan udah sip, tp email kok g masuk ke inbox y gan? Apa ada yang salah dengan koing saya aya?

  3. Terima kasih atas informasinya. janagan lupa kesini wisata terbaik yang menyuguhkan pemandangan yang menajubkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.