Selasa, 7 Desember 2021

Cara Mengisi Informasi Pajak Google AdSense Agar Memperoleh Potongan Pajak 0%

Cara Mengisi Informasi Pajak Google AdSense 1

Info Menarik – Salah satu dampak perkembangan kebijakan bisnis, kini Google telah memperbaharui kebijakan layanannya. Dampak kebijakan ini akan terasa bagi seluruh afiliasi Google di seluruh dunia termasuk negara Indonesia. Mereka yang selama ini memperoleh penghasilan dari kerja sama dengan Google akan merasakan dampaknya. Kini Google telah melakukan permintaan Informasi Pajak untuk pengguna layanan Google AdSense. Semua publisher wajib mengisi formulir informasi pajak yang sudah disediakan oleh Google.

Baca Juga : Maksimalkan Penghasilan AdSense Dengan Blokir Akses Blog Dari UC Browser

Untuk mereka yang selama ini telah bekerjama dengan Google AdSense serta telah memperoleh pembayaran penghasilan maka wajib memberikan keterangan informasi pajak. Apapun bentuknya dari bentuk kerjasama ini seperti penyediaan siaran video dan jasa penayangan iklan maka harus mengisi informasi pajak yang telah disediakan formatnya oleh Google. Perlu diperhatikan, jika pengguna tidak mengisi informasi pajak ini, maka Google akan menunda pembayaran penghasilannya.

Siapa Yang Wajib Mengisi “Tax Information” Ini?

Google akan memulai pemotongan pajak penghasilan AdSense dari bulan Juni 2021. Pemotongan ini diberlakukan untuk setiap penghasilan yang Kamu peroleh dari US. Untuk mengisi informasi pajak harus dilakukan paling lambat sampai dengan tanggal 31 Mei 2021. Jika pengguna sampai batas waktu yang telah ditentukan tidak mengisi informasi pajak maka asumsinya Kamu dianggap penduduk US. Dengan begitu Kamu akan terkena pemotongan pajak penghasilan hingga 24% dari total penghasilan AdSense di seluruh dunia.

Yang harus mengisi informasi pajak Google AdSense ini adalah seluruh publisher AdSense di seluruh dunia. Youtuber dan pemilik web atau blog sama-sama wajib mengisi informasi pajak. Meski banyak yang berasumsi hanya pengguna Youtube saja, namun menurut saya hal ini wajib juga untuk pemilik web atau blog.

Untuk besaran pemotongan pajak, hal ini tergantung dari kebijakan sebuah negara domisili publisher Google berada.

Alasan Wajib Mengisi “Tax Information” Google AdSense

Dengan mengisi informasi pajak Google AdSense, maka Google akan mengetahui profil publisher. Google dapat membedakan untuk menerapkan perlakukan pajak yang benar disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku di US.

Google dapat membedakan apakah publisher termasuk individu atau badan usaha. Apakah publisher warga Amerika atau bukan. Dan apakah publisher termasuk warga negara yang sudah menjadi mitra Amerika atau belum. Perlu diketahui juga bahwa Indonesia sudah termasuk negara mitra Amerika.

Dengan begitu semua informasi pajak yang sudah Kamu isi akan berpengaruh sekali terhadap penghasilan AdSense nantinya. Jika Kamu tidak mengisi informasi ini maka otomatis Kamu dianggap warga US dan akan disama ratakan dengan pajak penghasilan warga Amerika. Maka daripada itu pengisian informasi pajak sangat penting publisher lakukan.

Untuk warga Indonesia akan memperoleh keuntungan. Warga Indonesia bisa memanfaatkan tarif pemotongan pajak hingga 0%. Hal ini sebagai menfaat perjanjian kerjasama antara negara Indonesia dan Amerika. Supaya Google mengetahui bahwa publisher tersebut warga Indonesia dan bisa menggunakan fasilitas potongan 0% adalah dengan melakukan pengisian informasi pajak.

Dalam pengisian formulir informasi pajak, terdapat dua jenis formulir yaitu : W-8BEN dan W-8ECI. Formulir W-8BEN digunakan untuk warga non US individu, sedangkan formulir W-8ECI untuk entitas/badan.

Tutorial Cara Mengisi Informasi Pajak Google AdSense

Disarankan sebelum Kamu mengisi informasi pajak ini harus memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak). Untuk membuat NPWP, Kamu tidak perlu mendatangi Kantor Pajak. Saat ini membuat NPWP bisa dilakukan secara online dan dapat diselesaikan dalam beberapa menit saja. Untuk membuat NPWP online silakan akses tautan ereg.pajak.go.id/daftar.

Setelah Kamu memperoleh NPWP, lanjutkan ke pengisian informasi pajak Google AdSense. Silakan login di akun AdSense dan klik Payment atau langsung klik notifikasi Kelola info pajak.

Cara Mengisi Informasi Pajak Google AdSense 2

Langkah selanjutnya silakan klik tombol Tambahkan Info Pajak.

Cara Mengisi Informasi Pajak Google AdSense 3

Disini Kamu akan diminta untuk login akun Google. Gunakan akun Google yang terhubung dengan akun Google AdSense yang akan diatur informasi pajaknya. Setelah memasukkan akun Google, klik Berikutnya.

Cara Mengisi Informasi Pajak Google AdSense 4

Pada langkah Info pajak Amerika Serikat Kamu pilih jenis akunnya. Jika individu/pribadi, pilih Perorangan. Namun jika sebuah lembaga atau perusahaan, silakan pilih Non-individu/entitas.

Cara Mengisi Informasi Pajak Google AdSense 5

Disinilah untuk membedakan apakah Kamu termasuk warga US atau bukan. Jika bukan, pilih Tidak dan klik Berikutnya.

Cara Mengisi Informasi Pajak Google AdSense 6

Jika tadi Kamu memilih individu atau perorangan maka jenis formulir yang Kamu pilih disini adalah W-8BEN. Namun jika lembaga atau entitas, silakan pilih W-8ECI. Setelah memilih formulir yang sesuai, selanjutnya klik Mulai Formulir W-8BEN atau W-8ECI.

Cara Mengisi Informasi Pajak Google AdSense 7

Silakan isi formulir dengan data lengkap sesuai dengan data KTP Kamu. Jika tadi memilih invidu, silakan isi dengan Nama Lengkap Kamu. Namun jika entitas silakan isi dengan Nama Lembaga.

Nama DBA silakan dikosongkan saja karena ini hanya opsional saja. Negara pilih Indonesia dan untuk TIN Asing, Kamu isi dengan nomor NPWP. Usahakan untuk TIN Asing Kamu isi. Maka daripada itu tadi saya sudah memberitahukan diawal jika Kamu harus mempunyai NPWP.

Baca Juga : Cara Termudah Memasang Iklan AdSense Diatas, Ditengah, Dibawah, Postingan

1. Identitas Pajak

Cara Mengisi Informasi Pajak Google AdSense 8

2. Alamat Lengkap

Untuk alamat lengkap silakan tinggal Kamu isi saja dengan data akurat sesuai dengan data di KTP Kamu.

3. Perjanjian Pajak

Untuk pengisian selanjutnya, Kamu bisa lihat gambar berikut dan silakan disamakan saja dengan contoh!

4. Pratinjau Dokumen

Hampir selesai! Dan disini Kamu sudah bisa melihat pratinjau dokumen yang informasinya sudah Kamu isi. Silakan Kamu periksa apakah datanya sudah benar atau belum. Jika sudah benar, Kamu centang pada “Saya menyatakan bahwa saya telah meninjau dokumen pajak yang dibuat sejauh pengetahuan saya, dan saya yakin bahwa dokumen tersebut sudah benar dan lengkap”.

5. Sertifikasi

Pada langkah ini Kamu perlu mengisi Nama lengkap resmi sesuai KTP untuk tanda tangan. Kemudian pilih “Ya, saya adalah orang yang tercantum di bagian tanda tangan, dan saya mengisi formulir ini atas nama saya sendiri”.

6. Aktivitas dan Layanan yang Dijalankan di AS dan Affidavit

Pada opsi “Pernahkan individu atau entitas yang disebutkan di bagian identitas pajak melakukan aktivitas dan layanan apa pun untuk Google di AS?, Kamu pilih Tidak. Kemudian Kamu pilih “Saya memberikan info pajak untuk progil pembayaran yang sudah ada yang sebelumnya menerima pembayaran”. Terakhir kilik tombol Kirim.

Jika tampilan selanjutnya yang Kamu lihat seperti gambar berikut, maka informasi pajak Kamu telah sukses diisi. Ditandai dengan status pengisian informasi pajak sudah Disetujui. Untuk Formulir W-8BEN: Film dan TV dikenakan 10%, Formulir W-8BEN: Hak cipta lainnya adalah 10%, dan Formulir W-8BEN: Layanan sebesar 0%.

Sekarang periksa kotak masuk email yang terhubung dengan akun AdSense dan informasi pajak. Kamu akan menemukan email yang isinya bahwa informasi pajak Kamu telah disetujui.

Baca Juga : 4 Solusi Mengatasi Penghasilan AdSense Menurun Disebabkan GoogleWeblight

Dengan begitu pengisian informasi pajak di Google AdSense telah selesai Kamu lakukan. Jika nanti pemotongan pajak sudah dimulai, maka akun Kamu akan terkena aturan pajak Non Warga AS. Dengan begitu penghasilan Kamu tidak akan disama ratakan dengan publisher warga AS hingga potongan pajak sampai dengan 24%.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. Sangat bermanfaat sekali panduannya, terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.