Senin, 27 September 2021

Cara Menemukan Dan Menghapus Data Ganda Di Excel Dengan Cepat Secara Otomatis

Cara Menemukan Dan Menghapus Data Ganda Di Excel 1

Menemukan Dan Menghapus Data Ganda – Untuk memperoleh data yang unik, maka ketika membuat data di Excel kita harus menghapus setiap data ganda atau data duplikat. Dan untuk menghapus data ganda atau data duplikat di Excel dapat kita lakukan dengan mudah. Kita tidak perlu mencari data duplikat kemudian menghapusnya secara manual. Karena untuk memenuhi kebutuhan ini dapat kita lakukan secara otomatis. Tentunya hal ini bisa menghemat waktumu ketika membuat data di Excel.

Baca Juga : Cara Mencegah Untuk Menghindari Duplikat Data Ketika Entry Data Di Office Excel

Dengan adanya program Office Excel maka pekerjaan kita dalam membuat data unik dapat diselesaikan dengan mudah dan cepat. Namun tentunya hal ini kita meski mengetahui terlebih dahulu bagaimana caranya. Untuk itu disini saya akan menjelaskan sampai tuntas bagaimana cara menemukan sekaligus menghapus setiap data ganda atau data duplikat di Excel. Silakan simak artikel ini sampai selesai!

Cara Menemukan dan Menghapus Data Ganda atau Data Duplikat di Excel

Cara Mencari Data Ganda di Excel

Tentunya sebelum kita menghapus data ganda atau data duplikat, kita meski mengetahui dulu bagaimana cara menemukan atau cara mencari data ganda tersebut.

Untuk menemukan data ganda atau data duplikat di Excel caranya sangat mudah. Silakan Kamu siapkan terlebih dahulu data yang akan dibuat unik!

Terdapat dua cara untuk menemukan Data Ganda di Excel, yaitu dengan fitur Duplicate Values dan New Formatting Rule.

1. Cara Mencari Data Ganda di Excel dengan Fitur Duplicate Values

Disini saya sudah mempersiapkan data contoh untuk praktik kali ini :

Cara Menemukan Dan Menghapus Data Ganda Di Excel 2

Kamu blok kolom data yang akan dicari data gandanya. Contoh disini saya akan mencari data ganda pada kolom Nama Peserta.

Di menu Home Kamu klik Conditional Formatting > Highlight Cells Rules > Duplicate Values.

Cara Menemukan Dan Menghapus Data Ganda Di Excel 3

Disini kita bisa menentukan warna highlight pada setiap data ganda atau data duplikat. Silakan Kamu sesuaikan saja mau warna apa saja bebas untuk membedakannya. Contoh, saya memilih warna merah saja.

Cara Menemukan Dan Menghapus Data Ganda Di Excel 4

Setelah Kamu klik Ok, maka sekarang akan terlihat baris mana saja yang isinya data ganda atau duplikat. Tentunya dengan hal ini maka Kamu dapat menemukan secara mudah bukan? Kamu bisa mengubah data duplikat tersebut atau menghapusnya. Dengan begitu data Kamu akan menjadi unik.

Cara Menemukan Dan Menghapus Data Ganda Di Excel 5

2. Cara Mencari Data Ganda di Excel dengan Fitur New Formatting Rule

Langkah kedua untuk mencari Data Ganda di Excel adalah dengan fitur New Formatting Rule. Setelah Kamu blok atau seleksi data yang akan dicari duplikatnya kemudian klik Conditional Formatting > New Rule masih di menu Home.

Cara Menemukan Dan Menghapus Data Ganda Di Excel 6

Di kotak dialong New Formatting Rule silakan Kamu tentukan pengaturannya. Pada Select a Rule Type Kamu pilih Format only unique or duplicate values. Kemudian untuk Format all Kamu pilih duplicate. Selanjutnya Kamu harus menentukan warna highlight data gandanya dengan klik Format.

Cara Menemukan Dan Menghapus Data Ganda Di Excel 7

Di Format Cells silakan klik tab Fill dan tentukan warna untuk membedakan data ganda dan unik. Disini saya memilih warna merah saja, lalu klik Ok.

Cara Menemukan Dan Menghapus Data Ganda Di Excel 8

Kamu bisa lihat tampilan nantinya pada kotak Preview. Jika sudah cocok, silakan klik tombol Ok.

Cara Menemukan Dan Menghapus Data Ganda Di Excel 9

Maka hasilnya akan menjadi seperti contoh gambar di bawah ini. Setiap baris yang diwarnai maka itu adalah data gandanya.

Cara Menemukan Dan Menghapus Data Ganda Di Excel 10

Cara Menghapus Data Ganda di Excel

Setelah Kamu tahu bagaimana cara menemukan data ganda di Excel, langkah selanjutnya adalah bagaimana cara menghapus data ganda tersebut. Dan memang kita dapat melakukannya secara manual. Namun hal ini tentunya akan menyita waktu kerjamu jika data yang harus Kamu buat unik tersebut banyak sekali. Oleh sebab itu kita harus menghapus data duplikat secara otomatis. Hal ini dapat kita lakukan di Excel secara mudah.

1. Cara Menghapus Data Ganda di Excel dengan Fitur Remove Duplicate

Terdapat dua cara untuk menghapus data duplikat di Excel, yaitu dengan Remove Duplicate dan Advanced Filter. Disini saya akan membahas kedua-duanya.

Untuk menghapus data ganda dengan fitur Remove Duplicate adalah sebagai berikut :

Seleksi atau blok range data yang akan kita hapus data gandanya. Sebagai contoh, disini saya masih menggunakan data tadi.

Setelah Kamu seleksi data yang akan dihapus data gandanya, selanjutnya Kamu klik menu Data kemudian klik Remove Duplicates.

Disini Kamu harus menentukan kolom data yang akan dihapus data gandanya. Artinya data ganda berdasarkan kolom mana yang akan Kamu hapus. Dan nanti secara otomatis setiap baris data ganda akan terhapus, Sebagai contoh saya akan menghapus data ganda berdasarkan kolom Nama Peserta. Maka saya menceklist Nama Peserta dan kolom lainnya saya hilangkan ceklistnya.

Ketika kita klik Ok maka akan tampil informasi bahwa penghapusan data ganda sudah sukses dilakukan. Saya memiliki 10 baris data dan 2 baris merupakan hanya data ganda saja, maka tersisa hanya 8 baris data unik.

Berikut hasilnya :

2. Cara Menghapus Data Ganda di Excel dengan Fitur Advanced Filter

Tidak sulit juga untuk menghapus data ganda menggunakan fitur Advanced Filter. Saya masih menggunakan contoh data yang tadi.

Silakan Kamu pilih data yang akan dihilangkan setiap data gandanya. Kemudian Kamu klik menu Data kemudian Advanced.

Pada kotak dialog Advanced Filter silakan lakukan pengaturan seperti berikut. Pada Action Kamu pilih Copy to another location dan tentukan List range data ganda yang akan dihapus. Kamu juga meski menentukan lokasi hasil copy data akan diletakkan pada Copy to. Kamu ceklist juga pada Unique records only dan terkahir klik Ok.

Setelah klik Ok maka akan dihasilkan sebuah data baru di cell yang sudah ditentukan tadi. Data baru tersebut adalah data unik yang dihasilkan dari fitur Advanced Filter. Contoh seperti gambar berikut :

Baca Juga : Cara Membuat Highlight Di Office Excel Untuk Membedakan Warna Cell Tertentu

Bagaimana untuk menemukan dan menghapus data ganda di Excel tidak terlalu sulit bukan? Dengan melakukan cara ini maka untuk membuat data unik bisa dilakukan dengan cepat dan akurat. Silakan selamat mencoba dan sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya.

Jika Kamu mempunyai pertanyaan atau pengalaman lain tentang topik ini bisa disampaikan di kolom komentar. Indahnya berbagi …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.