Senin, 27 September 2021

Cara Membulatkan Angka Desimal Dengan Rumus Lengkap Contoh di Excel

Cara Membulatkan Angka Desimal di Excel

Cara Membulatkan Angka Desimal – Terkadang kita membutuhkan untuk membulatkan angka desimal. Untuk yang bekerja sebagai kasir, pembulatan angka diperlukan demi memudahkan dalam menghitung kembalian. Pembulatan angka juga diperlukan ketika membuat daftar nilai di sekolah. Masih banyak contoh lain yang mengharuskan angka desimal dibulatkan hasilnya.

Baca Juga : Rumus Perkalian, Pembagian, Penjumlahan, dan Pengurangan Di Office Excel Lengkap

Bukan perkara yang sulit untuk membulatkan angka desimal ini. Kamu bisa menggunakan Excel untuk mengerjakannya. Bahkan di Excel Kamu bisa membuat rumus otomatis agar angka yang dihasilkan menjadi bulat. Tentunya dengan hal ini bisa menghemat kerja Kamu dalam pengolahan angka.

Bagaimana caranya? Silakan simak artikel ini sampai selesai ….

Cara Membulatkan Angka Desimal di Excel Lengkap Contoh

Banyak cara untuk membulatkan angka desimal di Excel. Excel telah menyediakan beberapa pilihan rumus atau fungsi untuk pembulatan angka. Kamu bisa memilih salah satu disesuaikan dengan keperluan.

Rumus-rumus atau fungsi di Excel untuk membulatkan angka adalah sebagai berikut :

1. Rumus / Fungsi ROUND

Rumus pertama untuk membulatkan angka di Excel adalah dengan menggunakan rumus ROUND. Dengan menggunakan fungsi ROUND, Kamu bisa membulatkan angka ke jumlah digit yang sudah ditentukan. Untuk penulisan syntaxnya adalah sebagai berikut :

=ROUND(number; num_digits)

Contoh lebih jelasnya untuk menggunakan fungsi ROUND adalah : Misalnya Kamu ingin membulatkan angka yang nilai desimalnya menjadi 2 pada angka 15.242,12345. Maka penulisan rumusnya adalah =ROUND(A1;2) dan nanti hasilnya akan menjadi 15.242,12.

Contoh selanjutnya jika Kamu ingin membulatkan angka desimal menjadi 1 saja pada angka 15.242,12345. Maka penulisan rumusnya adalah =ROUND(A1;1) dan nanti hasilnya akan menjadi 15.242,1.

Fungsi ROUND juga bisa Kamu gunakan untuk membulatkan angka desimal ke angka puluhan, ratusan, dan ribuan terdekat. Fungsinya adalah sebagai berikut :

  1. =ROUND(number;-1) pembulatan angka ke puluhan terdekat;

Contoh : Angka 15.242 setelah menggunakan rumus diatas akan menjadi 15.240. Atau jika angka 15.247 setelah menggunakan rumus diatas akan menjadi 15.250.

  1. =ROUND(number;-2) pembulatan angka ke ratusan terdekat;

Contoh : Angka 15.242 setelah menggunakan rumus diatas akan menjadi 15.200. Atau jika angka 15.272 setelah menggunakan rumus diatas akan menjadi 15.300.

  1. =ROUND(number;-3) pembulatan angka ke ribuan terdekat.

Contoh : Angka 15.242 setelah menggunakan rumus diatas akan menjadi 15.000. Atau jika angka 15.642 setelah menggunakan rumus diatas akan menjadi 16.000.

Selanjutnya Kamu juga masih bisa mengubah ke puluhan ribu dengan mengubah digits menjadi -4 dan begitu seterusnya.

Baca Juga : Simak! Cara Membuat Rumus Otomatis di Excel Yang Akan Memudahkan Hidupmu

2. Rumus / Fungsi ROUNDDOWN

Fungsi selanjutnya untuk pembulatan angka di Excel adalah ROUNDDOWN. Sedikit berbeda dengan fungsi ROUND, dimana fungsi ROUND akan membulatkan angka ke atas dan ke bawah. Sedangkan fungsi ROUNDDOWN hanya dapat digunakan untuk membulatkan angka ke bawah saja yang mendekati nol. Untuk penulisan syntaxnya adalah :

=ROUNDDOWN(number;num_digits)

Supaya lebih jelas contoh kasusnya adalah sebagai berikut : Misalnya Kamu mempunyai angka 15.567 yang akan dibulatkan ke angka puluhan, ratusan, dan ribuan.

Jika rumusnya =ROUNDDOWN(number;-1) maka hasilnya menjadi 12.560

Jika rumusnya =ROUNDDOWN(number;-2) maka hasilnya menjadi 12.500

Jika rumusnya =ROUNDDOWN(number;-3) maka hasilnya menjadi 12.000

3. Rumus / Fungsi ROUNDUP

Untuk fungsi ROUNDUP ini adalah kebalikan dari fungsi ROUNDDOWN. Dimana fungsi ROUNDDOWN adalah untuk membulatkan angka ke bawah. Sedangkan fungsi ROUNDUP bisa Kamu gunakan untuk membulatkan angka ke atas. Untuk penulisan syntaxnya adalah sebagai berikut :

=ROUNDUP(number;num_digits)

Supaya lebih jelas juga contoh kasusnya adalah sebagai berikut : Misalnya Kamu mempunyai angka 15.567 yang akan dibulatkan ke angka puluhan, ratusan, dan ribuan.

Jika rumusnya =ROUNDUP(number;-1) maka hasilnya menjadi 12.570

Jika rumusnya =ROUNDUP(number;-2) maka hasilnya menjadi 12.600

Jika rumusnya =ROUNDUP(number;-3) maka hasilnya menjadi 13.000

4. Rumus / Fungsi CEILING

Selain fungsi-fungsi diatas yang sudah dijelaskan, selanjutnya kita juga dapat membulatkan angka di Excel menggunakan fungsi CEILING. Pada dasarnya fungsi CEILING ini dapat digunakan untuk mengembalikan angka yang sudah dibulatkan ke atas. Penulisan syntaxnya adalah sebagai berikut :

=CEILING(number;significance)

Significance adalah sebuah kelipatan yang akan menjadi tujuan utama pembulatan. Contohnya Kamu akan membulatkan ke puluhan maka nilainya 10, ke ratusan nilainya 100, ke lima ratusan nilainya 500, dan ke ribuan ditulis 1000.

Untuk contoh penggunaannya adalah sebagai berikut : Misal Kamu mempunyai angka 15.123 dan akan menggunakan fungsi CEILING.

Pembulatan ke angka puluhan, maka rumusnya =CEILING(number;10) hasilnya menjadi 15.130

Pembulatan ke angka ratusan, maka rumusnya =CEILING(number;100) hasilnya menjadi 15.200

Pembulatan ke angka lima ratus, maka rumusnya =CEILING(number;500) hasilnya menjadi 15.500

Pembulatan ke angka ribuan, maka rumusnya =CEILING(number;1000) hasilnya menjadi 16.000

5. Rumus / Fungsi FLOOR

Fungsi FLOOR adalah kebalikan dari fungsi CEILING. Dimana jika CEILING adalah untuk mengembalikan angka yang dibulatkan ke atas. Sedangkan fungsi FLOOR adalah untuk mengembalikan angka yang dibulatkan ke bawah. Penulisan syntaxnya adalah sebagai berikut :

=FLOOR(number;significance)

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, significance adalah sebuah kelipatan yang akan menjadi tujuan utama pembulatan. Contohnya Kamu akan membulatkan ke puluhan maka nilainya 10, ke ratusan nilainya 100, ke lima ratusan nilainya 500, dan ke ribuan ditulis 1000.

Untuk contoh penggunaannya adalah sebagai berikut : Misal Kamu mempunyai angka 15.876 dan akan menggunakan fungsi FLOOR.

Pembulatan ke angka puluhan, maka rumusnya =FLOOR(number;10) hasilnya menjadi 15.870

Pembulatan ke angka ratusan, maka rumusnya =FLOOR(number;100) hasilnya menjadi 15.800

Pembulatan ke angka lima ratus, maka rumusnya =FLOOR(number;500) hasilnya menjadi 15.500

Pembulatan ke angka ribuan, maka rumusnya =FLOOR(number;1000) hasilnya menjadi 15.000

Baca Juga : 150+ Download Gratis Kumpulan Rumus Excel Siap Pakai Lengkap Dengan Contoh

Nah sampai disini pembahasan pembulatan angka desimal di Excel menggunakan rumus-rumus. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu Kamu yang sedang kesulitan mencari referensi rumus pembulatan. Sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya. Jika menemukan kesulitan, dapat Kamu sampaikan di kolom komentar. Salam sukses selalu …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.