Selasa, 20 Februari 2024

Cara Membuat Wajah Seram Hanya Bermain Dengan Blending Photoshop

Info Menarik – Tutorial manipulasi Photoshop kali ini saya akan coba berbagi cara membuat wajah seram di Photoshop. Dalam tutorial ini kunci utamanya hanya bermain dengan blending Photoshop. Kemudian saya tambah dengan efek-efek lainnya dan juga menggunakan gambar texture. Sehingga tutorial membuat wajah seram akan terlihat seolah-olah nyata atau menyeramkan.

Baca Juga : Cara Membuat Foto Menjadi Hancur di Photoshop

Apa itu Blending Photoshop?

Blending dalam Photoshop merujuk pada proses menggabungkan elemen-elemen visual yang berbeda secara mulus untuk menciptakan efek yang kita inginkan. Ini memungkinkan Kamu untuk menggabungkan beberapa gambar, objek, atau elemen grafis dalam satu komposisi yang terlihat alami dan realistis.

Ada beberapa teknik blending yang tersedia di Photoshop, dan berikut adalah beberapa yang umum atau yang sering desain grafis gunakan:

1. Blending Mode

Photoshop menyediakan berbagai mode blending yang mempengaruhi cara dua lapisan saling berinteraksi. Misalnya, mode Normal, Overlay, Multiply, Screen, dan lainnya. Setiap mode blending memberikan hasil yang berbeda dan dapat mengubah cara lapisan-lapisan tersebut terlihat ketika saling tumpang tindih.

2. Layer Opacity

Mengubah opasitas lapisan dapat membantu mencapai efek blending yang lebih halus. Dengan mengurangi opasitas lapisan, elemen-elemen yang berada di bawahnya akan terlihat lebih jelas.

3. Layer Mask

Menggunakan layer mask memungkinkan Kamu untuk menghapus atau menyembunyikan bagian-bagian tertentu dari lapisan, sehingga memungkinkan untuk penggabungan yang lebih tepat. Kamu dapat menggunakan brush hitam atau putih pada layer mask untuk menghapus atau mengungkapkan bagian-bagian lapisan yang ingin Kamu sesuaikan.

Baca Juga: Cara Menambahkan Brush di Photoshop Lengkap Download Brush Tinggal Pakai

4. Gradient Mask

Menggunakan gradient mask memungkinkan Kamu untuk membuat peralihan yang halus antara dua lapisan. Kamu dapat membuat gradient mask dengan mengatur mode blending dan alat Gradient Tool.

5. Adjustment Layers

Adjustment layers adalah lapisan yang kita terapkan di atas lapisan gambar asli dan memungkinkan Kamu untuk melakukan penyesuaian seperti Brightness/Contrast, Hue/Saturation, Curves, dan lainnya. Dengan menggunakan adjustment layers, Kamu dapat mempengaruhi warna dan pencahayaan lapisan-lapisan di bawahnya.

Selain teknik-teknik tersebut, Photoshop juga menyediakan banyak alat dan fitur lainnya yang dapat Kamu gunakan untuk mencapai efek blending yang kompleks dan kreatif. Dengan bereksperimen dan menggabungkan berbagai teknik, Kamu dapat menciptakan hasil yang unik dan menarik dalam proses blending di Photoshop.

Cara Membuat Wajah Seram Menggunakan Program Photoshop

Kembali ke tutorial …

Bukan pernyataan yang salah jika Photoshop merupakan program pengolah gambar yang menempati posisi sebagai raja dalam hal manipulasi foto. Berikut hasil akhir manipulasi foto sehingga seolah-olah wajahnya sangat menyeramkan:

Cara Membuat Wajah Seram 01

1. Download Bahan untuk Membuat Wajah Seram

Jika Kamu tertarik ingin mencoba untuk membuatnya, simak saja turorial ini sampai selesai. Bahan-bahan untuk membuat wajah seram selain program Photoshop hanya dua macam saja, foto model dan gambar texture. Agar memudahkan dalam pengerjaannya, silakan download dulu bahan-bahannya.

Download Foto dan Gambar Texture

2. Buka Gambar di Photoshop

Setelah Kamu download bahan-bahanya, silakan buka secara bersamaan foto model dan gambar texture di Photoshop. Kemudian drag gambar texture ke canvas foto model menggunakan Move Tool atau tekan huruf V pada keyboard.

Sekarang canvas gambar texture kita close saja, karena gambar texturenya sudah ada di canvas foto model. Dengan begitu di Pallet Layers akan terbentuk dua buah layer.

3. Mengubah Nama Layer

Kemudian kita ubah masing-masing nama layernya, untuk layer gambar texture kita beri nama Texture dan layer foto model kita beri nama Model. Untuk memberi nama pada masing-masing layer, tinggal klik ganda saja pada masing-masing layer yang akan kita beri nama.

Cara Membuat Wajah Seram 02

4. Duplikat Layer

Selanjutnya kita duplikat layer Texture dan layer Model dengan cara tekan Ctrl+J pada keyboard. Layer Texture duplikat sebanyak dua layer saja, dan untuk layer Model duplikat sebanyak empat layer. Beri nama masing-masing layer tersebut. Layer Texture menjadi layer Multyply dan layer Screen. Lalu layer Model menjadi layer Mata, layer Soft Light, layer Multiply, dan layer Model.

Drag atau pindahkan posisi masing-masing layer yang baru saja kita tentukan namanya. Cara memindahkannya tinggal klik lalu tahan dan pindahkan pada posisi seperti yang terlihat pada gambar di bawah.

Jika kita urutkan dari pertama atau dari sebelah atas, sekarang posisi layer adalah : Mata, Soft Light, Multyply, Multyply, Screen, dan Model.

Cara Membuat Wajah Seram 03

5. Sembunyikan Layer

Kemudian kita hilangkan gambar mata (Indicates layer visibility) yang terdapat di samping layer Mata, Soft Light, Multyply, dan Multyply. Yang tersisa hanya dua layer saja, yaitu layer Screen dan layer Model.

6. Menggunakan Layer Style

Sekarang posisi yang aktif adalah layer Screen, klik ganda pada layer Screen sehingga akan tampil kotak dialog Layer Style.

Klik atau aktifkan Blending Options: lalu pilih Blend Mode menjadi Screen dengan nilai Opacity 100%. Kemudian tentukan nilai Underlying Layer menjadi 118 dan 235. Nilai ini kita tentukan berdasarkan dengan keadaan gambar texture saja.

Cara Membuat Wajah Seram 04

Setelah kita melakukan pengaturan di Layer Style dengan memilih Blend Mode Screen dan pengaturan lainnya, maka efek gambar texture akan terlihat seperti gambar di bawah ini:

Cara Membuat Wajah Seram 05

7. Menentukan Blend Mode ke Multiply

Langkah selanjutnya kita aktifkan layer Multiply foto model dan aktifkan juga gambar matanya (Indicates layer visibility). Kemudian kita tentukan Blend Modenya menjadi Multiply dan nilai Opacity default saja yaitu 100 %.

Cara Membuat Wajah Seram 06

Selanjutnya pilih jenis Blend Mode Multiply juga pada layer Multyply gambar texture setelah mengaktifkan gambar mata (Indicates layer visibility). Hasilnya akan seperti gambar contoh di bawah ini:

Cara Membuat Wajah Seram 07

8. Menentukan Blend Mode ke Soft Light

Pada layer Soft Light juga kita aktifkan dahulu gambar mata (Indicates layer visibility) kemudian pilih jenis Blend Mode menjadi Soft Light. Lebih jelasnya lagi, Kamu lihat gambar contoh di bawah:

Cara Membuat Wajah Seram 08

Ok untuk sementara bermain dengan Blending Photoshop sudah selesai. Sekarang foto model sudah terlihat menyeramkan. Karena seolah-olah foto model tersebut wajahnya retak menakutkan. Padahal sebenarnya itu hanya efek gambar texture saja.

9. Memberikan Efek Seram pada Mata

1. Seleksi Mata Dengan Pen Tool

Langkah selanjutnya beri efek seram pada bagian mata foto model, yaitu kita beri efek warna merah. Caranya pertama aktifkan gambar mata pada layer Mata (Indicates layer visibility), setelah itu kita aktifkan Pen Tool untuk menyeleksi gambar mata pada foto Model.

Cara Membuat Wajah Seram 09

Pertama kita seleksi gambar mata sebelah kanan. Silakan gunakan Pen Tool untuk menyeleksinya. Menggunakan Pen Tool tinggal klik di awal pembuatan seleksi, kemudian klik lagi di akhir seleksi. Kemudian klik tahan dan geser untuk memposisikan seleksi agar tepat dengan objek yang akan kita seleksi.

Cara Membuat Wajah Seram 10

Jika gambar semua objek mata sudah terseleksi, klik kanan lalu pilih Make Selection… Dan untuk Feather Radius beri nilai 0 pixels saja. Terakhir klik OK. Maka gambar mata pada foto model yang sebelah kanan sekarang akan terseleksi. Tandanya akan muncul bintik titik-titik di sekelilingnya.

2. Mengubah Seleksi Menjadi Layer Mask

Jika gambar mata sudah terseleksi dengan benar, kita buat seleksi tersebut menjadi Layer Mask dengan cara klik Add layer mask. Kemudian untuk sementara kita nonaktifkan dulu layer masknya, karena kita harus menyeleksi gambar mata yang satu lagi yaitu yang sebelah kiri.

Untuk menonaktifkan layer mask, arahkan kursor mouse pada layer mask (warna hitam) tekan Shift pada keyboard secara bersamaan klik juga pada posisi layer mask. Sehingga efeknya akan ada tanda X merah pada layer mask tersebut.

Jika layer mask sudah nonaktif, kita buat seleksi baru lagi menggunakan Pen Tool pada gambar mata foto model sebelah kiri. Lakukan seperti Kamu melakukannya pada seleksi mata sebelah kanan.

3. Menggabungkan Kedua Layer Mask

Sukses membuat seleksi pada gambar mata sebelah kiri dengan tandanya sudah muncul bintik-bintik putih kecil pada posisi seleksi, maka sekarang kita buat layer mask lagi. Layer masknya harus kita gabungkan dengan layer mask pertama atau layer mask gambar mata sebelah kanan.

Cara menggabungkan layer mask ketika gambar mata sebelah kiri sudah terseleksi dengan benar, pertama Kamu hilangkan dulu tanda nonaktif layer mask (tanda X merah) dengan cara klik satu kali pada posisi layer mask. Dengan begitu sekarang layer mask kembali aktif.

Untuk menggabungkan layer mask, tempatkan cursor mouse pada layer mask (warna hitam), tekan Ctrl + Backspace secara bersamaan pada keyboard dan klik satu kali pada layer mask. Maka hasilnya akan terlihat seperti contoh gambar di bawah ini:

4. Memberikan Efek pada Mata

Gambar mata yang sudah kita buat menjadi layer mask kita beri efek Blending Photoshop lagi. Kamu klik ganda pada layer mask mata maka akan tampil kotak dialog Layer Style.  Setting efeknya pertama aktifkan Blending Options: dan pilih Blend Mode: menjadi Overlay serta nilai Opacity 100% saja. Kemudian pilih Blend Mode: Overlay lagi pada Style Color Overlay. Warnanya Kamu beri warna merah dan nilai Opacity menjadi 15%.

Maka hasil akhirnya kira-kira akan seperti gambar berikut:

Jika menurut Kamu hasilnya masih kurang menyeramkan, silakan Kamu setting lagi sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Dan ingat ini kunci utamanya hanya terletak pada Blending Photoshop.

Baca Juga: Cara Membuat Huruf Efek Style Texture Photoshop

Mungkin hanya itu saja pembahasan membuat wajah seram di Photoshop ini. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

4 comments

  1. rahmanbatopie

    Akirnya Pak guru kembali memposting artikel Tutorial Photoshop lagi. Setelah sekian lama Saya rindukan tutorial dari bapak sejak di wordpress dot com dulu sampai sekarang.
    Izin belajar yaa Pak :-D

    • InfoMenarik

      Mas Rahman suka merendah begitu … Di web mas Rahman justru lebih bagus-bagus tutorial Photoshopnya. Tutorial saya ini hanya iseng-iseng saja mas …

      • rahmanbatopie

        Jujur saja, Pak guru ini adalah menjadi inspirasi Saya dulu disaat ingin belajar Photoshop, yang setelah mengikuti tutorialnya menjadikan Saya seperti sekarang ini :-)

  2. Keren sekali, ketika dicoba ternyata tak begitu sulit ya pak. Bikin semangat lagi buat explore dan membuat desain karakter seram nih sekarang. hehe, Thanks, keep posting!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.