Cara Memberi Proteksi File Dokumen Word Agar Tidak Bisa Diedit Orang Lain

Cara Proteksi File Word Agar Tidak Bisa Diedit – Tahukah Anda bahwa bukan hanya file Excel saja yang bisa kita beri proteksi agar tidak bisa diedit orang lain. Namun ternyata file dokumen Office Word juga bisa kita setting dengan memberi proteksi password didalamnya. Fungsi utamanya sama dengan proteksi file Excel, yaitu agar file dokumen Word tidak bisa diedit atau diubah sedikitpun oleh orang lain. Dan memang benar jika kita telah menentukan proteksi pada file Word maka kedepannya tidak akan orang yang bisa mengubah isi file tersebut kecuali jika mengetahui kata sandinya. Hal ini tentunya untuk meningkatkan keamanan pada file agar tidak mudah atau tidak bisa di copy paste serta tidak bisa diubah oleh orang lain.

Baca Juga : Cara Membuat Password Pada File Dokumen Microsoft Office Word (Proteksi File)

Memberi proteksi pada file Office Word berbeda dengan tulisan saya sebelumnya. Yaitu pada artikel tersebut hanya memberikan password pada file Office Word agar filenya tidak bisa dibuka orang lain. Kalau memberi proteksi pada file Word disini adalah, orang lain masih bisa membuka file Word dan membacanya namun orang lain tersebut tidak bisa mengeditnya.

cara-proteksi-file-word-agar-tidak-bisa-diedit-1

Membuat proteksi pada file Word bisa kita praktikkan untuk file dokumen penting yang isinya tidak kita izinkan untuk diubah orang lain. Dengan susah payah kita membuat dokumen di Office Word, tentunya tidak rela kalau file tersebut diubah isinya oleh orang lain. Maka daripada itu untuk mengamankannya segera Anda proteksi saja.

Berikut Cara Proteksi File Word Agar Tidak Bisa Diedit Oleh Orang Lain

Dalam praktik disini saya menggunakan Microsoft Office 2007. Namun pada kenyataannya semua versi Office sudah dilengkapi dengan fitur proteksi ini. Yang berbeda hanyalah tempatnya saja. Ok kita mulai saja artikelnya dan silakan Anda buka file .docx atau file Office Word yang akan diberi proteksi. Kemudian Anda klik pilih menu Review dan disebelah kanan klik lagi Protect Document > Restrict Formatting and Editing.

cara-proteksi-file-word-agar-tidak-bisa-diedit-2

Langkah selanjutnya silakan Anda centang/cheklist pada Limit formatting to a selection of styles dan juga pada Allow only this type of editing in the document. Jika sudah mencentang kedua pengaturan diatas, sekarang Anda klik pilih Yes, Start Enforcing Protection.

cara-proteksi-file-word-agar-tidak-bisa-diedit-3

Begitu Anda klik Yes, Start Enforcing Protection maka sekarang dihadapan Anda akan tampil kotak dialog untuk mengisikan kata sandi. Inilah kunci utamanya pada artikel ini yaitu memberikan proteksi pada file Office Word Anda. Silakan Anda buat kata sandi yang sulit ditebak orang lain. Lebih bagus lagi Anda buat kata sandi dengan gabungan huruf, angka, dan karakter. Ada dua kolom pada pengisian kata sandi, New Password dan Reenter Passowrd. Anda samakan dalam mengisi kata sandi pada kedua kolom tersebut. Klik OK jika sudah mengisi kata sandi.

cara-proteksi-file-word-agar-tidak-bisa-diedit-4

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. percuma saja dokumennya dipasword kalo masih bisa di copy paste. bisa ngk di kunci biar ngak bisa dicopy paste oleh orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.