Selasa, 20 Februari 2024

Download Materi Skill Test EPS-Topik Manufaktur dan Fishing Lengkap dengan Wawancara

Download Materi Skill Test EPS-Topik Manufaktur dan Fishing

Info Menarik – Saat ini, Skill Test atau Ujian Keahlian/Keterampilan menjadi wajib diikuti oleh setiap peserta EPS-Topik. Setelah EPS-Topik menggunakan sistem point, peserta harus melewati ujian sebanyak dua tahap. Tahap pertama adalah Test Reading dan Listening menggunakan sistem Ubiquitous Based Test (UBT). Kemudian, tahap kedua adalah Skill Test atau Ujian Keahlian/Keterampilan. Untuk Kamu yang bingung apa saja materi Skill Test, berikut dalam artikel ini saya akan memberikan lampiran link download materi Skill Test EPS-Topik Manufaktur dan Fishing. Bahkan bukan hanya itu, saya juga akan memberikan link download contoh wawancara dalam pelaksanaan Skill Test EPS-Topik.

Seleksi EPS-Topik sistem point mengharuskan peserta untuk melewati ujian sebanyak dua kali. Lulus ujian tahap pertama hanya syarat utama untuk mengikuti ujian tahap kedua. Jika peserta berhasil lulus di kedua tahap ujian tersebut, maka dinyatakan lulus ujian EPS-Topik. Artinya jika peserta hanya lulus di ujian tahap pertama saja dan tidak mengikuti di ujian tahap kedua, maka dianggap tidak lulus ujian EPS-Topik secara keseluruhan.

Sebelum sistem point diberlakukan, Skill Test hanya berlaku bagi peserta EPS-Topik yang memperoleh nilai tertentu saja dan itupun tidak diwajibkan. Kemudian, seleksi sistem point ini mulai berlaku sejak tahun 2017 lalu. Tahap pertama ketika sistem point 2017 masih menggunakan sistem Paper Based Test (PBT). Kemudian, tahun 2018 menggunakan sistem CBT atau ujian menggunakan komputer. Selanjutnya ujian tahap pertama menggunakan perangkat Android atau Ubiquitous Based Test (UBT).

Mengingat wajibnya mengikuti ujian tahap dua atau Skill Test, maka setiap peserta yang lulus di tahap pertama dituntut untuk mengetahui apa saja materi Skill Test itu? Hal ini sebagai persiapan agar nanti ketika mengikuti ujian tahap kedua dapat sukses seperti ketika ujian tahap pertama.

Baca Juga: Download Soal EPS-Topik Khusus Area Pekerjaan Format PDF Lengkap Kunci Jawaban

Download Materi Skill Test EPS-Topik Manufaktur dan Fishing

Seperti yang sudah saya singgung di atas bahwa seleksi sistem point itu bukan hanya berlaku bagi peserta Manufaktur saja, namun hal ini berlaku juga untuk peserta Perikanan atau Fishing.

Kemudian, pada dasarnya Skill Test Fishing dan Manufaktur terbagi menjadi 3 tahap, yaitu Test Keahlian/Keterampilan, Test Fisik, dan Test Wawancara. Kemudian sebagai pelengkap ditambah lagi dengan Test Buta Warna.

1. Materi Skill Test Fishing (Perikanan)

  • Test Keahlian/Keterampilan Dasar Bidang Budidaya

Durasi test keahlian/keterampilan dasar bidang Budidaya untuk peserta laki-laki diberi waktu 2 menit 30 detik dan untuk perempuan 2 menit 40 detik. Kemudian, yang materinya adalah:

Jenis Ujian Subjek Ujian Durasi Ujian
Ujian 1 Memasukkan Pin 1 Menit
Ujian 2 Memindahkan Barang 30 Detik
Ujian 3 Mendorong Gerobak

1 Menit (Laki-laki)

1 Menit 10 Detik (Perempuan)

  • Test Keahlian/Keterampilan Dasar Bidang Penangkapan

Durasi test keahlian/keterampilan dasar bidang Penangkapan adalah 3 menit 30 detik. Selanjutnya, materinya adalah:

Jenis Ujian Subjek Ujian Durasi Ujian
Ujian 1 Memasukkan Pin 1 Menit
Ujian 2 Memindahkan Barang 30 Detik
Ujian 3 Menggulung & Menyimpul Tali 2 Menit
  • Test Fisik

Durasi untuk test fisik adalah 3 menit yang terdiri dari Pengukuran Kekuatan Genggaman Tangan, Kekuatan Otot Punggung, dan Pengukuran Tinggi & Berat Badan.

  • Test Wawancara

Sedangkan durasi untuk test wawancara adalah 4 menit yang terdiri dari perkenalan diri dalam bahasa Korea. Dalam perkenalan diri ini selain menyebutkan nama, tanggal lahir, dan sebagainya juga menyebutkan kelebihan Kamu dan pengalaman terkait di bidang yang Kamu pilih. Silakan sebutkan juga rencana setelah diterima bekerja di Korea Selatan.

Setelah melakukan perkenalan diri, selanjutnya peserta akan diminta pewawancara untuk menyebutkan nama barang yang sudah tersedia dalam gambar.

Untuk menilai kompetensi peserta dalam bahasa Korea, kemudian pewawancara akan memberikan pertanyaan kalimat dalam bahasa Korea. Contohnya: “Apa yang akan Kamu lakukan ketika rekan kerja sibuk?”.

Download Materi Skill Test Fishing

2. Materi Skill Test Manufaktur (Pabrik)

  • Test Keahlian/Keterampilan Dasar Bidang Pengukuran

Durasi test keahlian/keterampilan dasar bidang Pengukuran adalah 3 menit 30 detik. Kemudian, materinya adalah:

Jenis Ujian Subjek Ujian Durasi Ujian
Ujian 1 Memasukkan Pin 1 Menit
Ujian 2 Menggantung Ring 1 Menit
Ujian 3 Mengukur Timbangan

60 Detik (Volume)

30 Detik (Panjang)

  • Test Keahlian/Keterampilan Dasar Bidang Penyambungan

Durasi test keahlian/keterampilan dasar bidang Penyambungan adalah 4 menit. Selanjutnya, materinya adalah:

Jenis Ujian Subjek Ujian Durasi Ujian
Ujian 1 Memasukkan Pin 1 Menit
Ujian 2 Menggantung Ring 1 Menit
Ujian 3 Menyambungkan 2 Menit
  • Test Keahlian/Keterampilan Dasar Bidang Perakitan

Durasi test keahlian/keterampilan dasar bidang Perakitan adalah 5 menit. Kemudian, materinya adalah:

Jenis Ujian Subjek Ujian Durasi Ujian
Ujian 1 Memasukkan Pin 1 Menit
Ujian 2 Menggantung Ring 1 Menit
Ujian 3 Merakit 3 Menit
  • Test Fisik

Test fisik untuk sektor Manufaktur masih sama dengan sektor Fishing yaitu memiliki durasi 3 menit yang terdiri dari Pengukuran Kekuatan Genggaman Tangan, Kekuatan Otot Punggung, dan Pengukuran Tinggi & Berat Badan.

  • Test Wawancara

Begitupun durasi untuk test wawancara sektor Manufaktur masih sama dengan sektor Fishing yaitu 4 menit. Terdiri dari perkenalan diri dalam bahasa Korea. Dalam perkenalan diri ini selain menyebutkan nama, tanggal lahir, dan sebagainya juga sebutkan kelebihan Kamu dan pengalaman terkait di bidang pekerjaan yang Kamu pilih. Silakan sebutkan juga rencana setelah diterima bekerja di Korea Selatan.

Setelah melakukan perkenalan diri, selanjutnya peserta akan diminta pewawancara untuk menyebutkan nama barang yang sudah tersedia dalam gambar. Tentunya barang yang terdapat di gambar sektor Manufaktur akan berbeda dengan gambar sektor Fishing.

Untuk menilai kompetensi peserta dalam bahasa Korea, kemudian pewawancara akan memberikan pertanyaan kalimat dalam bahasa Korea. Contohnya: “Apa yang akan Kamu lakukan ketika rekan kerja sibuk?”.

Download Materi Skill Test Manufaktur

Selanjutnya hanya sekedar untuk latihan dalam test Wawancara, berikut saya lampirkan contoh Perkenalan Diri dalam Bahasa Korea. Selain itu saya lampirkan juga contoh-contoh pertanyaan gambar serta kalimat yang biasa ditanyakan oleh pewawancara. Sedangkan untuk password atau kata sandi file PDF adalah www.info-menarik.net.

Download Contoh Wawancara Skill Test

Baca Juga: Biaya Kerja ke Korea Selatan Program Resmi EPS-Topik: Peluang Karir dan Persiapan Finansial

Ok, mungkin hanya itu saja artikel ini dan semoga ada manfaatnya khusus bagi Kamu yang akan menempuh test EPS-Topik tahap kedua. Sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses selalu …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. ROSYIKHIN

    Fail nya dikunci, minta pasword nya dong min.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.