Home / Pendidikan / 6 Alasan Kenapa Orangtua Harus Menyekolahkan Anak Hingga ke Luar Negeri

6 Alasan Kenapa Orangtua Harus Menyekolahkan Anak Hingga ke Luar Negeri

Alasan Menyekolahkan Anak ke Luar Negeri – Ingin memberikan pendidikan yang terbaik kepada anak tidak perlu tanggung-tanggung. Apabila biaya pendidikannya sudah tersedia maka, sekolahkan anak ke luar negeri. Selesai tamat SMA, anak akan menempuh pendidikan sarjana. Memang sih di Indonesia memiliki Universitas ternama yang tidak kalah hebat dengan luar negeri, tetapi ada beberapa alasan kenapa harus sekolah di luar negeri.

Baca Juga : Penting! 7 Rahasia Cepat Adaptasi Di Sekolah Baru Bagi Peserta Didik

Salah satu alasan yang mendasari sekolah di luar negeri yaitu mendapatkan pendidikan terbaik sertta pengalaman hidup yang berbeda. Saat sekolah di luar negeri, anak lebih leluasa untuk tinggal disana, belajar dan bahkan bisa melakukan kerja sambilan untuk menambah uang jajan. Pengalaman tersebut menjadi suatu hal berharga bagi anak, mereka tidak melupakan pengalaman selama belajar di negara orang.

Alasan Sekolah di Luar Negeri yang Harus Diketahui

Orangtua harus merelakan anaknya merantau jauh ke luar negeri. Bila Anda tidak tega melepaskan anak maka, Anda harus mengetahui beberapa alasan kenapa anak sekolah di luar negeri. Berikut merupakan alasan dan manfaat sekolah di luar negeri.

1. Membangun sikap dewasa

Merantau ke luar rumah bisa mebangun kedewasaan diri. Pengalaman hidup merantau ke negara orang lain bisa melatih anak makin dewasa, mandiri, percaya diri dan tentunya memiliki mental yang kuat. Negara luar begitu bebas, aturannya juga tidak ketat. Sebisa mungkin anak mengendalikan diri untuk fokus belajar. Jika sudah mampu fokus serta merawat diri maka, ketika anak pulang ke Indonesia telah siap dengan mental kedewasaannya.

2. Meningkatkan etika kerja

Proses pembelajaran di luar negeri menerapkan sistem kedisiplinan yang tinggi. Hal ini dapat meningkatkan etika kerja Anda ketika kembali ke negara asal. Contoh kedisiplinan yang diterapkan dalam kelas yaitu siswa dituntuh harus memahami materi, sehingga sebelum melaksanakan kuliah siswa harus belajar terlebih dahulu. Jika tidak belajar, siswa tersebut bisa tertinggal materi pelajaran. Belajar di luar negeri memerlukan kerja keras supaya dapat lulus tetapi hasilnya sangat bagus karena bisa meningkatkan etos kerja. Biasanya belajar terlalu keras membuat Anda malas tetapi, rasa malas itu akan hilang jika dilakukan secara rutin.

3. Menjalin pertemanan global

Sekolah di luar negeri sangat beruntung karena anak Anda bisa menjalin pertemanan secara global. Banyak teman-temannya yang berasal dari negara lain, sehingga mereka bertemu dan menjalin pertemanan. Keuntungan memiliki teman dari negara lain adalah bisa menambah pengetahuan serta wawasan mengenai kebudayaan. Setiap negara memiliki kebudayaan yang berbeda-beda, anak bisa mempelajari tersebut dari temannya.

4. Membuat anak percaya diri

Percaya diri sangat sulit ditumbuhkan namun, sekolah di luar negeri dapat membuat rasa percaya diri anak lebih tinggi. Pasalnya mereka tidak ada rasa ragu untuk mengambil kesempatan emas sekolah di luar negeri. Rasa percaya diri anak digunakan untuk membangun pengalaman baru yang pastinya tidak akan dilakukan sewaktu kembali ke negara asal. Oleh sebab itu mereka lebih percaya diri untuk melakukan apapun yang dikerjakannya.

Percaya diri anak juga dilatih dari sosialisainya dengan orang sekitarnya. Anak yang biasanya pendiam, terpaksa angkat bicara karena mereka harus melakukan percakapan dengan teman, guru, serta orang lain.

5. Prospek kerja lebih luas

Sekolah di luar negeri memberikan keuntungan lebih besar setelah lulus kuliah. Pasalnya belajar disana bisa membuat CV anak lebih bagus dan terlihat mencolok. Tentu saja dengan CV demikian, Anak bisa merasakan prospek kerja lebih luas. Akan tetapi CV yang bagus tidak akan membuat anak langsung diterima pada perusahaan, apalagi pada jabatan yang diinginkan. Untuk meraih jabatan yang diinginkan, anak harus memiliki pengalaman kerja yang banyak. Nantinya pengalaman kerja diimplementasikan langsung ke pekerjaan di kantor.

Baca Juga : 5 Tips Memasuki Dunia Kuliah Bagi Calon Mahasiswa Baru Agar Jangan Sampai Salah

Nah itulah beberapa alasan kenapa harus sekolah di luar negeri. Keuntungannya sangat bagus untuk membentuk kepribadian anak serta membantu keberhasilan memperoleh pekerjaan di lapangan. Sudah saatnya Anda menyusun rencana untuk menyekolahkan anak ke luar negeri. Masalah biaya mungkin menjadi permasalahan serius, karena sekolah di luar negeri memakan biaya yang besar tetapi Anda bisa mempersiapkannya dengan cara menabung.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.