Selasa, 20 Februari 2024

Perbedaan Komputer Jaman Dulu dengan Sekarang: Revolusi Teknologi Generasi Komputer

Perbedaan Komputer Jaman Dulu dengan Sekarang

Info Menarik – Penggunaan komputer telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita saat ini. Dari pekerjaan hingga hiburan, komputer telah merevolusi cara kita berinteraksi dengan dunia. Namun, pernahkah Kamu berpikir tentang bagaimana komputer jaman dulu berbeda dengan yang kita miliki saat ini? Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi 10 perbedaan utama antara komputer jaman dulu dan komputer masa kini.

Perbedaan Komputer Jaman Dulu dengan Sekarang: Menggali Evolusi Teknologi

Komputer adalah salah satu pencapaian teknologi paling monumental dalam sejarah manusia. Dari generasi ke generasi, komputer telah mengalami transformasi yang luar biasa, memengaruhi cara kita bekerja, bermain, berkomunikasi, dan menjalani kehidupan sehari-hari. Berikut adalah 10 perbedaan kunci antara komputer jaman dulu dengan komputer masa kini:

1. Ukuran dan Bentuk

Perbedaan dalam ukuran dan bentuk komputer jaman dulu dan komputer masa kini merupakan salah satu aspek paling mencolok dalam evolusi teknologi komputer. Mari kita telaah perbedaan ini dengan lebih rinci.

Komputer Jaman Dulu

Pada masa lalu, komputer umumnya memiliki ukuran yang besar dan bentuk yang canggih. Mereka seringkali terdiri dari berbagai bagian besar, seperti monitor berukuran besar, unit pemrosesan data yang kaku, dan perangkat penyimpanan yang memakan banyak ruang. Komputer ini sering kita tempatkan di ruang server yang luas atau di ruang komputer yang khusus dirancang.

Selain itu, monitor yang digunakan pada komputer jaman dulu adalah layar CRT (Cathode Ray Tube), yang terkenal karena beratnya dan bentuknya yang cembung. Monitor CRT ini memerlukan banyak ruang dan konsumsi energi yang signifikan.

Komputer Masa Kini

Seiring berjalannya waktu, perkembangan teknologi telah menghasilkan perubahan revolusioner dalam ukuran dan bentuk komputer. Komputer masa kini jauh lebih kecil, ringan, dan portabel. Bahkan, beberapa komputer seperti laptop, tablet, dan smartphone, dapat dengan mudah kita bawa ke mana-mana.

Monitor CRT telah digantikan oleh teknologi layar datar seperti LCD (Liquid Crystal Display) dan OLED (Organic Light Emitting Diode). Layar-layar ini sangat tipis, memiliki resolusi tinggi, dan menghasilkan tampilan yang tajam dan jernih. Ini tidak hanya menghemat ruang, tetapi juga menghadirkan pengalaman visual yang unggul.

Selain itu, komputer masa kini juga tersedia dalam berbagai bentuk yang inovatif, seperti komputer all-in-one yang mengintegrasikan monitor dan unit pemrosesan dalam satu perangkat yang elegan. Bahkan komputer desktop biasa pun telah menjadi lebih ringkas dan hemat ruang, dengan banyak model yang dirancang untuk tampilan yang bersih dan modern.

Perbedaan dalam ukuran dan bentuk ini mencerminkan kemajuan teknologi yang luar biasa dalam desain dan manufaktur komputer. Ini juga memungkinkan pengguna untuk lebih fleksibel dalam cara mereka menggunakan dan membawa komputer, yang merupakan salah satu perubahan terpenting dalam revolusi komputer modern.

2. Kapasitas Penyimpanan

Perbedaan signifikan lainnya antara komputer jaman dulu dan komputer masa kini adalah kapasitas penyimpanan. Mari kita telusuri lebih detail tentang perbedaan ini:

Komputer Jaman Dulu

Pada masa lalu, komputer memiliki kapasitas penyimpanan yang sangat terbatas. Salah satu perangkat penyimpanan paling umum adalah floppy disk, yang memiliki kapasitas penyimpanan yang sangat kecil, seringkali hanya beberapa kilobyte (KB) atau megabyte (MB). Ini berarti bahwa data yang dapat kita simpan pada komputer jaman dulu sangat terbatas, dan seringkali pengguna harus berurusan dengan beberapa floppy disk untuk menyimpan informasi yang signifikan.

Selain itu, beberapa komputer menggunakan pita magnetik sebagai media penyimpanan, tetapi ini juga memiliki keterbatasan kapasitas yang serupa. Pengguna komputer jaman dulu harus berhati-hati dalam mengelola penyimpanan data mereka karena keterbatasan ini.

Komputer Masa Kini

Perkembangan teknologi penyimpanan telah mengubah pemandangan sepenuhnya. Komputer masa kini dilengkapi dengan penyimpanan berbasis solid-state (SSD) atau hard drive (HDD) yang memiliki kapasitas yang luar biasa besar. SSD adalah salah satu inovasi terbesar dalam hal penyimpanan, dengan kapasitas yang dapat mencapai terabytes (TB).

Dengan kapasitas penyimpanan yang besar ini, pengguna modern dapat menyimpan ratusan ribu foto, video, dokumen, dan aplikasi di dalam perangkat mereka tanpa khawatir kehabisan ruang. Selain itu, kecepatan akses data pada SSD jauh lebih cepat dibandingkan dengan media penyimpanan tradisional, seperti HDD atau floppy disk, yang membuat proses penyimpanan dan pengambilan data menjadi lebih efisien.

Perbedaan dalam kapasitas penyimpanan mencerminkan perkembangan teknologi yang memungkinkan kita menyimpan dan mengakses data dalam jumlah yang jauh lebih besar daripada yang pernah kita bayangkan di masa lalu. Hal ini telah mengubah cara kita menyimpan, mengelola, dan berbagi informasi dalam era komputer modern.

Baca Juga: Cara Mempercepat Kinerja SSD Agar Booting Laptop atau PC Tidak Lama

3. Kecepatan Prosesor

Kecepatan prosesor adalah salah satu aspek paling penting dalam perbandingan antara komputer jaman dulu dan komputer masa kini. Mari kita perjelas perbedaannya:

Komputer Jaman Dulu

Pada era komputer jaman dulu, prosesor yang digunakan jauh lebih lambat dibandingkan dengan komputer saat ini. Komputer jaman dulu umumnya menggunakan prosesor berkecepatan megahertz (MHz) atau mungkin beberapa gigahertz (GHz). Kecepatan ini sudah mengesankan pada masanya, tetapi jika dibandingkan dengan komputer masa kini, angkanya terlihat kecil.

Prosesor komputer jaman dulu juga seringkali hanya memiliki satu inti (single-core). Ini berarti komputer hanya dapat mengeksekusi satu tugas pada satu waktu. Sebagai hasilnya, kinerja komputer terbatas, dan tugas yang kompleks memerlukan waktu lebih lama untuk diselesaikan.

Komputer Masa Kini

Perkembangan teknologi prosesor telah menghasilkan lonjakan luar biasa dalam kecepatan prosesor. Komputer modern dilengkapi dengan prosesor multi-core dengan kecepatan yang sangat tinggi. Beberapa komputer bahkan menggunakan prosesor dengan puluhan inti, yang memungkinkan mereka untuk melakukan banyak tugas secara bersamaan.

Kecepatan prosesor komputer saat ini diukur dalam gigahertz hingga terahertz (THz), yang berarti komputer dapat melakukan miliaran hingga triliunan operasi per detik. Ini membuat komputer modern sangat mampu menangani tugas-tugas yang membutuhkan pemrosesan data yang intensif, seperti perangkat lunak desain grafis, pemrosesan video, dan permainan yang canggih.

Selain itu, teknologi hyper-threading dan turbo boost telah meningkatkan efisiensi dan responsifitas komputer. Dengan banyaknya inti prosesor yang tersedia, komputer masa kini dapat menjalankan berbagai tugas secara simultan tanpa mengorbankan kecepatan atau kinerja keseluruhan.

Perbedaan dalam kecepatan prosesor mencerminkan kemajuan teknologi yang mengubah cara kita bekerja dan bermain dengan komputer. Komputer modern mampu memberikan kinerja yang luar biasa cepat, yang tidak terbayangkan pada masa lalu, dan telah membuka pintu untuk aplikasi dan pengalaman yang lebih canggih.

4. Tampilan Grafis

Perbedaan dalam tampilan grafis antara komputer jaman dulu dan komputer masa kini mencerminkan perkembangan teknologi yang sangat signifikan. Mari kita perjelas perbedaannya:

Komputer Jaman Dulu

Pada masa lalu, tampilan grafis pada komputer jaman dulu seringkali terbatas pada monitor CRT (Cathode Ray Tube). Monitor CRT ini memiliki beberapa kelemahan, termasuk bentuknya yang cembung, berat, dan kerapuhan. Mereka menghasilkan gambar dengan resolusi yang terbatas dan seringkali memiliki masalah seperti ghosting dan bayangan.

Selain itu, kemampuan grafis komputer jaman dulu sangat terbatas. Mereka hanya mampu menampilkan gambar dengan palet warna yang terbatas, dan grafis berbasis vektor atau tampilan tiga dimensi (3D) yang kompleks hampir tidak mungkin diimplementasikan dengan baik.

Komputer Masa Kini

Teknologi tampilan grafis telah mengalami evolusi dramatis. Komputer masa kini menggunakan monitor LCD (Liquid Crystal Display) atau OLED (Organic Light Emitting Diode) yang tipis, ringan, dan menghasilkan tampilan yang luar biasa tajam dengan resolusi tinggi. Layar-layar ini memiliki tingkat kontras yang tinggi dan reproduksi warna yang akurat.

Selain itu, kartu grafis modern memiliki kemampuan yang sangat canggih. Mereka dapat menangani grafis berbasis vektor dan tampilan 3D dengan lancar, bahkan dalam aplikasi yang paling intensif. Ini memungkinkan untuk pengalaman gaming yang realistis, desain grafis yang berkualitas tinggi, dan penggunaan software yang memerlukan tampilan yang rumit.

Komputer masa kini juga mendukung resolusi yang sangat tinggi, seperti 4K dan 8K, yang menghasilkan gambar yang sangat rinci dan jernih. Ini ideal untuk penggunaan dalam produksi video, pengeditan foto, dan bahkan untuk menonton konten multimedia berkualitas tinggi.

Perbedaan dalam tampilan grafis mencerminkan kemajuan teknologi yang menghadirkan pengalaman visual yang lebih baik dan lebih memuaskan bagi pengguna komputer. Ini juga telah membuka pintu untuk berbagai jenis konten multimedia dan aplikasi yang tidak mungkin kita lakukan pada komputer jaman dulu.

5. Konektivitas Internet

Konektivitas internet adalah salah satu perbedaan yang paling mencolok antara komputer jaman dulu dan komputer masa kini. Mari kita perjelas bagaimana perkembangan ini telah mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia:

Komputer Jaman Dulu

Pada masa lalu, konektivitas internet tidaklah seperti yang kita kenal saat ini. Bahkan, dalam beberapa kasus, komputer jaman dulu tidak memiliki akses internet sama sekali. Beberapa komputer awal hanya berfungsi sebagai alat pemrosesan data yang terisolasi, dan pertukaran informasi terutama melibatkan disket atau pita yang dipindahkan secara fisik.

Ketika internet pertama kali muncul, aksesnya sangat lambat dan mahal. Koneksi dial-up melalui modem telepon adalah norma, yang seringkali memerlukan waktu untuk menghubungkan dan memiliki kecepatan transfer data yang sangat terbatas. Selain itu, akses internet seringkali terputus jika ada panggilan telepon masuk.

Komputer Masa Kini

Perkembangan konektivitas internet telah mengubah dunia dengan cara yang luar biasa. Komputer masa kini hampir selalu terhubung ke internet, baik melalui koneksi kabel, Wi-Fi, atau jaringan seluler. Ini memberikan akses instan ke sumber daya global, informasi, dan layanan online.

Koneksi internet saat ini jauh lebih cepat dan terjangkau. Koneksi broadband dan serat optik memiliki kecepatan yang mengesankan, memungkinkan pengguna untuk men-download dan meng-upload data dengan cepat, menonton video berkualitas tinggi secara streaming, dan bermain game online tanpa gangguan.

Selain itu, konektivitas internet yang stabil telah memungkinkan perkembangan teknologi seperti komunikasi video real-time (seperti Zoom atau Skype), komputasi awan (cloud computing), dan media sosial yang sangat terhubung.

Kemampuan untuk selalu terhubung ke internet telah mengubah cara kita bekerja, belajar, berkomunikasi, dan bersosialisasi. Ini juga telah membuka pintu untuk inovasi teknologi yang tak terhitung jumlahnya, yang semuanya didukung oleh akses yang cepat dan andal ke dunia maya.

6. Sumber Daya Energi

Perbedaan dalam sumber daya energi yang digunakan oleh komputer jaman dulu dan komputer masa kini adalah aspek penting lainnya yang perlu diperjelas:

Komputer Jaman Dulu

Komputer jaman dulu umumnya mengonsumsi daya yang sangat besar. Sistem komputer besar seperti mainframe dan superkomputer memerlukan ruang yang luas dan banyak peralatan pendingin udara yang kuat untuk menjaga suhu agar tetap stabil. Ini berarti biaya operasional dan pemeliharaan komputer tersebut sangat tinggi.

Selain itu, banyak komputer jaman dulu menggunakan komponen elektronik yang panas dan tidak efisien dalam hal penggunaan energi. Mereka juga sering menggunakan teknologi layar CRT yang mengonsumsi energi lebih banyak daripada teknologi tampilan modern.

Komputer Masa Kini

Salah satu perubahan besar dalam komputer modern adalah peningkatan efisiensi dalam penggunaan sumber daya energi. Komputer masa kini dirancang untuk lebih hemat energi, dengan komponen yang dirancang untuk menghasilkan lebih sedikit panas. Selain itu, monitor layar datar seperti LCD dan OLED jauh lebih efisien dalam penggunaan energi dibandingkan dengan layar CRT.

Perangkat seperti laptop dan smartphone dirancang dengan baterai yang dapat diisi ulang, memungkinkan pengguna untuk menggunakan komputer mereka selama berjam-jam tanpa harus terhubung ke sumber daya listrik. Ini membuat komputer menjadi lebih portabel dan lebih ramah lingkungan.

Selain itu, kesadaran tentang dampak lingkungan telah mendorong pengembangan teknologi yang lebih ramah lingkungan. Banyak produsen komputer telah mengadopsi praktik-praktik berkelanjutan dalam proses produksi mereka dan mencari cara untuk mengurangi jejak karbon dari produk mereka.

Perbedaan dalam sumber daya energi mencerminkan pentingnya efisiensi dan kesadaran lingkungan dalam pengembangan teknologi komputer. Ini telah membantu mengurangi konsumsi energi global dan membuat komputer menjadi lebih mudah diakses oleh banyak orang di seluruh dunia.

7. Sistem Operasi

Perbedaan dalam sistem operasi antara komputer jaman dulu dan komputer masa kini adalah salah satu faktor kunci yang memengaruhi cara kita berinteraksi dengan perangkat tersebut. Mari perjelas perbedaannya:

Komputer Jaman Dulu

Pada masa lalu, sistem operasi komputer jaman dulu cenderung lebih sederhana dibandingkan dengan sistem operasi modern. Beberapa komputer awal bahkan tidak memiliki sistem operasi yang seperti yang kita kenal saat ini. Pengguna seringkali harus memuat program secara manual menggunakan perintah-perintah khusus atau menggunakan kartu berlubang.

Sistem operasi pada komputer jaman dulu juga kurang bersahabat dan memiliki antarmuka yang terbatas. Mereka terutama berfungsi sebagai perantara antara pengguna dan perangkat keras komputer, tanpa banyak fitur tambahan. Penggunaan komputer jaman dulu seringkali memerlukan pengetahuan teknis yang mendalam.

Komputer Masa Kini

Sistem operasi komputer masa kini telah mengalami revolusi dalam hal kompleksitas dan fungsi. Sistem operasi seperti Windows, macOS, dan Linux menawarkan antarmuka grafis yang intuitif yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan perangkat mereka melalui ikon, menu, dan jendela. Ini membuat penggunaan komputer lebih mudah kita pahami yang tidak memiliki latar belakang teknis yang kuat.

Selain itu, sistem operasi modern memiliki berbagai fitur tambahan yang mengubah cara kita bekerja. Ini termasuk manajemen file yang lebih baik, dukungan untuk berbagai perangkat keras dan periferal, kemampuan untuk menjalankan berbagai aplikasi, dan konektivitas internet yang lebih baik. Pengguna juga dapat menginstal dan menghapus perangkat lunak dengan mudah melalui toko aplikasi atau proses instalasi yang lebih sederhana.

Sistem operasi komputer masa kini juga dilengkapi dengan kemampuan keamanan yang lebih kuat, termasuk firewall, antivirus, dan pembaruan otomatis. Hal ini membantu melindungi perangkat dan data pengguna dari ancaman siber yang semakin kompleks.

Perbedaan dalam sistem operasi mencerminkan perubahan fundamental dalam cara kita berinteraksi dengan komputer. Mereka telah menjadi lebih ramah pengguna, kuat, dan terhubung dengan dunia digital, membantu kita melakukan berbagai tugas dengan lebih efisien dan mudah.

8. Aplikasi dan Software

Perbedaan dalam aplikasi dan perangkat lunak antara komputer jaman dulu dan komputer masa kini adalah salah satu aspek yang paling mencolok dalam revolusi teknologi komputer. Mari perjelas perbedaan ini:

Komputer Jaman Dulu

Pada masa lalu, aplikasi dan software yang tersedia untuk komputer jaman dulu terbatas dalam hal fungsionalitas dan kinerja. Aplikasi yang umum termasuk program pengolah kata dasar, spreadsheet, dan perangkat lunak pengolah data yang sangat terbatas. Perangkat lunak tersebut seringkali berjalan di atas sistem operasi yang sederhana.

Sumber daya yang terbatas pada komputer jaman dulu membuat perangkat lunak yang kompleks sulit diimplementasikan. Grafis yang lebih sederhana dan kurangnya dukungan untuk tampilan 3D membuat permainan komputer yang lebih canggih juga sangat terbatas.

Komputer Masa Kini

Komputer masa kini memiliki akses ke berbagai aplikasi dan perangkat lunak yang jauh lebih canggih dan beragam. Perangkat lunak produktivitas seperti Microsoft Office, Adobe Creative Suite, dan aplikasi desain grafis yang tingkat lanjut seperti Adobe Photoshop dan Illustrator adalah contoh dari perangkat lunak yang sangat kuat yang tersedia untuk pengguna.

Selain itu, toko aplikasi seperti Apple App Store, Google Play Store, dan Microsoft Store telah muncul, memungkinkan pengguna untuk dengan mudah menelusuri, mengunduh, dan menginstal aplikasi sesuai dengan kebutuhan mereka. Ini mencakup berbagai aplikasi untuk hampir segala jenis tugas, termasuk permainan yang sangat canggih, aplikasi produktivitas, hiburan multimedia, dan banyak lagi.

Perangkat lunak juga semakin terhubung dengan internet, memungkinkan sinkronisasi data di berbagai perangkat dan akses ke layanan cloud yang memungkinkan penyimpanan dan berbagi data dengan mudah. Ini mengubah cara kita berkolaborasi dan mengakses informasi.

Perbedaan dalam aplikasi dan perangkat lunak mencerminkan kemajuan teknologi yang memberikan kepada pengguna alat yang lebih kuat dan beragam untuk mencapai berbagai tujuan. Ini telah mengubah cara kita bekerja, bermain, dan berinteraksi dengan dunia digital yang semakin kompleks.

9. Keamanan

Keamanan adalah aspek penting lainnya yang perlu kita perjelas dalam perbandingan antara komputer jaman dulu dan komputer masa kini. Mari kita perjelas perbedaannya:

Komputer Jaman Dulu

Pada masa lalu, konsep keamanan komputer tidak memiliki peran yang sebesar seperti yang kita kenal saat ini. Sistem keamanan pada komputer jaman dulu sangat terbatas, jika ada. Seringkali, pengguna hanya perlu memasukkan kata sandi sederhana atau bahkan tidak memerlukan otentikasi sama sekali untuk mengakses sistem.

Selain itu, ancaman cyber pada komputer jaman dulu jauh lebih sedikit dan kurang kompleks dibandingkan dengan masa kini. Infeksi virus dan malware umumnya lebih jarang terjadi, dan ketika terjadi, dampaknya seringkali terbatas.

Komputer Masa Kini

Dengan munculnya teknologi internet dan ketergantungan kita pada komputer untuk berbagai tugas penting, keamanan komputer telah menjadi faktor kritis. Komputer masa kini dilengkapi dengan berbagai lapisan perlindungan, termasuk perangkat lunak antivirus, firewall, dan sistem deteksi ancaman.

Sistem operasi modern juga memiliki kontrol akses yang lebih kuat, enkripsi data yang kuat, dan otentikasi ganda yang membuatnya lebih sulit bagi pihak yang tidak berwenang untuk mengakses informasi sensitif. Selain itu, sumber daya keamanan seperti pemindaian malware secara real-time dan pembaruan keamanan otomatis membantu melindungi sistem dari ancaman cyber.

Di era internet, serangan cyber seperti virus, ransomware, dan serangan phishing semakin kompleks dan serius. Oleh karena itu, perusahaan dan pengembang perangkat lunak terus berinovasi untuk melindungi komputer dan data pengguna dari ancaman ini.

Pentingnya keamanan komputer masa kini mencerminkan perubahan dalam cara kita melindungi informasi pribadi dan bisnis di dunia digital yang terus berkembang. Perlindungan yang lebih kuat dan kesadaran keamanan yang lebih besar telah menjadi kebutuhan mutlak bagi pengguna komputer modern.

Baca Juga: Panduan Lengkap Cara Menguji Keefektifan Antivirus Komputer yang Digunakan

10. Mobilitas

Perbedaan dalam mobilitas antara komputer jaman dulu dan komputer masa kini adalah salah satu aspek yang paling mencolok dalam perkembangan teknologi komputer. Mari kita perjelas perbedaan ini:

Komputer Jaman Dulu

Pada masa lalu, komputer jaman dulu sangat tidak portabel. Mereka seringkali terdiri dari perangkat keras yang besar dan berat, termasuk monitor CRT yang canggih, unit pemrosesan data, dan perangkat penyimpanan. Komputer semacam itu memerlukan ruang yang luas dan infrastruktur khusus seperti meja dan kursi yang kuat.

Selain itu, daya yang dibutuhkan oleh komputer jaman dulu seringkali tinggi, sehingga mereka harus selalu terhubung ke sumber daya listrik yang stabil. Ini membatasi mobilitas pengguna dan membuat komputer jaman dulu cocok untuk penggunaan di tempat tertentu seperti kantor atau laboratorium.

Komputer Masa Kini

Salah satu perubahan paling mencolok adalah mobilitas komputer masa kini. Kemajuan teknologi telah menghasilkan perangkat komputer yang lebih kecil, ringan, dan portabel. Laptop, tablet, dan smartphone adalah contoh nyata dari komputer masa kini yang dapat kita bawa dengan mudah ke mana saja.

Laptop, misalnya, memberikan pengguna kebebasan untuk bekerja dari berbagai tempat, termasuk kafe, rumah, pesawat, atau bahkan taman. Mereka dilengkapi dengan baterai yang dapat diisi ulang, memungkinkan pengguna bekerja tanpa harus terhubung terus-menerus ke sumber daya listrik. Tablet dan smartphone juga memberikan mobilitas yang serupa untuk aktivitas komputasi sehari-hari dan hiburan.

Selain itu, perkembangan teknologi jaringan seluler dan Wi-Fi telah memungkinkan akses internet yang mudah di hampir setiap tempat. Ini berarti komputer masa kini dapat terus terhubung dengan internet bahkan saat bergerak.

Perbedaan dalam mobilitas mencerminkan bagaimana teknologi telah mengubah cara kita bekerja, bermain, dan berkomunikasi. Komputer modern telah membuka pintu untuk penggunaan yang lebih fleksibel dan beragam, memungkinkan kita untuk tetap produktif dan terhubung di mana pun kita berada.

Baca Juga: Daftar Harga Komputer Built Up Siap Pakai Lengkap Dengan Spesifikasinya

Kesimpulan

Dalam kesimpulan, perkembangan teknologi telah mengubah wajah komputer dari masa ke masa. Dari ukuran hingga kecepatan, komputer telah mengalami revolusi yang luar biasa. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang perbedaan ini, kita dapat menghargai betapa pentingnya evolusi ini dalam membentuk dunia digital kita saat ini. Dengan begitu banyak perubahan di dunia teknologi, kita harus siap untuk melihat apa yang akan datang di masa depan.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. lovi

    Blognya tentang perbedaan komputer jaman dulu dan sekarang sangat menarik. Teknologi pada era digitalisasi akan berkembang untuk permudah kegiatan sehari-hari. Gunakan adalah teknologi berbasis virtual reality yang dapat digunakan terutama pada video.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.