Home / Teknologi / Tips Keren Terbukti Sukses Agar Akun Internet Tidak Mudah Dibajak

Tips Keren Terbukti Sukses Agar Akun Internet Tidak Mudah Dibajak

Agar Akun Internet Tidak Mudah Dibajak – Tidak bisa dipungkiri lagi kalau saat ini konsumsi dunia maya sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat. Dijaman modern seperti sekarang keberadaan dunia maya tidak hanya untuk berkomunikasi saja, melalui dunia maya juga bisa digunakan untuk melakukan transaksi perbankan, saling bertukar data, menyimpan data secara online, dan masih banyak lagi. Bukankah itu semua merupakan hal-hal penting? Tentu saja agar akun internet tidak mudah dibajak harus menjadi prioritas.

Baca Juga : 5 Trik Sederhana Mampu Membuat Akun Facebook Tidak Bisa Dibajak

Pentingnya menjaga akun internet agar tidak mudah dibajak jangan pernah anggap sepele. Hal ini juga disadari oleh perusahaan teknologi terkenal dunia seperti Microsoft yaitu betapa sangat pentingnya menjaga keamanan akun internet. Situs sekelas AshleyMadison juga dulu pernah di-hack yang didalamnya tersimpan jutaan ID yang siap dibeberkan ke publik.

Perusahaan sebesar itu saja bisa kena hack dan tentu saja hal ini akan berdampak pada kerugian yang sangat besar. Lalu bagaimana dengan akun internet kita?

Untuk mengantisipasi hal tersebut, cobalah untuk mempraktikkan 7 Tips Keren Agar Akun Internet Anda Tidak Mudah Dibajak.

Berikut Cara Agar Akun Internet Tidak Mudah Dibajak

1. Selalu Aktifkan Automatic Update

Bagi yang memiliki kuota internet pas-pasan, update software ini memang sangat menjengkelkan. Dan memang untuk hal update software akan memerlukan kuota tidak sedikit. Namun demi untuk urusan keamanan, update software bisa dikatakan wajib Anda lakukan. Melalui update software maka pengguna akan memperoleh versi terbaru dari pihak pengembang software yang tentu saja didalamnya akan terdapat keamanan lebih dari versi sebelumnya.

Apapun softwarenya baik yang dipasang di komputer, smartphone, dan akun di internet maka wajib Anda update jika memang sudah memperoleh pemberitahuan update dari pihak pembuatnya.

2. Gunakan Antivirus Terpercaya

Baik untuk komputer ataupun smartphone, Antivirus sangat penting. Silakan gunakan Antivirus yang paling Anda percaya atas kehandalannya. Banyaknya Antivirus tersebar di internet, disini saya tidak akan merekomendasikan Antivirus mana yang terbaik. Intinya Antivirus yang Anda gunakan selalu rajin diupdate ketika sudah ada pembaruannya.

Selain menggunakan Antivirus, sebaiknya Anda harus peka terhadap apa yang akan buka di internet. Jangan asal klik ketika Anda sedang berselancar di internet. Meskipun Antivirus Anda handal, namun bisa saja Antivirus ini tidak bisa bekerja secara optimal ketika mendapat serangan bertubi-tubi.

3. Buat Password Unik dan Rumit

Berawal dari kecerobohan ketika membuat password maka mudah sekali akun internet Anda dibajak orang lain. Hindari membuat password yang mudah ditebak orang lain seperti password dari tanggal lahir, nama istri, nama anak, nama ibu, dan sebagainya. Jika Anda menggap akun di internet adalah asset sangat penting maka silakan buat password unik dan rumit dan tentunya mudah diingat oleh Anda sendiri.

Buat password dari kombinasi huruf, angka, dan karakter khusus. Sekarang banyak sekali aplikasi password manager untuk membuat password rumit atau sulit ditebak orang lain.

Baca Juga : 10 Cara Membuat Password (Kata Sandi) Yang Aman Anti Maling Dan Hacker

4. Gunakan Password Manager Untuk Membuat Password

Seperti yang sudah disinggung pada point 4 diatas, silakan untuk menggunakan aplikasi password manager ketika ingin membuat password. Namun jika Anda tidak mau repot menggunakan password manager, sebetulnya mudah sekali membuat password unik dan rumit tanpa password manager. Intinya password yang Anda buat harus campuran dari beberapa huruf, angka, dan karakter khusus seperti [email protected]#$%^&*()_+=?/{}[].

5. Gunakan Autentikasi Dua Tahap

Untuk menjaga akun internet Anda tetap selanjutnya adalah dengan menggunakan autentikasi dua tahap. Sekilas tampak merepotkan ketika Anda login akun di internet. Namun tahukah Anda bahwa dengan menggunakan autentikasi dua tahap maka akan mempersulit hacker ketika akan menjebol akun internet Anda. Dengan autentikasi dua tahap maka kita telah membuat login akun berlapis. Sekarang website seperti online shop, media sosial, perbankan, serta Google sekalipun sudah menyediakan fitur autentikasi dua tahap ini. Untuk pengguna seperti kita tinggal mengaktifkannya fitur tersebut. Lebih baik repot sedikit daripada asset penting Anda akan jatuh kepada hacker.

6. Selalu Membuka Website Jelas Terbukti Kemanannya

Dengan membuka website yang diragukan keamanannya maka komputer, smartphone, atau akun internet akan terancam virus, malware, adware, spam, scam, bahkan pishing. Ketika berselancar di internet sebaiknya Anda selalu menghindari website-website yang diragukan keamanannya. Jika penasaran sebaiknya jangan pernah membuka menggunakan komputer inti, smratphone pribadi, dan usahakan akun internet sudah logout semua. Tapi menurut saya sebaiknya jangan saja jika tidak ingin terjadi resiko berbahaya.

7. Kirim Informasi Sensitif Terenkripsi

Dengan internet memang kita bisa mengirim data apapun terhadap orang lain. Namun kebebasan ini sebaiknya Anda sortir lagi. Informasi sensitif seperti nomor pajak, info bank, info bisnis rahasia, dan sebagainya tidak boleh Anda kirim melalui alamat email tanpa dienkripsi terlebih dahulu. Hal ini resikonya sangat tinggi. Sebelumnya Anda enkripsi dulu menggunakan layanan yang tersebar di internet seperti ProtonMail atau PGP.

Selesai sudah artikel Cara Agar Akun Internet Tidak Mudah Dibajak. Artikel ini tidak menjamin 100% kalau akun internet Anda menjadi aman dan sulit dibajak orang lain. Namun setidaknya tingkat keamanan akun Anda sekarang menjadi lebih tinggi. Bermula dari kecerobohan pengguna maka akun internet akan mudah dibajak. Selamat mencoba dan semoga ada manfaatnya …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *