Home / Photoshop / Cara Cepat Mewarnai Rambut Dengan Photoshop

Cara Cepat Mewarnai Rambut Dengan Photoshop

Cara Cepat Mewarnai Rambut Dengan Photoshop – Untuk mewarnai rambut, Anda tidak perlu repot-repot menggunakan cat rambut. Dengan Photoshop rambut Anda akan mudah diatur warnanya sesuai dengan keinginan.

Baca Juga : Cara Mudah Menggabungkan Photo Dengan Photoshop

Berikut hasilnya rambut yang telah diwarnai menggunakan Photoshop :

Mewarnai Rambut Dengan Photoshop 1

Tehnik pewarnaan rambut diatas saya menggunakan Tool Photoshop Color Balance. Dan Photoshop yang saya gunakan adalah Photoshop CS3. Untuk memudahkan dalam praktek ini, silakan unduh dulu gambar yang akan dijadikan bahan tutorial.

Cara Mewarnai Rambut Dengan Photoshop

Photo yang akan saya jadikan praktek dalam tutorial mewarnai rambut dengan Photoshop adalah photo berikut :

Mewarnai Rambut Dengan Photoshop 2

Buka program Photoshop Anda lalu klik File > Open untuk membuka gambar yang akan diberi warna rambutnya. Setelah itu duplikat layer dengan cara klik kanan pada layer Background > Duplicate Layer…. Atau bisa juga dengan cara menekan Ctrl+J pada keyboard.

Layer baru hasil duplikat beri nama Warna (hanya contoh).

Mewarnai Rambut Dengan Photoshop 3

Setelah Anda melakukan duplikat layer, aktifkan layer Warna dan seleksi gambar. Dalam menyeleksi gambar disini saya menggunakan Polygonal Lasso Tool. Dan ingat seleksi pada bagian rambutnya saja.

Mewarnai Rambut Dengan Photoshop 4

Setelah seleksi rambut selesai dengan sempurna, langkah selanjutnya memberi warna pada rambut. Disini saya menggunakan Color Balance, caranya klik Images > Adjustments > Color Balance…

Pada kotak dialog Color Balance saya memberi nilai +100 pada warna Red, 0 pada warna Green, dan +100 pada warna Blue. Pada Tone Balance pilih Midtones. Jika sudah selesai klik OK.

Mewarnai Rambut Dengan Photoshop 5

Sampai langkah ini cara mewarnai rambut dengan Photoshop sudah selesai. Namun Anda perlu merapikan pada bagian-bagian warna yang tidak diinginkan. Artinya Anda harus menghapus warna yang bukan dirambut.

Cara menghapus warna yang tidak diinginkan, aktifkan Reveal Selection. Caranya klik Layer Mask > Reveal Selection. Pada langkah ini, gambar pada bagian rambut masih dalam keadaan terseleksi.

Setelah Anda mengaktifkan Layer Mask, maka pada layer akan muncul sebuah Layer Mask baru.

Untuk menghapus bagian-bagian warna yang tidak diinginkan setelah Anda mengikuti langkah-langkah diatas, aktifkan juga Brush Tool.

Mewarnai Rambut Dengan Photoshop 6

Sebelum menggunakan Brush Tool, setting Foreground dan Background Color menjadi warna default Photoshop (Hitam dan Putih). Caranya tekan huruf D pada keyboard.

Silakan lakukan penghapusan pada bagian-bagian yang tidak penting. Terus berulang-ulang sampai semua warna yang tidak penting benar-benar terhapus.

Mewarnai Rambut Dengan Photoshop 7

Jika sudah selesai, simpan hasil karya Anda dengan cara klik File > Save. Simpan Format .jpg untuk keperluan cetak dan format .psd untuk format editing Photoshop selanjutnya.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

4 comments

  1. info yang bermanfaat, sukses selalu sobat…

  2. saya sudah bisa mengoperasikan photoshop untuk pengeditan photo ternyata daya harus banyak belajar, karena saya belum tahu cara mewarnai rambut dengan baik dan bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *