Home / Microsoft Office / Cara Membuka File Dokumen Word Yang Diproteksi (Password) Tanpa Software

Cara Membuka File Dokumen Word Yang Diproteksi (Password) Tanpa Software

Cara Membuka File Dokumen Word Yang Diproteksi РMengamankan file dokumen agar tidak bisa diedit atau dicopy paste sama orang lain seperti yang sudah pernah saya bahas pada artikel Cara Proteksi File Word memang bagus. Namun masalahnya bagaimana jika suatu saat Anda sendiri lupa kata sandinya sehingga Anda tidak bisa mengedit file dokumen tersebut. Solusinya adalah Anda harus menghilangkan kata sandi tersebut. Lalu bagaimana caranya membuka file dokumen yang diproteksi sedangkan kita sama sekali tidak tahu passwordnya? Apakah perlu menggunakan software, atau bagaimana? Tidak perlu!

Baca Juga : Cara Mudah Membuka Proteksi Password Microsoft Office Excel Tanpa Software

Untuk menghilangkan proteksi pada file dokumen Word caranya sangat mudah meskipun kita sendiri tidak tahu passwordnya apa. Kita tidak perlu menggunakan software seperti yang banyak dibahas orang-orang. Cara ini tidak akan memerlukan waktu lama bahkan tanpa cr*ck, tanpa k*yg*n, dan tanpa kode.

cara-membuka-file-dokumen-word-yang-diproteksi-1

Ingat cara menjebol proteksi file Word ini jangan Anda salahgunakan untuk dokumen Word yang diproteksi orang lain tanpa seijinnya. Gunakanlah dengan bijak, misal kita gunakan pada file Word sendiri yang lupa password atau file orang lain yang sudah mendapatkan ijin.

Berikut Cara Membuka File Dokumen Word Yang Diproteksi Tanpa Software

Pertama silakan Anda buka file dokumen Word yang diproteksi. Oh iya cara ini hanya untuk membuka proteksi Word yang diberi password pada editingnya saja. Bukan menjebol password pada file Word ketika dibuka file seperti pada artikel Cara Membuat Password Pada File Word. Artinya file ini masih bisa dibuka namun kita diproteksi tidak bisa melakukan editing.

Setelah file dokumen Word yang diproteksi Anda buka, sekarang Anda Save As file tersebut dengan format type XML Document.

cara-membuka-file-dokumen-word-yang-diproteksi-2

Langkah selanjutnya Anda buka file Word yang sudah diubah formatnya (XML Document) dengan Notepad. Caranya klik kanan pada file XML kemudian klik pilih Open with > Notepad.

cara-membuka-file-dokumen-word-yang-diproteksi-3

Sekarang Anda cari kode documentProtection pada sederetan kode yang tampil pada layar Notepad. Untuk mempermudah dan mempercepat pencarian gunakan fitur Find dengan cara menekan Ctrl+F pada keyboard. Pada kolom Find what Anda ketik documentProtection kemudian Enter. Hapus baris kode berikut :

<w:documentProtection w:edit="readOnly" w:formatting="1" w:enforcement="1" 
w:cryptProviderType="rsaFull" w:cryptAlgorithmClass="hash" 
w:cryptAlgorithmType="typeAny" w:cryptAlgorithmSid="4" 
w:cryptSpinCount="100000" w:hash="....................................=" 
w:salt="....................................=="/>

cara-membuka-file-dokumen-word-yang-diproteksi-4

Setelah menghapus kode seperti yang sudah dijelaskan diatas, simpan file XML yang dibukan di Notepad tersebut dengan cara klik File > Save atau menekan Ctrl+S pada keyboard. Kemudian Anda buka file XML dengan menggunakan Office Word dan sekarang file dokumen Anda sudah tidak diproteksi lagi. Kini Anda bisa melakukan editing lagi seperti sedia kala. Simpan file Word Anda kedalam format semula yaitu type Word Document.

cara-membuka-file-dokumen-word-yang-diproteksi-5

Bagaimana mudah bukan? Ok mungkin artikel Cara Membuka File Dokumen Word Yang Diproteksi dicukupkan sekian saja. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi pada artikel keren lainnya. Salam sukses selalu.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *