Home / Android / 10 Cara Layak Coba Untuk Memperkuat Sinyal WiFi Android Biar Ga Lemot

10 Cara Layak Coba Untuk Memperkuat Sinyal WiFi Android Biar Ga Lemot

Cara Memperkuat Sinyal WiFi Android – Memang suatu hal yang menjengkelkan ketika kita tengah browsing menggunakan koneksi WiFi namun tiba-tiba koneksinya melambat. Tentunya hal ini akan membuang banyak waktu karena Anda tidak akan menghasilkan apapun. Ketika koneksi WiFi lemot yang ada hanya tampilan pesan loading yang tak kunjung selesai.

Baca Juga : Penasaran Apa Penyebab WiFi Laptop Tidak Bisa On, Ini Jawabannya

Lalu langkah apa yang harus kita lakukan ketika sinyal WiFi yang digunakan tiba-tiba koneksinya melambat?

Tenang … ! Disini saya mempunyai solusi ampuh yang bisa Anda coba praktikkan. Bukan hanya 1 solusi saja, bahkan disini saya mempunyai 10 solusi. Semuanya bisa Anda coba-coba sendiri. Diharapkan dengan menggunakan cara ini, masalah koneksi WiFi lemot dapat teratasi.

Berikut 10 Cara Memperkuat Sinyal WiFi Android

Tidak bisa dipungkiri jika kini konsumsi internet sangat dibutuhkan. Dengan internet kita bisa memperoleh banyak informasi berguna. Mengingat hal itu, kini ponsel canggih seperti Android sudah dilengkapi dengan dukungan jaringan 4G, karena saat ini jaringan 4G mempunyai kecepatan internet maksimal.

Sayangnya jaringan 4G hingga kini keberadaannya belum merata di seluruh pelosok Indonesia. Jaringan 4G hanya baru bisa dinikmati pada daerah-daerah tertentu saja.

Mengingat hal itu, banyak orang yang beralih menggunakan jaringan WiFi. Kelebihannya jaringan WiFi dapat kita akses secara gratis jika kita sedang berada dilokasi tempat umum yang menyediakan jaringan WiFi gratis. Hal ini tentunya akan menghemat pengeluaran kita dalam membeli kuota internet.

Ketika menggunakan jaringan WiFi sering ditemukan koneksi tiba-tiba melambat. Saat digunakan tiba-tiba secara otomatis kecepatan internet WiFi menurun. Oleh karena itu, yang kita butuhkan saat ini adalah bagaimana cara memperkuat sinyal WiFi Android?

Baca Juga : Cara Mengetahui Password WiFi Orang Lain Dengan Mudah Tanpa Software

1. Gunakan Aplikasi WiFi Booster & Analyzer

Langkah pertama yang layak Anda coba adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi yang dapat kita manfaatkan untuk memperkuat sinyal WiFi Android adalah WiFi Booster & Analyzer. Aplikasi ini dapat kita nikmati kecanggihannya secara gratis. Alangkah baiknya Anda coba dulu sendiri apakah koneksi jaringan sinyal WiFi akan kuat atau tidak menggunakan aplikasi ini. Silakan Anda download kemudian install aplikasi WiFi Booster & Analyzer di Google Play Store.

2. Update Radio Terbaru

Yang dimaksud Radio disini bukan perangkat untuk mendengarkan musik dan informasi. Radio yang dimaksud disini adalah perangkat konektivitas firmware Android.

Ketahuilah bahwa setiap kita update firmware maka tidak hanya akan membawa perubahan pada antarmuka Android saja, namun hal ini akan melakukan perbaikan pada internal juga. Salah satunya adalah akan melakukan perbaikan pada Radio atau lebih dikenal lagi dengan sebutan Baseband.

Baseband atau Radio ini fungsinya asalah satu-satunya struktur koneksi nirkabel Android seperti sinyal WiFi, sinyal seluler, dan sebagainya. Dengan demikian Anda bisa update Baseband atau Radio untuk memperbaiki kekuatan sinyal WiFi. Tentunya hal ini harus disesuaikan dengan perangkat Android yang Anda gunakan serta memerlukan tool resmi.

3. Ubah Pengaturan Dasar

Cara ketiga yang bisa Anda lakukan untuk memperkuat sinyal WiFi Android adalah dengan mengubah pengaturan dasar perangkat Anda. Meskipun ada anggapan bahwa pengaturan ini tidak akan berpengaruh apapun, namun nyatanya pengaturan dasar bisa mempengaruhi sinyal WiFi serta daya baterai.

Untuk mengubah pengaturan dasar bisa Anda lakukan dari Menu Settings kemudian Connection lalu Tap WiFi dan Advanced. Sekarang yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa Avoid Poor Coonection dan Centang/Chekclist.

Dengan pengaturan ini maka nantinya secara otomatis ketika Android mencari sinyal WiFi maka akan menghindari setiap koneksi WiFi yang kualitasnya jelek.

4. Hapus Semua Koneksi WiFi Yang Pernah Digunakan

Biasanya jika perangkat sudah kita gunakan ke berbagai jaringan WiFi maka akan meninggalkan history. Untuk memperkuat sinyal WiFi sebaiknya Anda hapus saja semua daftar WiFi yang pernah digunakan sebelumnya. Untuk menghapusnya silakan Anda masuk ke Menu Settings > Connection > WiFi > Saved Networks. Sekarang Anda Tap pada setiap koneksi yang ingin Anda hapus lalu pilih Forget.

5. Gunakan Custom Kernel

Cara kelima agar penerimaan sinyal WiFi pada perangkat Anda maksimal silakan gunakan Custom Kernel. Untuk menemukan Custom Kernel atau Firmware Anda pada forum XDA. Ketahuilah bahwa Custom Kernel ini memiliki banyak perbaikan serta mempunyai Tweak untuk lebih memaksimalkan sinyal ponsel serta kekuatan sinyal WiFi.

6. Gunakan Custom ROM

Solusi keenam untuk memperkuat sinyal WiFi Android Anda adalah dengan mencoba metode ganti dengan Custom Rom. Menggunakan Custom Rom tentunya akan banyak kelebihan yang bisa Anda peroleh. Hal ini selain antarmuka Android berubah tentunya tujuan utama meningkatkan kualitas sinyal WiFi akan Anda dapatkan.

7. Ubah Pengaturan Frekuensi Wifi Pada Android Menjadi 5 Ghz

Kenapa frekuensi WiFi ini harus diubah? Asal Anda tahu saja bahwa frekuensi WiFi pada perangkat Android lama biasanya bertengger pada frekuensi 2.4 Ghz. Hal ini tentunya bisa menurunkan kualitas sinyal WiFi. Karena saat ini sudah banyak perangkat yang mampu menerima frekuensi sinyal WiFi pada 5 Ghz. Sebelum melakukan hal ini, pastikan model WiFi Anda harus sudah menggunakan frekuensi yang sama pula.

Untuk mengubah frekuensi sinyal WiFi menjadi 5 Ghz caranya adalah dari Settings > Connection > WiFi > Advanced > WiFi frequency band > kemudian pilih yang Auto. Secara otomatis Android Anda akan menggunakan frekuensi 5 Ghz. Itupun jika model WiFi Anda menggunakan sama-sama 5 Ghz.

8. Hindari Dari Peralatan Elektronik Lain

Hal yang bisa mengganggu kualitas sinyal WiFi pada perangkat Anda adalah peralatan elektronik lain. Kenapa? Karena peralatan elektronik lain khususnya yang memakai gelombang elektromagnetik seperti Microwave ini bisa memperburuk kekuatan sinyal WiFi Anda. Maka dari itu sebaiknya Anda harus menghindari peralatan elektronik lain yang dapat menurunkan kinerja sinyal WiFi Android Anda.

9. Matikan Modem Secara Berkala

Ketahuilah jika modem sebagai sumber utama jaringan WiFi terlalu lama digunakan bisa menurunkan kualitas sinyalnya. Alasannya adalah aliran listrik yang terus mengalir pada komponen modem bisa menyebabkan suhu pada modem meningkat. Perangkat komunikasi seperti modem yang mentransmisikan sinyal maka panas merupakan faktor utama yang bisa menyebabkan noise pada sinyal WiFi. Akibatnya sinyal WiFi yang dihasilkan kualitasnya bisa menurun.

10. Simpan Router WiFi pada Tempat yang Terbuka

Ini adalah langkah terakhir untuk memperkuat sinyal WiFi Android yaitu menyimpan Router atau Modem ditempat terbuka. Strategis lokasi penyimpanan Router maka bisa meningkatkan kualitas sinyal WiFi. Penghalang seperti kaca, pintu, jendela, tembok bisa mengganggu sinyal WiFi yang dihasilkan. Silakan cari lokasi terbuka untuk menyimpan Router, contohnya seperti di ruang tamu merupakan tempat yang cocok.

Baca Juga : Cara Mengintip Untuk Membobol Dan Mengetahui Password WiFi Orang Lain

Mungkin hanya itu saja tips trik Cara Memperkuat Sinyal WiFi Android yang bisa saya sampaikan. Semoga dengan adanya artikel ini masalah kinerja buruk pada sinyal WiFi dapat teratasi. Sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya dan salam sukses selalu …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.